Comscore Tracker

Kota Solo Bakal Punya Miniatur Masjid Sheikh Zayed Abu Dhabi

Merupakan hibah dari Pemerintah UEA kepada Presiden Jokowi.

Solo, IDN Times - Masjid Agung Sheikh Zayed akan dibangun di Kota Solo, Jawa Tengah. Masjid yang berada di lahan seluas 2,9 hektar tersebut merupakan hibah Pemerintah UEA karena kedekatan Presiden Joko Widodo dengan pemimpin UEA.

Baca Juga: UEA Bangun Masjid Megah di Solo Setelah Kasih Nama Jalan Joko Widodo

1. Segera lakukan ground breaking di Minggu ini

Kota Solo Bakal Punya Miniatur Masjid Sheikh Zayed Abu DhabiWali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka meninjau lokasi proyek Masjid Agung Sheikh Zayed di Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Masjid Agung Sheikh Zayed sendiri menempati tanah bekas depo Pertamina yang dihibahkan Pemkot Solo yakni seluas 2,9 hektar, sedangkan untuk luas masjid sendiri yakni 10.000 meter persegi.

Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, mengatakan ground breaking atau peletakan batu pertama masjid yang diperuntukan Ayahnya tersebut akan dilakukan pada Sabtu (6/3/2021) mendatang.

" Pelaksanaan peletakan batu pertama kita siapkan fasilitas protokol kesehatan," ujar Gibran saat meninjau lokasi lahan bekas depo Pertamina tersebut.

2. Jadi simbol persahabatan Indonesia dengan Pemerintah UEA

Kota Solo Bakal Punya Miniatur Masjid Sheikh Zayed Abu DhabiDesain Masjid Agung Sheikh Zayed di Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Pembangunan masjid tersebut akan memakan waktu selama 16 bulan. Bentuk dan warna masjid tersebut akan dibuat sama dengan Masjid Agung Sheikh Zayed yang dibangun di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, ibu kota Kerajaan Uni Emirat Arab.

Masjid tersebut dinamai sesuai dengan tokoh besar dibalik ide pembangunannya, Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, tokoh nasional Uni Emirat Arab sekaligus pendiri Negara Uni Emirat Arab.

Gibran berharap pembangunan Masjid Agung Solo selain untuk beribadah juga mempereret persahabatan Indonesia dan Uni Emirat Arab pun untuk wisata rohani.

3. Juga bangun Islamic Center

Kota Solo Bakal Punya Miniatur Masjid Sheikh Zayed Abu DhabiLokasi Masjid Agung Sheikh Zayed di Solo. IDN Times/Larasati Rey

Selain membangun masjid, Pemerintah Uni Emirat Arab juga akan membangun Islamic Center di Kota Solo. Kepala Kemenag Solo, Hidayat Maskur mengatakan jika lokasi Islamic Center nantinya akan berada di lahan sekitar 3 hektar. Pemkot Solo telah menyiapkan lahan di daerah Kelurahan Mojo, Kecamatan Jebres, Solo.

"Disini (lahan bekas depo pertamina.red) nanti hanya akan dibangun masjidnya saja, tetapi juga Islamic center yang rencananya akan dibangun di daerah Mojo," ujarnya.

Pengelolaan baik Masjid Agung Sheikh Zayed dan Islamic Center nantinya akan dikelolah langsung oleh Kementrian Agama," pungkasnya.

Masjid Agung Sheikh Zayed akan menjadi duplikat dari Grand Mosque Abu Dhabi. Pembangunan masjid tersebut menelan biaya berkisar US$ 40 juta atau berkisar Rp 5,6 triliun (kurs Rp 14.000/US$).

Baca Juga: Gibran Tak Mau Buru-buru Tinggal di Loji Gandrung Peninggalan Belanda

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya