Comscore Tracker

Selain Thor, 5 Karakter Marvel ini Juga Bisa Menggunakan Palu Mjølnir

Senjata ikonik dalam MCU, tak semua bisa mengangkatnya

Dalam film-film MCU, ada salah satu senjata ikonik yakni Mjølnir. Mjølnir merupakan sebuah palu ajaib yang digunakan oleh Thor. Palu ini ditempa oleh Dwarvers, sebuah senjata yang digunakan khusus oleh keluarga kerajaan Asgardian.

Yang membedakan Mjølnir dari senjata lain di MCU adalah senjata ini tidak dapat digunakan, atau bahkan diambil oleh sembarang orang. Jadi, hanya orang terpilih dan layak saja yang bisa mengangkat dan menggunakan Mjølnir.

Selain Thor, ada beberapa karakter di MCU yang mampu menggunakan Mjølnir. Berikut adalah 5 karakter yang mampu menggunakan palu Mjølnir, selain Thor.

Baca Juga: 7 Film Gagal yang Diproduksi Oleh Marvel Studios Sebelum Era MCU

1. Hela

Selain Thor, 5 Karakter Marvel ini Juga Bisa Menggunakan Palu MjølnirHela saat mengangkat Mjølnir (dok. Marvel Studios/Thor: Ragnarok)

Sebelum digunakan oleh Thor, Mjølnir digunakan oleh anak sulung Odin, Hela. Hela menggunakan Mjølnir saat dia bertarung bersama Odin dalam pencarian mereka untuk menaklukkan Nine Realms.

Dalam film Thor: Ragnarok, Thor melemparkan Mjølnir ke Hela dan dengan kekuatannya, Hela mampu menangkap Mjølnir di udara dan menghancurkannya dengan tangan kosong.

2. Odin

Selain Thor, 5 Karakter Marvel ini Juga Bisa Menggunakan Palu MjølnirOdin saat mengangkat Mjølnir (dok. Marvel Studios/Thor)

Mantan Raja Asgard yakni Odin meminta Dwarves untuk membuat Mjølnir untuknya. Seperti yang terlihat di Thor, Odin merupakan orang yang menetapkan syarat bahwa pengguna Mjølnir haruslah orang yang layak. Odin memberikan mantra pada Mjølnir setelah Thor mengganggu perdamaian antara Frost Giant dan Asgardian.

Mantar itu dimaksudkan untuk menghukum Thor dan mencegah penyalahgunaan kekuaatan Mjølnir. Dalam film Thor, Odin memanggil Mjølnir ke tangannya dan menggunakannya untuk menjatuhkan Thor ke Bifrost.

Karena Odin adalah orang yang memberikan mantar pada Mjølnir, maka semua orang yang menggunakan kekuatan Mjølnir harus hidup selaras dengan nilai-nilai  yang ada pada diri Odin.

3. Mighty Thor

Selain Thor, 5 Karakter Marvel ini Juga Bisa Menggunakan Palu MjølnirMigthy Thor saat mengangkat Mjølnir (dok. Marvel Studios/Thor: Love and Thunder)

Dokter Jane Foster adalah seorang astrofisikawan dan mantan pacar Thor. Tidak seperti Thor, Odin dan Hela, dia bukanlah seorang Asgardian yang memiliki kekuatan super dan telah hidup selama lebih dari seribu tahun.

Saat mengunjungi New Asgard di Thor: Love and Thunder, pecahan Mjølnir dipasang kembali dan memilih Jane sebagai pengguna berikutnya. Jane menerima kemampuan manusia super dan menamakan dirinya sebagai Mighty Thor. Sayangnya, penggunaan Mjølnir merugikan Jane karena mempercepat kankernya.

4. Vision

Selain Thor, 5 Karakter Marvel ini Juga Bisa Menggunakan Palu MjølnirVision saat mengangkat Mjølnir (dok. Marvel Studios/Avengers: Age of Ultron)

Tak lama setelah terlahir di Avengers: Age of Ultron, Vision membuat anggota Avengers terdiam dengan mengangkat Mjølnir dengan santai. Saat bertarung dengan Avengers di Sokovia, Vision memukul Ultron dengan Mjølnir. Vision mengatakan bahwa palu itu sangat seimbang.

Mjølnir tidak pernah menggunakan Mjølnir lagi sebelum dia menemui ajalnya di tangan Thanos. Tidak diketahui apakah White Vision yang dibuat oleh S.W.O.R.D. dalam serial WandaVision mampu mengangkat Mjølnir atau tidak.

5. Captain America

Selain Thor, 5 Karakter Marvel ini Juga Bisa Menggunakan Palu MjølnirCaptain America saat mengangkat Mjølnir (dok. Marvel Studios/Avengers: Endgame)

Dalam film Avengers: Age of Ultron, Steve Rogers mampu menggerakkan Mjølnir ketika orang lain tidak bisa menggerakkannya sama sekali. Banyak penggemar marvel melihat ini sebagai upaya yang gagal dari Steve untuk mengangkat Mjølnir.

Namun, presiden Marvel Studios, Kevin Feige, mengungkapkan dalam AMA bahwa Steve sebenarnya selalu layak dan hanya bersikap sopan pada Thor dan sesama anggota Avengers. Thor mengklaim bahwa dia tahu kalau Steve Rogers memang layak menggunakan Mjølnir ketika Steve mampu mengangkat palu ajaib itu dalam Avengers: Endgame.

Steve Rogers alias Captain America menggunakan Mjølnir untuk melawan Thanos. Captain America menggunakan Mjølnir selama pertempuran Bumi, dan kemudian mengembalikan Mjølnir ke timeline aslinya.

Menurut untuk ditunggu apakah ke depannya ada karakter lain yang mampu menggunakan Mjølnir. Mungkingkah Loki juga mampu menggunakannya?

Baca Juga: 6 Karakter Utama MCU yang Dicasting Ulang Marvel Studio

Bima Kristian Pranoto Photo Community Writer Bima Kristian Pranoto

Alumni Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya