Ada Lounge Khusus Atlet ASEAN Para Games XI yang Transit di Cengkareng

Empat negara akan lakukan direct flight ke Solo.

Surakarta, IDN Times - Ketua INASPOC ASEAN Paragames 2022, Gibran Rakabuming Raka telah menyiapkan lounge khusus di Bandara Internasional Jakarta di Cengkareng. Lounge tersebut nantinya akan terpisah dengan penumpang umum lainnya.

Baca Juga: Putra Perdana Menteri Kamboja Bakal Hadiri ASEAN Para Games XI di Solo

1. Siapkan lounge khusus di Bandara Cengkareng.

Ada Lounge Khusus Atlet ASEAN Para Games XI yang Transit di CengkarengIDN Times/Sunariyah

Gibran mengatakan ruangan khusus atau lounge di Cengkareng tersebut nantinya untuk mengakomodir para atlet yang menggunakan dengan rutes penerbangan trasit di Jakarta. Selain penerbangan transit sejumlah atlet dari beberapa negara nantinya juga akan menggunakan penerbangan langsung atau direct flight ke Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo.

"Ya pokoknya kita pengen mempermudah semua kontingen semua peserta semua atlet untuk bisa melakukan penerbangan langsung ke Kota Solo, tapi misalnya tidak bisa pun nanti mampir sebentar di Cengkareng Terminal 3 disanapun sudah disediakan tempat lounge khusus untuk Asean Paragames," kata Gibran Rakabuming, Senin (18/7/2022).

2. Tak ingin repotkan kontingen.

Ada Lounge Khusus Atlet ASEAN Para Games XI yang Transit di CengkarengKetua INASPOC, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Gibran juga mengatakan, lounge khusus tersebut disiapkan agar kontingen tidak perlu lagi pindah gate penerbangan, selain itu kontingen atlet tersebut juga bisa melakukan test swab atau akreditasi sembari menunggu pesawat selanjutnya.

"Jadi tidak perlu ganti terminal gonta ganti gate cukup di satu tempat saja. Ya mungkin di satu tempat itu juga sembari menunggu penerbangan ke Solo bisa swab atau akreditasi jadi tidak ada waktu untuk nganggur," ungkap Gibran.

Gibran menambahkan selama pelaksanaan event ASEAN Paragames, akan ada pembukaan rute direct flight dari luar negeri ke Solo. Perlu diketahui, Bandara Adi Soemarmo sendiri hingga kini belum ada rute direct flight dari luar negeri selama bertahun-tahun.

Dengan adanya direct flight ini Gibran berharap akan mempermudah kontingen untuk datang ke Solo.

"Tergantung tiap-tiap negara ada yang komersil ada yang charter banyak yang jelas kalau udah yang dibuka itu kan penak," katanya.

"Yang jelas Pak Menhub sudah memberikan lampu hijau," imbuhnya.

3. Empat negara akan direct flight ke Solo.

Ada Lounge Khusus Atlet ASEAN Para Games XI yang Transit di CengkarengIDN Times/Larasati Rey

Sementara itu, Sekjen INASPOC Rima Ferdianto mengatakan ada empat negara kontingen ASEAN Paragames 2022 yang nantinya akan melakukan direct flight ke Solo. Ketiga negara tersebut Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

“Tapi kontingen atlet mulai datang 26 Juli-28 Juli 2022. Untuk 4 kontingen yakni Singapura, Malaysia, Thailand dan Filipina, akan direct charter flight dari negara masing-masing ke Solo. Kemudian untuk 6 negara lain akan transit dulu di Soekarno-Hatta baru ke Solo,” pungkas Rima.

Sebanyak 1.285 atlit dari 10 negara ASEAN akan bertanding dalan ASEAN Para Games 2022. Pembukaan ASEAN Paragames sendiri akan digelar pada tanggal 30 Juli 2022 di Stadion Manahan Solo.

Baca Juga: Torch Relay Mundur 7 Hari, Sebelum Pembukaan Asean Para Games 2022

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya