Kiper Manchester United dengan Clean Sheet Terbanyak dalam 1 Musim EPL

Andre Onana berpeluang menyusul

Manchester United adalah klub tersukses dalam sejarah English Premier League (EPL). Klub berjuluk The Red Devils itu masih merupakan peraih gelar juara EPL terbanyak. Manchester United juga punya sejumlah rekor gemilang di EPL yang belum terpecahkan.

Belum lama ini, Manchester United tercatat sebagai klub pertama yang mencapai jumlah 500 clean sheet di EPL. Raihan itu tentu buah andil semua pemain Setan Merah. Tak terkecuali kiper yang menjadi pertahanan terakhir gawang.

Beberapa kiper Manchester United punya catatan clean sheet yang istimewa di EPL. Empat di antaranya bahkan pernah membuat clean sheet terbanyak dalam semusim EPL. Ada pula satu nama yang bisa menyusul mereka pada musim 2023/2024 ini.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak dalam Duel Manchester City vs Tottenham

1. Peter Schmeichel tiga kali menjadi kiper dengan clean sheet terbanyak di EPL

Kiper Manchester United dengan Clean Sheet Terbanyak dalam 1 Musim EPLPeter Schmeichel (manutd.com)

Peter Schmeichel adalah salah satu kiper terbaik dalam sejarah Manchester United. Pria asal Denmark itu memperkuat Setan Merah pada 1991–1999. Hasilnya, ia berperan penting membawa Manchester United meraih belasan trofi.

Schmeichel juga punya beberapa prestasi pribadi bersama Manchester United. Salah satunya adalah menorehkan clean sheet terbanyak dalam semusim EPL.

Bahkan, Schmeichel sukses melakukannya tiga kali. Yang pertama pada musim 1994/1995, saat Schmeichel membuat 20 clean sheet di EPL.

Pada 1995/1996, Schmeichel juga mencatat clean sheet terbanyak di EPL, yaitu 18 clean sheet. Terakhir ia membuat 16 clean sheet di EPL 1997/1998. Sayangnya, pada masa itu Premier League belum memberikan penghargaan Golden Glove untuk kiper dengan clean sheet terbanyak.

2. Fabien Barthez catat clean sheet terbanyak pada musim perdananya di EPL

Kiper Manchester United dengan Clean Sheet Terbanyak dalam 1 Musim EPLFabien Barthez (manutd.com)

Setelah kepergian Peter Schmeichel, Manchester United sempat mengandalkan Fabien Barthez di bawah mistar. Barthez adalah kiper asal Prancis yang didatangkan Setan Merah pada musim panas 2000. Hebatnya, ia langsung tampil apik pada musim pertamanya.

Barthez membuat clean sheet terbanyak di EPL 2000/2001, yaitu 14 clean sheet. Berkat andil Barthez, Manchester United sukses juara EPL musim tersebut. Namun, setelah itu penampilan Barthez mulai tidak konsisten.

Beruntung, Barthez masih bisa meraih trofi EPL kedua pada 2002/2003. Ia lalu dipinjamkan ke Olympique Marseille pada musim berikutnya sebelum akhirnya dilepas. Secara total, Barthez bermain 92 kali di EPL dan membuat 30 clean sheet.

3. Edwin van der Sar membuat 21 clean sheet di EPL 2008/2009

Kiper Manchester United dengan Clean Sheet Terbanyak dalam 1 Musim EPLEdwin van der Sar (manutd.com)

Dibanding Fabien Barthez, performa Edwin van der Sar bersama Manchester United jauh lebih meyakinkan.

Van der Sar konsisten tampil apik selama membela Setan Merah pada 2005–2011. Kiper asal Belanda itu berperan membawa Manchester United meraih 11 piala, termasuk 4 trofi EPL.

Van der Sar juga sempat meraih penghargaan Golden Glove EPL pada 2008/2009. Tak main-main, ia membuat 21 clean sheet di EPL musim tersebut. Jumlah itu hanya kalah dari torehan 24 clean sheet yang dibuat Petr Cech di EPL 2004/2005.

4. David de Gea menangi penghargaan Golden Glove di EPL 2017/2018 dan 2022/2023

Kiper Manchester United dengan Clean Sheet Terbanyak dalam 1 Musim EPLDavid De Gea berfoto dengan trofi EPL Golden Glove di sebelah Sir Alex Ferguson. (instagram.com/d_degeaofficial)

Kiper Manchester United kedua yang sukses memenangi EPL Golden Glove adalah David de Gea. Kiper asal Spanyol itu meraihnya dua kali.

Yang pertama terjadi pada musim 2017/2018 saat ia membuat 18 clean sheet. Penghargaan keduanya baru ia raih pada 2022/2023 dengan catatan 17 clean sheet.

De Gea berseragam Manchester United pada 2011–2023. Selama itu, ia nyaris selalu konsisten tampil gemilang. Tak heran jika De Gea mampu menghasilkan 147 clean sheet dalam 415 penampilan. Itu adalah jumlah clean sheet terbanyak keempat dalam sejarah EPL.

5. Andre Onana berpeluang menyusul capaian empat kiper di atas

Kiper Manchester United dengan Clean Sheet Terbanyak dalam 1 Musim EPLAndre Onana (instagram.com/andreonana.24)

Pada musim 2023/2024, ada kiper Manchester United yang berpeluang menyusul empat nama di atas. Ia adalah Andre Onana, kiper anyar Setan Merah. Onana sukses memimpin daftar clean sheet terbanyak EPL musim ini. Ia sudah membuat 5 clean sheet dalam 13 penampilan sejauh ini.

Fakta itu sebenarnya cukup mengejutkan. Pasalnya, penampilan Onana pada awal musim ini terbilang buruk. Jangankan membuat clean sheet, Onana justru kerap membuat blunder yang membuat gawangnya jebol.

Namun, performa Onana dan lini belakang Manchester United secara umum belakangan membaik. Gawang Setan Merah bahkan nihil kebobolan dalam tiga laga terakhir di EPL. Jika terus konsisten, Onana bisa mengakhiri musim debutnya di EPL dengan trofi Golden Glove.

Sudah ada empat kiper Manchester United yang mencatat clean sheet terbanyak dalam semusim EPL. Mampukah Andre Onana menjadi nama kelima yang meraih prestasi tersebut?

Baca Juga: Kiprah 13 Pemain Bintang yang Pernah Bermain di Piala Dunia U-17

Peter Eduard Photo Community Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya