Kemampuan Kiper Disangsikan, PSIS Semarang Rekrut Pelatih Kiper Baru 

Rory Grand akan membesut penjaga gawang muda

Semarang, IDN Times - PSIS Semarang terus membenahi posisi penjaga gawang untuk mengarungi Liga 1 2022/2023. Setelah merekrut kiper baru Wahyu Tri Nugroho kini manajemen Mahesa Jenar mendatangkan Rory Grand sebagai pelatih penjaga gawang.

1. Rory punya lisensi B Goalkeeper UEFA

Kemampuan Kiper Disangsikan, PSIS Semarang Rekrut Pelatih Kiper Baru Kiper baru PSIS Semarang, Aldhila Ray Redondo. (dok. PSIS)

Upaya itu dilakukan karena selama ini pertahanan PSIS di posisi penjaga gawang dinilai kurang. Bahkan, suporter meminta ada posisi tersebut diperbaiki.

Akhirnya manajemen menambah komposisi tim pelatih, khususnya untuk posisi kiper dengan mendatangkan pelatih kiper baru asal Inggris, Rory Grand.

Pria berusia 36 tahun ini merupakan pelatih kiper yang memiliki lisensi B Goalkeeper UEFA. Sebelumnya, ia juga merupakan seorang penjaga gawang yang pernah berkarir di Solihull Moors (Inggris), Rushal Olympic (Inggris), dan Samut Prakan (Thailand).

Sepanjang karirnya sebagai pelatih kiper, Rory Grand pernah menangani True Bangkok United Thailand (2015-2018), Kerala Blasters India (2018-2019), dan Preah Khan Reach Svay Rieng Kamboja (2019-2021).

Baca Juga: Rans Nusantara FC Gak Kasih Celah PSIS Semarang Menang, Skor 1-1 

2. Pernah besut penjaga gawang di Thailand, India dan Filipina

Kemampuan Kiper Disangsikan, PSIS Semarang Rekrut Pelatih Kiper Baru Pemain PSIS Semarang sedang jalani latihan rutin jelang pertandingan lawan Persita Tangerang di turnamen pramusim Piala Presiden 2022 (dok. PSIS)

Kemudian saat di Bangkok United, Rory pernah mengantarkan beberapa penjaga gawang bersinar seperti, Supanot Suadsong dan Varuth Wongsomak yang debut di Timnas Thailand U19. Selain itu, Sumethee Khokpho yang debut di Timnas U21 Thailand, Anusith Termee yang dipanggil Timnas U23 Thailand, dan Micheal Falkesgaard yang debut di Timnas Filipina.

Sedangkan saat di Kerala Blasters India, Rory juga berhasil mengantarkan Dheeraj Singh debut di Timnas U23 India.

Terakhir, saat di Kamboja, ia berhasil menjadi juara Liga Kamboja pada tahun 2019 dan mengantarkan anak asuhnya, yakni Aim Sovannarath menjadi Goalkeeper of The Year Liga Kamboja di tahun 2019.

3. I Komang Putra geser jadi asisten pelatih

Kemampuan Kiper Disangsikan, PSIS Semarang Rekrut Pelatih Kiper Baru Sejumlah pesepak bola dan staf pelatih PSIS Semarang memberi penghormatan di tengah lapangan kepada suporter mereka usai pertandingan semifinal leg 1 Piala Presiden 2022 melawan Arema FC di Stadion Jatidiri Semarang, Jawa Tengah, Kamis (7/7/2022). PSIS Semarang selaku tuan rumah dikalahkan Arema FC dengan skor 0-2. ANTARA/Aji Styawan

Menurut CEO PSIS, Yoyok Sukawi, Rory Grand didatangkan untuk membesut dan menjadikan penjaga gawang muda PSIS bersinar seperti pengalamannya di beberapa klub.

“Rory kami rekrut karena pengalamannya. Ia merupakan pelatih kiper yang sering menciptakan penjaga gawang bersinar dan bisa bermain di Timnas. Ini tentu bagus untuk Mahesa Jenar karena di PSIS banyak kiper muda dan kami berharap Rory dapat menggembleng kiper-kiper muda kami supaya jadi lebih baik dan matang ke depannya,” katanya Minggu (24/7/2022).

Dengan datangnya Rory, pelatih kiper I Komang Putra akan naik menjadi asisten pelatih untuk membantu pelatih kepala Sergio Alexandre dan asisten pelatih Achmad Resal dalam membangun tim di Liga 1 2022/2023.

“Coach Komang akan naik jadi asisten pelatih. Ini supaya tim PSIS semakin matang dan komplit,” tutup Yoyok Sukawi.

Baca Juga: Dewangga Optimis PSIS Semarang Curi Poin Penuh Lawan Rans Nusantara FC

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya