Comscore Tracker

Cuaca Ekstrem di Purbalingga, Rumah Warga Tertimpa Pohon Durian

Kerugian diperkirakan mencapai Rp 15 juta

Purbalingga, IDN Times - Hujan deras disertai angin kencang kembali menerjang Purbalingga, Senin (9/12). Akibat kejadian ini, dua rumah warga rusak diterjang angin kencang dan tertimpa pohon tumbang.

Baca Juga: Belasan Rumah di Kebumen Rusak Akibat Hujan Deras dan Angin Kencang

1. Pohon durian timpa rumah warga

Cuaca Ekstrem di Purbalingga, Rumah Warga Tertimpa Pohon DurianAngin kencang menyebabkan pohon tumbang dan menimpa rumah di Desa Karangjoho, Kecamatan Pengadegan, Minggu (8/12). Dok IDN Times

Di Desa Candiwulan RT 8 RW 4, Kecamatan Kutasari, pohon durian roboh menimpa rumah milik Kusmadi (70). Meskipun rumah hancur, namun Kusmadi dan lima anggota keluarganya selamat.


"Sekitar pukul 15.00 hujan turun, tak berselang lama angin kencang datang dan merobohkan pohon durian hingga akhirnya menimpa rumah korban," kata Kepala Pelaksana BPBD Purbalingga Muhamad Umar Fauzi.


Pohon tumbang juga terjadi di RT 9 RW 4 Desa Candiwulan, Kecamatan Kutasari. Pohon yang tumbang menimpa rumah milik Suparjo (50) yang dihuni tiga orang. Semua selamat meskipun rumah rusak berat.


"Kami datang ke lokasi kejadian dan melakukan evakuasi bersama tim dari Polsek serta Koramil Kutasari dibantu warga dan sejumlah elemen relawan. Evakuasi selesai sekitar pukul 18.00," kata dia.

2. Jaringan listrik terputus karena tertimpa pohon yang tumang

Cuaca Ekstrem di Purbalingga, Rumah Warga Tertimpa Pohon DurianAngin kencang menyebabkan pohon tumbang dan menimpa rumah di Desa Karangjoho, Kecamatan Pengadegan, Minggu (8/12). BPBD Purbalingga

Sehari sebelumnya, angin kencang juga menyebabkan pohon tumbang dan menimpa rumah di Desa Karangjoho, Kecamatan Pengadegan, Minggu (8/12). Atap rumah milik Samud Cipto Susanto hancur tertimpa batang pohon. "Kerugian diperkirakan mencapai Rp 15 juta," kata dia.


Sementara di Desa Selakambang, Kecamatan Kaligondang pohon tumbang menimpa kabel jaringan listrik PLN, Minggu (8/12). Evakuasi pohon dilakukan bersama teknisi PLN karena terkait dengan aset PLN.

"Sekitar pukul 14.30 hujan lebat disertai angin kencang membuat pohon jengkol tumbang dan tersangkut kabel PLN. Evakuasi baru selesai pukul 19.00," kata Umar.

3. Masyarakat diminta waspada

Cuaca Ekstrem di Purbalingga, Rumah Warga Tertimpa Pohon DurianAngin kencang di sejumlah wilayah di DIY, Minggu (8/12). Instagram: trc.bpbd.sleman

Sementara itu BPBD Purbalingga menginformasikan peringatan dini cuaca BMKG Jawa Tengah pada Senin (9/12) pukul 14.10 WIB. Peringatan ini memperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diikuti petir dan angin kencang pada pukul 14.30 WIB di Wonogiri, Klaten, Pemalang bagian selatan, Tegal bagian selatan dan sekitarnya.


BMKG juga memperkirakan cuaca tersebut bisa meluas ke Pekalongan bagian selatan, Brebes, Cilacap bagian utara, Temanggung, Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas bagina utara, Wonosobo, Magelang, Sukoharjo, dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan akan berlangsung hingga pukul 16.30 WIB. "Kami mengimbau masyarakat agar waspada," kata dia.

Baca Juga: Angin Ribut Terbangkan Tenda di Jepara, Peserta Pameran Trauma

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya