Comscore Tracker

Tugu Identitas Kudus Tempat Bersejarah yang Mulai Dilupakan

Mulai mengalami kerusakan dan dicoret-coret

Kudus, IDN Times - Tugu Identitas Kudus kondisinya kini sangat sepi pengunjung. Padahal, tugu yang terletak di Desa Getas Pejaten Kecamatan Jati, Kudus menjadi tugu peringatan perjuangan rakyat Kudus untuk memperjuangkan kemerdekaan.

Baca Juga: Museum Jenang dan Gusjigang Kudus Wisata Edukasi Trilogi Ukhuwah

1. Tugu Identitas Kudus sepi wisatawan

Tugu Identitas Kudus Tempat Bersejarah yang Mulai DilupakanIDN Times/Aji

Dari pantauan di lapangan, tampak Tugu Identitas sepi. Ada satu penjaga yang sedang duduk di loket masuk. Ia adalah Wiwik pengelola dan penjaga Tugu Identitas Kudus.

Wiwik sudah berpuluh tahun menjadi penjaga dan pengelola Tugu Identitas Kudus. Namun lambat laun kondisi Tugu tersebut sudah jarang di kunjungi.

"Apalagi semenjak ada kebakaran mal matahari tahun 2017 silam. Sekarang sudah begitu sepi sekali," tutur dia.

2. Kondisi bangunan mulai rusak dan dicoret-coret tangan jahil

Tugu Identitas Kudus Tempat Bersejarah yang Mulai DilupakanIDN Times/Aji

Mirisnya dalam sehari, wisatawan yang datang ke Tugu Identitas jumlahnya bisa dihitung dengan jari. Dirinya menyebutkan dalam sehari hanya ada dua sampai tiga wisatawan yang datang ke Tugu Identitas.

"Padahal tiket masuknya Rp2 ribu saja," ungkapnya.

Belum lagi, kondisi Tugu Identitas Kudus yang mulai rusak. Menurutnya beberapa bangunan sudah mulai keropos. Tak jarang juga bangunan itu tampak ada coretan tangan-tangan jahil.

"Kemarin tangganya keropos. Ini sudah ada perbaikan," jelasnya.

Dirinya berharap kepada pemerintah daerah agar lebih memperhatikan benda bersejarah. Apalagi seperti Tugu Identitas Kudus ini. Tugu ini, kata dia perlu dilestarikan dan diketahui oleh generasi muda di Kudus.

"Harapannya pemkab harus lebih peduli lagi terhadap benda bersejarah di Kudus," harapnya.

3. Saksi tempat pertempuran rakyat Kudus merebutkan kemerdekaan Indonesia

Tugu Identitas Kudus Tempat Bersejarah yang Mulai DilupakanIDN Times/Aji

Dari sisi historisnya, Tugu Identitas Kudus ini adalah objek wisata yang berada di desa Getas Pejasten Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Lokasinya di sebelah kanan jalan raya Kudus Semarang atau sekitar 1 km dari alun-alun Kudus.

Identitas ini juga merupakan salah satu tempat pertempuran para pejuang Kudus dalam merebut kemerdekaan dulu.

Tugu sekaligus merupakan Monumen Perjuangan rakyat Kudus dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia tapi ini dibangun pada 25 Mei 1986 dan diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah saat itu Ismail pada 1987.

Bentuk tugu identitas ini merupakan sterilisasi Menara Kudus yang selama ini dinyatakan sebagai bentuk bangunan yang menjadi ciri khas Kudus dan menjadi lambang daerah kabupaten Kudus.

4. Simbol semangat dan tekad masyarakat Kudus dalam membangun

Tugu Identitas Kudus Tempat Bersejarah yang Mulai DilupakanIDN Times/Aji

Tugu identitas melambangkan arti perjuangan merebut kemerdekaan RI tanggal 17 - 8 - 1945 dan melambangkan arti falsafah serta pandangan hidup bangsa Indonesia.

Di bagian atas Tugu ada 17 buah list, di bagian bawah Tugu ada 45 buah di bagian atas dan bawah Tugu Ada 5 buah dan list di bagian bawah badan bawah Tugu melambangkan kondisi geografis Kudus yang terdiri dari tiga bagian yaitu pegunungan dataran rendah dan daerah rawa.

Berikutnya, di bagian tengah tubuh atau 8 buah altar tubuh berbentuk bulat mengelilingi dasar. Ini melambangkan semangat dan kebulatan tekad masyarakat Kudus dalam membangun daerah tinggi.


Tugu Identitas memiliki ketinggian 27 meter. Hal ini merupakan perpaduan angka 2 dan 7 yang berjumlah 9 melambangkan Walisongo dua diantaranya berada di Kudus yaitu Sunan Muria dan Sunan Kudus

Baca Juga: 10 Potret Wisata Rumah Jadul di Kudus, Instagramable Banget

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya