Comscore Tracker

Transaksi Cashless, 1.046 Pedagang di Solo Masuk Rekor Muri 

Program digitalisasi transaksi pasar tradisional Kota Solo

Surakarta, IDN Times - Pemerintah Kota Solo menggandeng PT Bank Negara Indonesia (BNI) berhasil mendapatkan penghargaan dari Musem Rekor Indonesia (MURI). Dimana keduanya berkomitmen untuk mewujudkan program digitalisasi transaksi perdagangan dan retribusi pajak daerah.

Kerja sama keduanya diwujudkan dalam penandatanganan MoU oleh Wali Kota Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati di Pendapi Gede Balai Kota Solo, Jumat (26/11/2021).

Baca Juga: Gibran Bakal Bangkitkan Lagi 'Rock in Solo' Setelah 6 Tahun Vakum

1. Cetak Rekor Muri

Transaksi Cashless, 1.046 Pedagang di Solo Masuk Rekor Muri Penerimaan rekor MURI kepada Pemkot Solo dan Bank BNI. IDNTimes/Larasati Rey

Program digitalisasi transaksi pasar tradisional antara Pemkot Solo dengan BNI bahkan tercatat dalam Museum Rekor Indonesia. Dimana sebanyak 1.046 pedagang pasar tradisional di Kota Solo telah resmi menggunakan program pembayaran non tunai.

Penghargaan dalam kategori pemarkarsa dan penyelanggara digitalisasi transaksi pasar tradisional kepada pedagang terbanyak, tersebut diberikan kepada Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Direktur Layanan dan Jaringan BNI, Ronny Venir.

Penghargaan tersebut sebagai komitmen Pemkot Solo bersama BNI dalam program digitalisasi pasar tradisional di Kota Solo.

2. Program smart city

Transaksi Cashless, 1.046 Pedagang di Solo Masuk Rekor Muri Walikota Solo Gibran Rakabuming menunjukan cara pembayaran cashless. IDNTimes/Larasati Rey

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Solo Gibran Rakabuminge mengatakan digitalisasi transaksi cashless di pasar tradisional merupakan bagian dari program smart city di Kota Solo. Dimana, Kota Solo berkomitmen memberikan solusi terintegrasi melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi melalui kerjasama dengan BNI Program BNI Smart City.

"Kita sosialisasi dan beri edukasi pada masyarakat agar terbiasa nantinya menggunakan sarana dan prasarana digital. Dalam percepatan pemulihan ekonomi nantinya semua terkoneksi dengan program smart city nya Kota Solo," kata Gibran.

3. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi

Transaksi Cashless, 1.046 Pedagang di Solo Masuk Rekor Muri Salah satu UMKM binaan Bank BNI Solo. IDNtimes/Larasati Rey

Sementara itu, Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati menyampaikan konsep Smart City menjadi salah satu pembahasan hangat dalam berbagai forum internasional seperti Forum G20 Bidang Digital di Agustus 2021. Konsep Smart City juga mulai dilirik investor, yang terlihat dari keberhasilan Presiden Jokowi dalam mengantongi komitmen Investasi dari beberapa negara termasuk kesepakatan G42.

"Demi mendukung konsep smart City ini, kami berkomitmen untuk memberikan solusi yang terintegrasi dengan tujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan publik, serta meningkatkan kesejahteraan warga," katanya.

Adi Sulistyowati menyampaikan perseroan pun menghadirkan program BNI Smart City yang hadir dengan solusi end to end yang dapat memenuhi seluruh ekosistem di Kota Surakarta dan sekitarnya yang mencakup Smart Government untuk ekosistem Pemkot, Pemda, Smart Healthcare untuk ekosistem kesehatan, Smart Farming untuk ekosistem pertanian, perikanan, perkebunan, kehutanan,  Smart Education untuk ekosistem pendidikan, Smart UMKM untuk ekosistem UMKM, Smart Tourism untuk ekosistem pariwisata, serta Smart Industrial Estate untuk ekosistem kawasan industri dan berikat.

Menurutnya, program BNI Smart City tidak hanya terfokus pada pengembangan Ekosistem semata, tetapi juga turut mendukung program digitalisasi Kabupaten atau Kota tujuan.

"Sebagai pioneer dalam Digital Banking, BNI pun akan menyediakan layanan perbankan secara menyeluruh, yang meliputi Layanan dan Jasa Perbankan, Pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Smart City, dan serta Pemberdayaan & Peningkatan Kapasitas UMKM," imbuhnya.

Sebagai informasi, solusi yang telah dapat BNI berikan bagi Pemkot/ Pemkab antara lain solusi pembayaran belanja Daerah denganBNI Direct, SP2D Online, dan Virtual Account Debit, solusi penerimaan Daerah dengan e-PBB, e-PDAM, e-Samsat, dan e-Retribusi.

Baca Juga: Gibran Buru Pelaku Vandalisme 'Cahyo' di Flyover Purwosari Solo

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya