Yuk Intip Fasilitas Mewah di Stadion Manahan Solo

Pemain dimanjakan dengan jacuzzi

Solo, IDN Times - Revitalisasi Stadion Manahan Solo telah rampung, stadion kebanggan wong Solo tersebut kini memiliki fasilitas mewah dan berstandar Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA).

Tak hanya di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Stadion Manahan juga menggunakan jenis rumput yang sama di GBK, yakni rumput Zoysia Japonica dipilih karena dinilai paling baik untuk digunakan lapangan sepak bola. Tekstur rumput dengan daun yang runcing dan rigiditas yang rapat memastikan bahwa rumput aman terkena sepul sepatu.

 

1. Hari ini uji coba pertama

Yuk Intip Fasilitas Mewah di Stadion Manahan SoloIDNTimes/Larasati Rey

Rumput ini mulai dicoba pada Senin (9/9) saat peringatan Haornas 2019 di Kota Solo. Pertandingan antara Pemkot Surakarta dan PWI Surakarta, menjadi pertandingan pertama yang mencoba kekuatan rumput Zoysia Japonica tersebut.

“Kita ingin mencoba fasilitas lapangan di stadion, kalau ada kurang-kurangnya nanti bisa diperbaiki, karena ini masih masa pemeliharaan,” ungkap Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo sebelum bertanding.

Baca Juga: Sudah Jadi, Stadion Manahan Batal Diresmikan Jokowi

2. Kursi single seat motif batik

Yuk Intip Fasilitas Mewah di Stadion Manahan SoloIDNTimes/Larasati Rey

Memiliki kapasitas penonton sebanyak 20.003, seluruh tribun di Stadion Manahan dipasang single seat atau kursi tunggal. Tak hanya itu single seat juga diberi motif batik Kawung, yang menjadi ciri khas budaya Kota Solo. Motif Batik Kawung sendiri melambangkan harapan agar manusia selalu ingat akan asal usulnya. Pada zaman dahulu motif ini biasa digunakan oleh kalangan kerajaan. Dengan memadukan warna merah, kuning, dan biru menjadikan suasana stadion menjadi lebih full colour. 

Rincian tribune single seat berkapasitas 20.003 sebagai berikut, 18.679 kursi penonton reguler, 944 kursi penonton khusus disabilitas dan 380 kursi penonton VIP dan VVIP.

3. Fasilitas sauna dan jacuzzi

Yuk Intip Fasilitas Mewah di Stadion Manahan SoloIDNTimes / Larasati Rey

Seperti pada fasilitas di stadion internasional lainnya, kelengkapan fasilitas juga nampak di dalam ruang pamain. Diantaranya loker, ruang pijat, ruang pemanasan, ruang medis, ruang berendam sauna, dan AC.

Adanya ruang berendam sauna ini berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh dan merelaksasi serta mempercepat proses pemulihan otot bagi para pemain setelah bertanding.

"Seluruh fasilitas stadion ini sama dengan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, di Stadion Manahan ini ada juga tempat sauna, jacuzzi atau kolam untuk berendam, tempat untuk bermain dan beristirahat," ujar Kapala Dinas Kepemudaan dan Olaharaga Kota Solo, Joni Sumantri.

4. Lapangan pemanasan indoor

Yuk Intip Fasilitas Mewah di Stadion Manahan SoloIDNTimes/Larasati Rey

Selain ruang ganti yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas standar FIFA, di sebelah ruang ganti juga terdapat ruang khusus untuk para pemain melakukan pemanasan, atau latihan sebelum bertanding. Ruang tersebut sengaja  ditutup oleh jaring untuk menghindari bola keluar.

Meski berukuran seperempat lapangan bola, namun ruang tersebut bisa digunakan 11 pemain. Bahkan ruang yang terletak di bawah tribune penonton tersebut menggunakan rumput sintestis untuk memberikan kenyamanan saat melakukan pemanasan.

Baca Juga: Gali Fondasi Terminal, Pekerja Proyek Temukan Sisa Candi Prau

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya