Comscore Tracker

Resep Nugget Ayam yang Simpel, Cocok untuk Lauk Makan Anak di Rumah

Dijamin anak pasti suka! 

Nugget merupakan olahan daging giling yang dibaluti tepung panir yang membuat makan jadi lebih renyah dan krispi. Oleh karena itu, hampir semua orang bahkan anak-anak pun menyukai makanan renyah tersebut.

Nugget juga bisa diolah sendiri dirumah, lho, karena nugget terbuat dari bahan-bahan simpel yang mudah dibuat oleh siapapun. Jika penasaran cara pengolahannya seperti apa, berikut resep nugget ayam yang simpel, cocok sekali dijadikan lauk makan anak di rumah.

Baca Juga: Resep Chicken Egg Roll ala Hokben yang Enak dan Praktis Banget

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan 

Resep Nugget Ayam yang Simpel, Cocok untuk Lauk Makan Anak di Rumahilustrasi daging giling (pixabay.com/Pexels)

Bahan:

  • 250 gram ayam giling
  • 1 buah wortel, diserut
  • 2 butir telur, kocok
  • 1 butir bawang bombay, dicincang
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdm tepung terigu
  • 3 sdm tepung sagu
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • Sedikit merica bubuk
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam

Bahan pelapis:

  • 2 butir telur, kocok
  • Tepung panir secukupnya
  • Tepung maizena secukupnya

2. Cara membuat nugget ayam 

Resep Nugget Ayam yang Simpel, Cocok untuk Lauk Makan Anak di Rumahilustrasi memasak (pexels.com/RODNAE Productions)

Kita bisa membuat nugget ayam sendiri dirumah, karena pengolahannya sangat simpel. Tapi sebelum itu, siapkan dulu beberapa bahan yang dibutuhkan seperti daging ayam giling, tepung panir, telur, dan sebagainya.

Setelah siap semua, pertama yang diolah adalah semua bahan dicampur dengan bumbu, lalu diaduk hingga rata.

Kemudian siapkan loyang, alasi dengan plastik anti panas, lalu olesi sedikit minyak. Setelah itu, tuangkan adonan nugget ke dalam loyang, masukkan ke panci dan kukus selama setengah jam hingga matang.

3. Adonan nugget dikukus hingga matang 

Resep Nugget Ayam yang Simpel, Cocok untuk Lauk Makan Anak di RumahIlustrasi merebus (pixabay.com/scratsmacker)

Jika adonan nugget sudah matang, keluarkan dan biarkan hingga dingin dulu. Kalau sudah gak panas lagi, keluarkan adonan nugget dari loyang, kemudian potong-potong kotak sesuai selera.

Setelah adonan nugget dipotong-potong, mari kita membuat pelapisnya. Bahan untuk membuat lapisan hanya memerlukan tepung panir, tepung maizena, dan telur.

4. Baluti dengan bahan pelapis 

Resep Nugget Ayam yang Simpel, Cocok untuk Lauk Makan Anak di Rumahilustrasi menambahkan tepung sagu (pexels.com/Klaus Nielsen)

Siapkan bahan untuk pelapisnya yaitu taruh di dalam wadah yang berbeda-beda. Gulingkan adonan nugget ke dalam tepung maizena, lalu celupkan ke kocokan telur, dan gulingkan ke tepung panir sambil ditekan-tekan agar menempel sempurna.

Jika semua adonan sudah terbaluti tepung panir, simpan di dalam kulkas selama 20 menit supaya pelapisnya lebih merekat ke adonan. Selagi itu, panaskan minyak goreng dalam wajan untuk langsung digoreng nanti.

5. Goreng nugget hingga berubah warna kecoklatan 

Resep Nugget Ayam yang Simpel, Cocok untuk Lauk Makan Anak di Rumahilustrasi nugget ayam (pexels.com/Evgeniya Davydova)

Keluarkan nugget dari kulkas, lalu goreng hingga matang dan berubah warna coklat keemasan. Setelah itu, angkat dan tiriskan, kemudian sajikan nugget ke piring, tambahkan nasi disampingnya, dan nikmatilah sebagai lauk makan anak dirumah.

Sudah pastinya mengolah nugget sendiri di rumah, lebih terjamin kualitasnya, tentu lebih sehat dan enak untuk makan anak-anak di rumah. Mereka pasti ketagihan menyantap nugget buatan Bunda sendiri.

Baca Juga: Resep Chicken Egg Roll ala Hokben yang Enak dan Praktis Banget

Gebialya R. Photo Community Writer Gebialya R.

Learning is the basis of life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya