Comscore Tracker

5 Waralaba Film yang Bisa Menemani Kamu Marathon Film, Ada MCU!

Mau marathon yang mana dulu nih?

Waralaba atau franchise film merupakan sejumlah film yang memiliki alur cerita yang saling berhubungan atau memiliki benang merah pada satu sama lain.

Jumlah film pada suatu waralaba pastinya lebih dari dua film. Biasanya waralaba dibuat untuk memperluas alur cerita atau memfokuskan film pada suatu peristiwa.

Untuk mencapai tujuan itu, terdapat beberapa waralaba film yang membuat proyek series namun masih berhubungan dengan film.

Sehingga suatu waralaba dapat dijadikan pilihan untuk memulai marathon film. Untuk kamu yang pengen marathon film, dicek aja daftar berikut ini!

Baca Juga: Film Marvel dan Series MCU yang Akan Tayang di Tahun 2023, Seru Abis! 

1. Transformers

5 Waralaba Film yang Bisa Menemani Kamu Marathon Film, Ada MCU!cuplikan film Transformers : Age of Extinction (dok. Paramount Pictures/Transformers : Age of Extinction)

Transformers merupakan karakter-karakter robot luar angkasa yang dapat berubah menjadi kendaraan yang diproduksi oleh perusahaan Hasbro.

Michael Bay merupakan sutradara yang cukup berpengaruh dalam mendirikan waralaba ini. Ia menyutradarai 5 film pertama Transformers dan memutuskan Transformers : The Last Knight sebagai film Transformers terakhir yang ia sutradarai.

Kemudian, Paramount Pictures memutuskan untuk merilis spin-off Bumblebee (2018) yang dibintangi oleh Hailee Steinfeld dan John Cena. Setelah itu, semesta Transformers akan memberikan cerita-cerita yang baru dan berbeda dari 5 film pertamanya. 

Film terbaru yang akan dirilis ialah Transformers : Rise of the Beast yang akan tayang pada Juni 2023 nanti. Meskipun telah selesai menyutradarai film Transformers, Michael Bay masih ikut terlibat sebagai produser pada film Bumblebee dan Transformers : Rise of the Beast.

2. The Wizarding World

5 Waralaba Film yang Bisa Menemani Kamu Marathon Film, Ada MCU!cuplikan film Harry Potter and The Prisoner of Azkaban (dok. Warner Bros. Pictures/Harry Potter and The Prisoner of Azkaban)

The Wizarding World merupakan deretan film-film dari semesta Harry Potter. Film-film tersebut diadaptasi dari buku-buku novel karya J.K. Rowling.

Waralaba ini awalnya dimulai pada film Harry Potter and The Philosopher's Stone (2001) dan berakhir pada film Harry Potter and The Deathly Hallows Part 2 (2011) dengan total 8 film layar lebar.

Kedelapan film tersebut memiliki total pendapatan hampir 8 miliar USD. Ini juga menunjukkan bahwa The Wizarding World telah menyentuh hati para penonton maupun pembaca novelnya.

Setiap perilisan filmnya kerap membuat para penggemar antusias terhadap petualangan Harry Potter, Hermione Granger, dan Ronald Wesley.

Namun, kesuksesan film-film Harry Potter menginspirasi Warner Bros. Pictures untuk membuat spin-off Fantastic Beast

Spin-off ini sudah merilis tiga film dengan Eddie Redmayne sebagai aktor utamanya. Meskipun belum ada informasi lebih lanjut mengenai kelanjutan Fantastic Beast, The Wizarding World dapat dimasukkan ke watchlist kamu!

3. Marvel Cinematic Universe

5 Waralaba Film yang Bisa Menemani Kamu Marathon Film, Ada MCU!cuplikan film Avengers : Endgame (dok. Marvel Studios/Avengers : Endgame)

Marvel Cinematic Universe (MCU) merupakan waralaba film yang diadaptasi dari cerita-cerita komik pahlawan Marvel. Waralaba ini dimulai pada tahun 2008 dengan film pertamanya yaitu Iron Man.

Salah satu ciri khas dari waralaba ini adalah mereka mempunyai saga yang memfokuskan pada satu konklusi besar. 

Sejauh ini MCU telah merilis 30 film layar lebar, 8 serial, 8 film pendek, 2 film spesial, dan 1 serial pendek. Dengan proyek film dan serial yang begitu banyak, MCU telah membuat banyak penggemar dan meraih pendapatan yang tinggi dari proyek-proyek yang mereka rilis.

Untuk saat ini, MCU akan membuka fase kelima mereka dengan film Ant-Man and The Wasp : Quantumania yang akan tayang pada 17 Februari 2023 nanti. Deretan film dan series MCU ini tentu bisa menjadi pilihan untuk memulai marathon film.

4. The Conjuring Universe

5 Waralaba Film yang Bisa Menemani Kamu Marathon Film, Ada MCU!cuplikan film Annabelle (dok. Warner Bros. Pictures/Annabelle)

Waralaba film horor ini menjadi salah satu waralaba film paling terkenal di dunia. The Conjuring Universe berisi film-film horor yang memiliki keterkaitan dengan kasus-kasus supranatural yang ditangani oleh paranormal Ed dan Lorraine Warren. Cerita dari film-film waralaba ini didasari oleh kejadian nyata.

Waralaba ciptaan James Wan ini telah merilis 8 film layar lebar. Film-film tersebut yaitu trilogi The Conjuring, trilogi Annabelle,The Nun, dan The Curse of La Llorona. Pada 8 September 2023, The Conjuring Universe akan merilis The Nun 2 untuk melanjutkan kisah hantu Valak. 

Selain itu, James Wan juga mengkonfirmasi The Conjuring 4 secara resmi akan dibuat dan kemungkinan akan menjadi akhir dari The Conjuring Universe. Sambil menunggu kedua film tersebut rilis, kamu bisa rewatch film-film sebelumnya agar tidak kebingungan dengan alur ceritanya.

5. Middle Earth

5 Waralaba Film yang Bisa Menemani Kamu Marathon Film, Ada MCU!cuplikan film The Lord of the Rings : The Two Towers (dok. New Line Cinema/The Lord of the Rings : The Two Towers)

Middle-Earth merupakan waralaba yang terdiri dari trilogi The Lord of the Rings dan trilogi The Hobbit yang diadaptasi dari novel-novel karya J.R.R. Tolkien. Waralaba ini juga merupakan waralaba yang paling disukai oleh banyak orang, terutama trilogi The Lord of the Rings.

Jalan cerita yang unik dan pertarungan-pertarungan yang epik membuat banyak penonton merasakan pengalaman yang berbeda saat menonton waralaba ini. Tidak hanya itu, unsur-unsur fantasi dan magis dari film-film ini juga membuat Middle-Earth menjadi semakin seru. Terlebih lagi aksi-aksi penyihir seperti Gandalf yang ikut menyita perhatian.

Kedua trilogi tersebut meraih pendapatan kurang lebih 3 miliar USD dan juga meraih beberapa penghargaan. Salah satu penghargaan yang diraih ialah Best Visual Effects dalam ajang Academy Awards. Kesuksesan Middle-Earth membuat semestanya semakin diperluas lagi dengan dirilisnya serial The Rings of Power pada September 2022 lalu.

Selain waralaba-waralaba di atas, tentunya juga masih ada waralaba yang berkualitas untuk kamu tonton. Seperti John Wick, Mission : Impossible, dan Pirates of the Carribean. Selamat menonton!

Baca Juga: 5 Karakter Tercepat MCU, Superhero Marvel yang Bikin Musuh Kewalahan

Moamar Khadafy Hanyokrokusumo Photo Community Writer Moamar Khadafy Hanyokrokusumo

Just a boy who loves Marvel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya