Update Jumlah PDP Positif COVID-19 di Kudus Capai Delapan Orang

Satu PDP positif corona dinyatakan sembuh

Kudus, IDN Times – Jumlah pasien dalam pengawasan yang dinyatakan positif virus corona atau COVID-19 di Kudus bertambah per Rabu (15/4). Kasus COVID-19 di Kudus bertambah menjadi delapan orang.

Hal ini didapatkan setelah, pada Selasa (14/4) kemarin diterima hasil resi RT-PCR dari B2P2VRP Salatiga yang menyatakan bahwa salah satu PDP di Kudus terkonfirmasi positif COVID-19. Pasien tersebut seorang laki-laki berdomisili di Kabupaten Kudus.

Baca Juga: Terminal Wisata Kudus Ditutup, Tukang Ojek Tak Punya Penghasilan 

1. Pasien positif corona ini awalnya lemas dan mual

Update Jumlah PDP Positif COVID-19 di Kudus Capai Delapan OrangRuang isolasi RSUD Kabupaten Tangerang (ANTARA FOTO/Fauzan)

Hal ini seperti keterangan tertulis yang diterima IDN Times pada Rabu (15/4). Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kudus dr. Andini Aridewi mengatakan, pasien ini pertama kali datang ke Rumah Sakit Mardi Rahayu pada tanggal 7 April 2020 dengan keluhan lemas dan mual, demam 1 minggu, dan batuk 2 hari.

“Pasien ini  menyatakan bahwa tidak bepergian ke luar kota. Pihak sumah sakit melakukan pemeriksaan penunjang kepada pasien serta mengirimkan swab pada tanggal 9 dan 11 April ke B2P2VRP Salatiga,” begitu terangnya dalam keterangan tertulis.

Kondisi pasien ini masih dalam perawatan di Rumah Sakit Mardi Rahayu. Kondisi pasien hari ini stabil. Tim medis terus melakukan pengawasan ketat pada pasien mengingat psien memiliki penyakit penyerta.

“Jika kondisi pasien terus membaik akan dilakukan swab ulang untuk evaluasi. Hari ini juga tracking contact dilakukan oleh puskesmas penanggung jawab wilayah domisili pasien,” lanjut dia.  

2. Satu PDP positif corona di Kudus dinyatakan sembuh

Update Jumlah PDP Positif COVID-19 di Kudus Capai Delapan OrangGaris hijau merupakan grafik pasien yang sembuh (Johns Hopkins CSSE)

Disamping penambahan kasus, kata dia hari ini Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus mendapatkan informasi hasil swab ulangan negatif pada pasien seorang wanita yang dirawat di RSUD dr. Loekmono Hadi. Dengan hasil tersebut di Kabupaten Kudus terdapat tambahan satu orang pasien COVID-19 sembuh.

“Yang bersangkutan diijinkan pulang oleh dokter yang menangani,” katanya.

3. Sebanyak 8 orang di Kudus positif corona, empat dirawat, dua meninggal dunia, dan dua lainnya dinyatakan sembuh

Update Jumlah PDP Positif COVID-19 di Kudus Capai Delapan OrangPj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb saat mengecek kesiapan ruang isolasi untuk pasien COVID-19 di Rumah Sakit Umum Kota Makassar, Selasa (31/3). Humas Pemkot Makassar

Dengan demikian untuk jumlah kasus konfirm kasus COVID-19 sejumlah 8 orang dengan rincian 4 orang dirawat, 2 meninggal, dan 2 dinyatakan sembuh. 

Sedangkan untuk orang tanpa gangguan (OTG) ada sebanyak 12 orang, ODP masih dipantau 157 orang, dan PDP 80 orang. Dari jumlah PDP tersebut yang masih dalam perawatan 27 orang, dirujuk 2 orang, meninggal 15 orang, serta PDP pulang 36 orang.

Baca Juga: Peta Kerawanan dan Wilayah Sebaran COVID-19 di Kudus, Pati, Rembang

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya