Comscore Tracker

Tragedi KRI Nanggala, Keluarga Prajurit Hiu Kencana Diberi Bantuan Rp720 Juta

Irwan Hidayat turut sampaikan duka mendalam

Semarang, IDN Times - Tragedi kapal selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan utara Pulau Bali menyisakan duka mendalam bagi pihak keluarga 53 prajurit Korps Hiu Kencana yang menjadi korban kecelakaan tersebut. 

Hingga saat ini berbagai bantuan berdatangan untuk membantu proses evakuasi badan KRI Nanggala 402. Termasuk memberikan dukungan moril bagi pihak keluarga yang ditinggalkan. 

Hal serupa juga dilakukan Bos Sidomuncul, Irwan Hidayat yang tergerak mengucurkan bantuan uang tunai bagi anak dan istri dari 53 prajurit Korps Hiu Kencana yang jadi kru KRI Nanggala. 

"Saya sedih, masyarakat Indonesia juga sedih. Mari kita doakan  mereka yang gugur dan juga keluarganya diberikan kekuatan batin agar tetap tabah dan kuat menghadapi cobaan ini," ujar pengusaha jamu terkemuka di Indonesia tersebut dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Selasa (27/4/2021). 

 

1. Bos Sidomuncul didampingi Wakasal serahkan bantuan bagi korban KRI Nanggala 402

Tragedi KRI Nanggala, Keluarga Prajurit Hiu Kencana Diberi Bantuan Rp720 JutaBos Sidomuncul bersama Wakasal secara symbolis menyerahkan bantuan bagi keluarga kru KRI Nanggala. Dok Humas Sidomuncul

Irwan mengaku dirinya yang kepikiran dengan nasib para kru KRI Nanggala 402 sempat dibuat terkejut tatkala mendapati kabar bahwa kapal selam buatan Jerman tersebut dinyatakan tenggelam di perairan Celuk Bawang di bagian utara Pulau Bali. 

"Saya kepikiran sejak berita Nanggala 402 hilang. Setiap malam aku mendoakan supaya mereka selamat sampai hari Sabtu, ternyata semua kru Nanggala 402 dinyatakan gugur dalam tugas," katanya. 

"Di tanggal 26 April 2021, kita juga ikut menyumbang Rp720 juta. Proses penyerahannya secara simbolik dihadiri oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal), Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono di Mabes TNI AL Cilangkap," tambahnya. 

Baca Juga: Konglomerat Semarang Tebus Ki Tambleg Pohon Raksasa Setinggi 12 Meter

2. Keluarga korban KRI Nanggala 402 dapat bantuan bervariasi

Tragedi KRI Nanggala, Keluarga Prajurit Hiu Kencana Diberi Bantuan Rp720 JutaBos Sidomuncul Irwan Hidayat berdiskusi dengan Wakasal di sela menyerahkan bantuan bagi korban KRI Nanggala 402. Dok Humas Sidomuncul

Lebih lanjut, ia menjelaskan bantuan sebesar itu nantinya diserahkan langsung kepada para istri korban tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402. 

Dari total bantuan Rp720 juta, masing-masing keluarga korban menerima bantuan dengan nominal bervariasi antaranya Rp10 juta sampai Rp25 juta. "Akan kita serahkan kepada para istri korban di Surabaya tanggal 1 Mei nanti," bebernya.

Ia yang mewakili keluarga besar pemilik pabrik Sidomuncul berharap berbagai bantuan yang diberikan kepada keluarga korban bisa bermanfaat. 

3. Presiden Jokowi sampai Mensos Risma turut berempati atas gugurnya kru KRI Nanggala 402

Tragedi KRI Nanggala, Keluarga Prajurit Hiu Kencana Diberi Bantuan Rp720 JutaBerbagai bantuan moril dan materiil diberikan untuk menguatkan keluarga korban KRI Nanggala 402. Dok Humas Sidomuncul

Seperti diketahui sebelumnya, pihak keluarga korban KRI Nanggala 402 juga mendapat suntikan moril dari Presiden Joko Widodo yang akan menyekolahkan anak-anak korban sampai jenjang kuliah S1. 

Mensos Tri Rismaharini pun menggelontorkan santunan dan beragam pendampingan psikologis bagi keluarga korban. 

“Saya dan adik-adik saya lega bisa membantu. Saya sampaikan rasa belasungkawa bagi keluarga yang ditinggalkan. Semoga Tuhan memberkati," terang Irwan.

Baca Juga: 3 Cucak Ijo yang Nyaris Diselundupkan Dititipkan di Taman Sidomuncul

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya