Comscore Tracker

Daftar 6 Daerah Jateng yang Uji Coba Pembukaan Restoran, Diawasi Seminggu

Uji coba dilakukan di daerah yang PPKM level 2 dan level 3

Semarang, IDN Times - Sebanyak enam kabupaten/kota Jawa Tengah sedang berupaya melakukan simulasi pembukaan restoran dan warung makan di lingkungan obyek wisata. Keenam lokasi yang sedang diuji coba tersebut berada di Kota Semarang, Kabupaten Kudus, Kabupaten Magelang, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pekalongan.

1. Uji coba pembukaan restoran hanya melibatkan pegawai saja

Daftar 6 Daerah Jateng yang Uji Coba Pembukaan Restoran, Diawasi SemingguIlustrasi penerapan new normal di restoran (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Kepala Seksi Destinasi Pariwisata Disporapar Jateng, Riyadi mengatakan uji coba yang dilakukan di Kota Semarang saat ini menyasar pada tempat-tempat restoran yang berisiko memicu kerumunan warga.

"Uji coba pembukaan restoran juga tidak melibatkan pengunjung. Cuma ada simulasi dengan pegawainya saja," ujarnya, Jumat (27/8/2021).

Baca Juga: Pengemudi Lewat Perbatasan Jateng Dicegat, Wajib Tunjukan Kartu Vaksin

2. Uji coba restoran dan warung di daerah PPKM level 2 dan 3

Daftar 6 Daerah Jateng yang Uji Coba Pembukaan Restoran, Diawasi Semingguinstagram/jiewarteg

Kemudian di Kabupaten Kendal, uji coba pembukaan restoran berada di obyek wisata Pantai Ngeboom dan Ujung Semi.

Di Kabupaten Tegal, uji coba pembukaan restoran ada di dalam kawasan pemandian air hangat Guci. Di lokasi yang sama juga dilakukan uji coba obyek wisatanya.

Pihaknya mengatakan uji coba pembukaan restoran dan warung untuk menyikapi penurunan level 3 dan level 2 di enam wilayah itu.

3. Proses simulasi akan diawasi sepekan

Daftar 6 Daerah Jateng yang Uji Coba Pembukaan Restoran, Diawasi SemingguWarung Pecel Ayam dan Lele. (IDN Times/Sunariyah)

Riyadi meminta kepada pemerintah daerah untuk mengajukan satu destinasi wisata untuk dijadikan pilot project uji coba pembukaan.

Proses simulasinya, katanya bakal diawasi selama sepekan. Pada akhir uji coba, pihaknya akan mengevaluasi kekurangan maupun kendala yang dihadapi oleh masing-masing pengelola restoran.

"Pasca-simulasi satu minggu akan ada evaluasi dari situ bisa dilihat apakah daerah siap membuka obyek wisata atau tidak," bebernya.

Baca Juga: Cakupan Vaksinasi Tingkat Kecamatan Rendah: Warga Semarang Pada Nolak

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya