Comscore Tracker

5 Spot Kuliner Paling Legendaris di Magelang, Sangat Ikonik!

Ada yang sejak tahun 1940-an

Buat kamu yang sering berlibur ke Magelang, pasti tahu bahwa Magelang tidak hanya terkenal akan Candi Borobudur saja, tapi juga beberapa kulinernya yang begitu menggugah selera. Tak hanya rasanya yang lezat, tapi ada juga beberapa spot makan yang ternyata sudah berdiri sejak lama, lho.

Nah, berikut ini adalah beberapa pilihan spot kuliner legendaris di Magelang yang wajib kalian kunjungi. Penasaran? Simak ulasan berikut sampai habis ya!

1. Bakmi Pangsit Tjek Siang

5 Spot Kuliner Paling Legendaris di Magelang, Sangat Ikonik!Bakmi Pangsit Tjek Siang (instagram.com/tinton_aprilianto)

Jika kalian mencari tempat makan bakmi yang legendaris di Magelang, Bakmi Pangsit Tjek Siang adalah pilihan yang tepat untuk kalian kunjungi. Berdiri sejak 1950, Tjek Siang awalnya hanya berjualan menggunakan gerobak keliling di sekitar Pacitan, sebelum akhirnya pada tahun 1966 pengelolaan mi pangsit diserahkan ke anakanya sampai tahun 2000.

Saking ramainya, mi pangsit di sini, mereka bisa menjual 100 porsi mi pangsit atau sekitar sekitar delapan kilogram mi. Untuk harga satu porsi mi pangsit dan tahu bakso dibandrol seharga Rp13 ribu saja.

Lokasi: Jalan Kalingga, Rejowinangun Utara, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 09.45--14.00 WIB.

2. Depot Es Semanggi

5 Spot Kuliner Paling Legendaris di Magelang, Sangat Ikonik!Depot Es Semanggi (instagram.com/feb_rinaaa)

Setelah lelah berkeliling Kota Magelang memang paling pas untuk menyantap yang segar-segar. Bagaimana dengan Depot Es Semanggi? Walaupun memiliki tempat yang sangat sederhana, kedai yang satu ini cukup digemari wisatawan.

Keunikan dari Depot Es Semanggi tak hanya dari tempatnya yang sederhana dan legendaris, tapi juga sajiannya. Es dari depot ini disajikan dengan menggunakan sirup buatan sendiri yang resepnya tak pernah berubah sejak pertama pertama buka. Untuk harga yang ditawakan sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp5 ribu sampai Rp 10 ribu saja.

Lokasi: Gelangan, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Jam operasional: Buka mulai pukul 10.00--17.00 WIB (Senin--Sabtu)

Baca Juga: 5 Cafe di Klaten yang Instagrammable, Tempat Ngopi yang Cozy Abis! 

3. Kupat Tahu Pojok

5 Spot Kuliner Paling Legendaris di Magelang, Sangat Ikonik!Kupat Tahu Pojok (instagram.com/kulinerjogjaenak)

Berbicara tentang Magelang tentu tak bisa jauh-jauh dari Kupat Tahu. Salah satu kedai Kupat Tahu paling legendaris dan wajib kalian kunjungi ialah Kedai Kupat Tahu Pojok. Sudah berdiri sejak 1942, Kupat Tahu Pojok ini juga sudah menjadi spot kuliner favorit para artis hingga presiden.

Untuk harga satu porsi kupat tahu Magelang di sini dibanderol Rp12 ribu saja. Bagi yang ingin mencicipi kelezatan tahu kupat di sini kalian harus siap mengantre, terlebih kalau kalian datang saat jam makan siang dan makan malam.

Lokasi: Jalan Tentara Pelajar Kios Nomor 14, Cacaban, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 09.00--20.30 WIB.

4. Es Murni Magelang

5 Spot Kuliner Paling Legendaris di Magelang, Sangat Ikonik!Es Murni Magelang (instagram.com/marinako)

Berdiri sejak 1962 silam, Es Murni Magelang ini merupakan salah satu kedai legendaris yang menawarkan hidangan menarik yang cukup beragam. Mulai dari aneka es campur hingga masakan Indonesia lainnya.

Untuk es yang ditawarkan sendiri mulai dari es teler, es durian, es doger, es campur sari, es campur Jogja, es campur ayu, es cao coco, es campur, es campur jeruk nipis, es kelapa muda, es cincau hitam, es tape ketan, es segar ria, es campur Mandarin, es lidah buaya, dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau dan ramah kantung. Harga esnya juga sangat bervariasi, yaitu mulai dari Rp7.500.

Lokasi: Jalan Sriwijaya Nomor 28, Panjang, Magelang Tengah, Rejowinangun Utara, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 09.00--17.30 WIB.

5. Warung Makan Senerek "Bu Atmo"

5 Spot Kuliner Paling Legendaris di Magelang, Sangat Ikonik!Warung Senerek Bu Atmo (instagram.com/culinary.diary)

Warung Makan Senerek "Bu Atmo" merupakan salah satu spot makan sop senerek di Magelang yang sudah buka lebih dari 50 tahun. Pada lima tahun pertama Bu Atmo membua warungnya di Jalan Veteran, sebelum akhirnya pindah ke lokasi baru yang sedikit mblusuk. Meski demikian, warung makan Bu Atmo tetap ramai pengunjung, lho.

Sop Senerek di sini terdiri dari bahan-bahan seperti kacang merah, wortel, bayam, dan juga daun bawang, kemudian disiram dengan kuah kaldu segar berisi daging sapi atau babat. Rasa kaldunya yang begitu tajam dan menyegarkan itulah yang membuat sop senerek ala Bu Atmo ini banyak digemari pengunjung. Untuk harga sepiring sop senerek dan juga nasi hanya dibanderol seharga Rp13 ribu saja, lho. Murah, bukan?

Lokasi: Jalan Pangeran Mangkubumi Nomor 3, Cacaban, Kecamatan Magelang, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 07.00--16.00 WIB. 

Teruntuk kamu yang sedang mencari spot wisata kuliner di Magelang yang sudah berdiri sejak puluhan tahun, 5 pilihan kedai di atas wajib masuk ke dalam bucket list-mu. Jadi, sudah menentukan akan makan di mana, nih?

Baca Juga: 5 Resep Makanan Khas Temanggung, Rasa Lezat dan Dijamin Bikin Ngiler

Alvina Putri Rahmanita Photo Community Writer Alvina Putri Rahmanita

Hello:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya