Comscore Tracker

Maksimalkan Pemain Muda, Kunci PSIS Semarang Tekuk Persikabo

Selain itu, tim pelatih juga optimalkan pergantian pemain

Surakarta, IDN Times - PSIS Semarang berhasil mengalahkan Tira Persikabo dengan skor 3-1 pada laga pekan kedua Grup A turnamen Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Kamis (25/3/2021). Tim pelatih mengakui kemenangan didapat berkat evaluasi dari pertandingan sebelumnya.

1. Tim pelatih PSIS belajar dari pengalaman pada laga perdana

Maksimalkan Pemain Muda, Kunci PSIS Semarang Tekuk PersikaboAsisten pelatih PSIS Semarang, Imran Nahumarury. IDN Times/PSIS Semarang

Asisten Pelatih PSIS Semarang, Imran Nahumarury mengatakan, kemenangan diraih karena evaluasi di laga pertama berhasil diaplikasikan maksimal saat melawan Persikabo.

‘’Alhamdulillah, ini hasil yang positif. Namun, yang pasti bukan hanya hasilnya, melainkan karena kami telah memperbaiki dan mengaplikasikan hasil evaluasi dari pertandingan sebelumnya saat melawan Barito Putera,’’ ungkapnya melalui siaran resmi kepada IDN Times ketika konferensi pers di Stadion Manahan, Jumat (26/3/2021).

Menurut Imran, pemain sudah bekerja keras dan main yang terbaik sesuai yang diharapkan bersama coach Dragan Djukanovic.

Baca Juga: Sikat Tira Persikabo, PSIS Semarang Raja di Grup A Piala Menpora 2021

2. Fokus terapkan serangan di lini tengah dan kontra attack

Maksimalkan Pemain Muda, Kunci PSIS Semarang Tekuk PersikaboPertandingan PSIS Semarang lawan Persikabo di Piala Menpora 2021. Dok. PSIS Semarang

Adapun hasil evaluasi dari pertandingan pekan kedua Grup A, tim pelatih mengakui jika perubahan posisi berpengaruh dalam permainan kontra Tira Persikabo. Imran mengaku dalam keadaan sulit lantraran persiapan jelang laga cukup minim, hanya sekitar dua minggu. 

‘’Namun, anak anak semangat dan bisa mengaplikasikan dalam latihan dua hari kemarin, mereka bisa tampil seperti apa yang diinginkan,’’ tuturnya. 

PSIS Semarang fokus menerapkan serangan di lini tengah dan kontra attack ketika mengalahkan Tira Persikabo. Taktik itu menjadi poin plus skuat Laskar Mahesa Jenar pada laga tersebut.  

3. Waktu latihan pada setiap jelang laga tidak ideal

Maksimalkan Pemain Muda, Kunci PSIS Semarang Tekuk PersikaboTim PSIS Semarang berlatih jelang pertandingan pekan kedua Piala Menpora 2021. Dok. PSIS Semarang.

PSIS tampil maksimal meskipun menjelang laga Piala Menpora 2021 tidak ada tahap uji coba. Tim pelatih berinsiatif melakukan internal games saat akhir-akhir latihan jelang pertandingan. 

‘’Kunci keberhasilan ini adalah tim pemain sangat antusias dan semangat. Meskipun, kondisi tidak ideal karena pendeknya persiapan dan waktu latihan. Belajar dari itu kami memaksimalkan pergantian pemain, karena dari pengalaman pada pertandingan sebelumnya banyak pemain yang tidak dimainkan padahal kita tahu persiapan sangat minim,’’ jelas Imran. 

4. Pelatih berikan kepercayaan pada pemain muda

Maksimalkan Pemain Muda, Kunci PSIS Semarang Tekuk PersikaboPelatih kepala PSIS Semarang, Dragan Djukanovic memberikan arahan kepada pemain jelang Piala Menpora 2021. IDN Times/PSIS Semarang.

Imran juga berkesan atas performa Fandi Eko Utomo yang berhasil mencetak satu gol dan memberikan satu assist.

"Kita tahu Fandi pemain yang berpengalaman. Dia main luar biasa hari ini. Dia juga mendapat support yang bagus dari pemain lainnya," katanya.

Sebagai salah satu andalan PSIS juga, Eka Febri bersyukur berkat kemenangan tiga poin dari Tira Persikabo. Sebab, para pemain muda lebih mendapatkan kepercayaan bermain dari tim pelatih.

"Semua pemain muda mendapat kepercayaan untuk bermain dan harapannya bisa berkembang di pertandingan selanjutnya," ungkap Febri.

Baca Juga: Jelang Duel dengan PSIS, Persikabo Akui Buta Kekuatan Lawan 

https://www.youtube.com/embed/n5ImT_lCHtM

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya