Comscore Tracker

17 Latihan Bakar Lemak Perut, Gerakan Efektif Bentuk Otot

Biar hasilnya lebih sempurna.

Perut biasanya paling rentan terkena lemak yang bertumpuk hingga membuat penampilan jadi buncit. Bagi sebagian orang memiliki perut buncit merupakan sesuatu yang mengganggu dan bikin kepercayaan diri mereka hilang.

Tapi sekarang, gak perlu risau lagi terhadap lemak perut yang bertumpuk, karena solusinya adalah dengan rajin berolahraga.

Olahraga yang bisa kamu ikuti adalah gerakan-gerakan mudah d bawah ini yang bisa membakar lemak di perut, dan juga sangat membantu dalam pembentukan otot perut agar lebih maksimal.

Baca Juga: Resep Adeni Tea, Teh Susu Rempah Khas Arab, Bisa Mencegah Kolesterol

1. Butt kicks 

https://www.youtube.com/embed/vXVPvY1UbJI

Latihan pertama kamu harus melakukan pemanasan terlebih dahulu supaya badanmu tetap fit dalam menjalani olahraga. Kamu bisa mulai dengan butt kicks, yang dapat melatih sistem kardiovaskular dan meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot.

Jadi, mulailah kamu berdiri di lantai, lalu lari di tempat sampai tumitnya menyentuh bokong dalam setiap langkahnya. Lakukan gerakannya selama 30 detik.

2. Quick feet 

https://www.youtube.com/embed/fz59j4a3QMQ

Melansir laman Spotebi Fitness & Nutrition, olahraga quick feet adalah latihan yang bagus untuk meningkatkan kecepatan dan kelincahan tubuh. Latihan ini meningkatkan detak jantung dan memberi pelatihan kardio yang baik. Sehingga ini cocok untuk pembakaran kalori saat melatih tubuh bagian bawah.

Dimulai berdiri dengan kaki selebar bahu. Tekuk kaki sedikit dan condongkan tubuh ke depan. Kemudian kedua tangan posisi di depan untuk menjaga keseimbangan, lalu lari di tempat dengan cepat selama 30 detik.

3. Jumping jacks 

https://www.youtube.com/embed/2W4ZNSwoW_4

Jumping jacks adalah jenis latihan seluruh tubuh yang dapat dilakukan di mana saja. Latihan ini memiliki banyak manfaat seperti mobilitas, peningkatan aliran darah, pelatihan di bidang frontal, dan dapat menggerakkan semua kelompok otot besar, menurut laman Insider.

Memulai dari posisi berdiri dan kakinya dirapatkan, lalu lompat dengan kaki terbuka hingga telapak tangan bersentuhan di atas kepala. Dan kembali lagi ke posisi awal, lakukan seterusnya selama 20 detik.

4. Bicycle crunches 

https://www.youtube.com/embed/-nJkAJpQemI

Keterangan dari laman Women's Health, latihan bicycle crunches sangat bagus untuk pembakaran lemak di perut. Hal ini karena menargetkan pada otot inti perut hingga lapisan terdalam.

Lakukan dengan berbaring lurus, lalu posisi kedua tangan berada di belakang kepala, dan angkat sedikit kedua kakinya dari lantai. Kemudian angkat lutut kanan hingga bisa menyentuh siku kiri, lalu kembali ke posisi semula dan ulangi gerakannya dengan sisi lainnya selama 30 detik.

5. Modified burpees 

https://www.youtube.com/embed/8PbnMQISmZQ

Modified burpees adalah salah satu latihan pembakaran lemak serta latihan kekuatan seluruh tubuh yang paling efektif yang bisa kamu lakukan. Latihan ini pun dapat membakar kalori lebih banyak sehingga bagus juga untuk membakar lemak di perut.

Awali dari berdiri dengan kaki selebar bahu. Letakkan kedua telapak tangan di lantai dan tendangkan kedua kaki ke belakang, lalu tarik kaki kembali ke posisi tadi dan lompat ke atas. Ulangi latihannya selama 20 detik.

6. Abdominal crunch 

https://www.youtube.com/embed/RUNrHkbP4Pc

Abdominal crunch adalah latihan yang dapat kamu lakukan sebagai pembakaran lemak di perut. Melansir laman Verywell Fit, tujuan latihan ini yaitu dapat bekerja di otot rektus abdominis dan juga otot oblik sehingga bagus dalam pembakaran lemak perut.

Berbaring di lantai dengan lutut ditekuk dan angkat tangan ke depan. Kemudian perlahan angkat bahu dari lantai. Tahan posisi tersebut selama beberapa detik dan perlahan kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan tadi selama  30 detik.

7. Jumping squats 

https://www.youtube.com/embed/txLE-jOCEsc

Jumping squats adalah merupakan gerakan yang efisien dalam menangani lemak di perut, karena latihan ini menggunakan otot tubuh bagian bawah seperti perut, paha belakang, serta punggung bawah. Jumping squats juga bermanfaat untuk meregangkan seluruh tubuh dan perut.

Lakukanlah dimulai dengan posisi jongkok, lalu lompat dengan kekuatan perut, lalu kembali ke posisi jongkok lagi. Ulangi seterusnya selama 20 detik.

8. Heel touch 

https://www.youtube.com/embed/9bR-elyolBQ

Selain bermanfaat untuk lemak perut, latihan heel touch ini bisa melibatkan otot di punggung atas sehingga bagus untuk kebugaran seluruh tubuh, menurut dari laman olahraga.

Berbaringlah di lantai dengan kedua kaki ditekuk dan kedua tangan di samping badan. Angkat sedikit bahu dari lantai dan tangan satunya raih tumit secara bergantian, lakukan tersebut selama 30 detik.

9. High stepping 

https://www.youtube.com/embed/Cmxr9xcNhgU

Melakukan latihan high stepping sangat berguna untuk mencapai kebugaran tubuh dan juga masalah lemak di perut. Lakukan latihan ini dengan cara bertahap dan tepat dalam teknik gerakannya.

Ambil posisi berdiri, lalu angkat salah satu lutut sehingga menjadi seperti sudut 90 derajat dengan tubuh bagian atas. Lalu turunkan kembali dan lakukan lagi dengan kaki lainnya seperti lari cepat di tempat, lakukan gerakannya selama 20 detik.

10. Reclined oblique twist 

https://www.youtube.com/embed/XKW5jru5pGo

Tak hanya menangani masalah perlemakan perut, latihan reclined oblique twist ini bisa menjaga keseimbangan postur tubuh.
Berbaringlah telentang dengan kedua kaki diluruskan dan angkat sebagian badan dengan bertumpuan dengan siku di lantai.

Angkat kaki kiri ke atas dan ulurkan lengan kanan ke sisi kiri untuk menyentuh ujung kaki kiri. Lalu perlahan turunkan kembali tangan ke posisi awal. Ulangi gerakannya dengan sisi lainnya selama 30 detik.

11. Mountain climber 

https://www.youtube.com/embed/wQq3ybaLZeA

Mulai dengan posisi push-up. Tekuk lutut kanan ke arah dada dengan kaki kiri lurus, lalu gantian kaki lainnya yaitu tekuk lutut kiri ke arah dada dengan kaki kanan lurus. Lakukan latihan semakin cepat selama 20 detik.

Gerakan ini dapat memperkuat berbagai kelompok otot dalam sistem kardiovaskular.

12. Leg raises 

https://www.youtube.com/embed/dGKbTKLnym4

Dari laman Live Strong, meskipun terlihat kaki saja yang bekerja, latihan leg raises ini juga berdampak pada badan bagian atas. Seperti dapat membentuk otot perut, memperkuat otot inti, dan membantu mencegah nyeri punggung bawah.

Berbaringlah dan letakkan kedua tangan di sisi pinggul. Lalu angkat kedua kaki ke atas dengan lurus, dan perlahan turunkan kaki lalu ulangi gerakan tersebut selama 30 detik.

13. Punches 

https://www.youtube.com/embed/reeBHtZJ1ts

Latihan ini gak hanya bertujuan untuk menangani lengan saja, tetapi banyak manfaat juga darinya untuk permasalahan lemak di tubuh, salah satunya membantu penurunan berat badan. Berarti bagus dalam mengurangi lemak di perut juga, menurut dari laman Healthline.

Berdiri, lalu kaki kiri maju ke depan dan kedua lututnya sedikit ditekuk. Tekuk kedua siku dan kepalkan tangan di hadapan kamu. Rentangkan satu lengan ke depan seperti meninju, tarik kembali dan ulangi dengan lengan lainnya selama 20 detik.

14. Flutter kicks 

https://www.youtube.com/embed/K5wuM_gNWyw

Flutter kicks terkenal dengan manfaatnya yang luar biasa, apalagi dalam menangani lemak di tubuh. Salah satu manfaatnya yaitu dapat membakar kalori dan bisa meluruhkan lemak di perut.

Berbaringlah telentang dengan kedua tangan berada di sisi tubuh. Angkat kedua kaki dengan lurus dan tahan. Lalu angkat kaki kanan ke atas dan turunkan kaki kiri dengan cepat secara bersamaan. Ulangi gerakannya selama 30 detik.

15. Cobra stretch 

https://www.youtube.com/embed/z21McHHOpAg

Sisipkan gerakan cobra stretch ini ke dalam latihan pembakar lemak perut. Latihan ini sangat berguna untuk peregangan seluruh tubuh.

Berbaring telungkup dan tekukkan kedua siku dengan telapak tangan di lantai. Lalu dorong dada naik dari lantai sejauh mungkin. Tahan posisi ini selama 30 detik.

16. Child pose 

https://www.youtube.com/embed/DMwRPGMPB10

Mulai dari duduk dengan lutut dan tangan di lantai. Letakkan tangan ke depan, lebarkan lutut, dan rapatkan jari kedua kaki.

Lemaskan siku, sentuh lantai dengan dahi, dan cobalah untuk menurunkan dada mendekat ke lantai. Tahan posisi ini selama 30 detik. Tarik napas, lalu buang napas, dan kembali duduk. 

17. Lying twist stretch 

https://www.youtube.com/embed/ZI-j_POtzlU

Berbaring telentang dengan kedua kaki diluruskan dan kedua lengan direntangkan ke samping.

Angkat kedua lutut dan puntir kedua kaki ke kiri. Tahan posisinya selama 30 detik. Lalu kembali ke posisi awal. Lakukan lagi dengan sisi lainnya selama beberapa detik.

Lakukan gerakan-gerakan di atas untuk kamu yang ingin lemak di perut gak bertumpuk-tumpuk. Latihan ini juga membantu untuk pembentukan otot di perut.

Itulah gerakan atau latihan untuk mengecilkan perut yang mulai membuncit gegara kebanyakan konsumsi lemak.  

Baca Juga: 10 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami dengan Buah dan Makanan

Gebialya R. Photo Community Writer Gebialya R.

Learning is the basis of life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya