Comscore Tracker

7 Rekomendasi Webtoon Horor Lokal Indonesia yang Wajib Kalian Baca

Ssst! Jangan baca sendirian, ya

Aplikasi webtoon memang menjadi pilihan banyak orang bagi pecinta komik. Bagaimana tidak, di webtoon menyediakan banyak komik dari berbagai genre. Salah satunya genre horor.

Komik genre horor di webtoon bukan hanya dari karya luar saja, banyak juga lho karya dari anak bangsa! Contohnya ketujuh komik ini yang wajib masuk list favorit kamu! Tapi jangan baca sendirian, ya!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Webtoon yang Berisi Kisah Menarik Relate sama Kehidupan

1. Creep

7 Rekomendasi Webtoon Horor Lokal Indonesia yang Wajib Kalian Bacawebtoon.com/creep

Webtoon karya Ino Septian ini berisi berbagai kisah mistis yang dialami oleh tokoh Nilam dan keluarganya.

Mulai dari adiknya yang bernama Siwi dan Nara, hingga orang tuanya. Beberapa episode dalam Creep ada yang saling berhubungan, dan ada yang sekali habis dalam satu episode.

Cerita yang disajikan pun tidak jauh seperti yang terjadi di kehidupan kita, seperti ritual pemujaan setan, santet, pesugihan, dan ritual lainnya.

Untuk menambah kehororan cerita, webtoon Creep menyajikan efek gambar gerak yang dapat membuat pembaca terkena jumpscare

2. Creep In

7 Rekomendasi Webtoon Horor Lokal Indonesia yang Wajib Kalian Bacawebtoon.com/creep in

Creep In merupakan sekuel dari webtoon Creep karya Ino Septian. Webtoon ini menceritakan Arya yang terpisah dengan Arum, teman masa kecilnya yang merupakan hantu Belanda, karena neneknya.

Saat ini Creep In sudah berada di Season 2 dan berfokus pada Arya yang menyelamatkan Nilam dari Nyai, arwah yang telah mengambil badan Nilam dan menyelamatkan Nara dari santet.

Namun, perjuangan Arya tersebut tentu tidaklah mudah. Simak cerita lengkapnya di webtoon Creep In setiap Jumat malam, ya!

3. Kemala

7 Rekomendasi Webtoon Horor Lokal Indonesia yang Wajib Kalian Bacawebtoon.com/kemala

Webtoon Kemala karya Sweta Kartika yang terbit tiap Kamis malam ini menceritakan tokoh Kemala yang terbangun dari tidurnya di tempat asing yang penuh arwah.

Dalam perjalanan pencarian identitasnya, Kemala dilalui oleh beberapa kasus yang terjadi pada arwah sekitarnya, seperti kasus arwah korban pembunuhan, santet, hingga pesugihan.

Kemala membantu arwah tersebut untuk tenang menuju alam selanjutnya dan mencegah ritual jin yang dilakukan manusia dengan bantuan tokoh Cakra, manusia yang memiliki kekuatan indigo.

Keseruan dari webtoon ini ialah adanya efek suara seperti bisikan membaca mantra dan suara tangis dari tiap episodenya sehingga membangun suasana menyeramkan.

4. Diary Mystery

7 Rekomendasi Webtoon Horor Lokal Indonesia yang Wajib Kalian Bacawebtoon.com/diary mystery

Webtoon yang memiliki efek gambar gerak satu ini menceritakan tokoh Setha yang merupakan penulis, selalu bermimpi sama yaitu berada di tengah ladang dan melihat gadis kecil yang menangis.

Gadis tersebut mengajaknya ke sebuah rumah Panti Asuhan di dekat ladang tersebut. Setha yang berniat mengantarnya pulang tiba-tiba ditarik masuk ke dalam rumah oleh sosok.

Merasa bingung dan panik karena rumah yang sangat sepi dan gelap, ia mencari keberadaan gadis kecil hingga akhirnya terbangun karena melihat sosok menyeramkan di mimpinya.

Sejak peristiwa mimpinya, Setha yang hendak menuju kantor temannya mulai melihat sosok menyeramkan di sekitarnya, seperti sosok wanita berkepala buntung di lift. Rupanya Setha pernah menutup mata batinnya dan sekarang kembali terbuka.

Lalu, berhasilkah Setha menutup mata batinnya dan apakah maksud dari mimpinya yang akhir-akhir ini selalu sama? Ikuti kelanjutannya di Diary Mystery tiap Sabtu malam, ya! Hati-hati jumpscare!

5. 10 PM

7 Rekomendasi Webtoon Horor Lokal Indonesia yang Wajib Kalian Bacawebtoon.com/10 PM

Webtoon 10 PM karya Arvidan yang terbit tiap Rabu malam ini mengangkat cerita dari seorang penyiar radio bernama Arvian dalam acaranya 10 PM di 66.6 FM Dabest Radio yang siaran setiap Kamis pukul 10 malam.

Acara tersebut mulai menyeramkan ketika Arvian berkata "Pasang telinga, buka pikiran, and let the fear creep inside you". Seperti pada salah satu episode nya berjudul Perpustakaan. Episode tersebut menceritakan seorang mahasiswi tingkat akhir yang sedang mencari refrensi untuk skripsinya di perpustakaan.

Ketika menjelang sore, penjaga perpustakaan selalu mengingatkan pengunjung untuk segera pulang. Mahasiswi tersebut menghiraukan perkataan penjaga tersebut hingga akhirnya ia tersadar bahwa perpustakaan sudah sepi dan membuatnya tidak nyaman.

Tiba-tiba ia dikagetkan dengan keberadaan mahasiswi lain yang sedang mencari refrensi skripsi. Ketika ia mengambil bukunya yang tanpa sengaja jatuh, ia melihat bahwa mahasiswi lain yang menemaninya tadi tidak memiliki kaki.

Merasa panik, ia langsung pergi keluar perpustakaan. Betapa terkejutnya ia melihat mahasiswi lain tersebut sudah berada di anak tangga dan memperlihatkan wajah mengerikannya.

Karena syok, mahasiswi tersebut meringkuk ketakutan di anak tangga hingga ditemukan oleh penjaga perpustakaan. Dari webtoon ini menariknya terdapat efek suara yang membangun suasana menyeramkan dan efek gambar gerak yang terkadang membuat kita jumpscare. Hati-hati ketika meng scroll nya ya kalau gak mau kena jumpscare!

6. Bloody Gaze

7 Rekomendasi Webtoon Horor Lokal Indonesia yang Wajib Kalian Bacawebtoon.com/bloody gaze

Bloody Gaze merupakan webtoon karya Takamiwa yang di ilustrasikan oleh Fatal Lemon. Webtoon ini mengisahkan seorang siswi bernama Bell yang sangat terobsesi dengan Rion hingga ia menjahit foto Rion di tiap wajah orang di dinding kamarnya, yang ia sebut 'koleksi Rion'.

Kejadian menyeramkan dimulai ketika Bell pindah sekolah yang sama dengan Rion. Rion yang hendak menembak Nancy di belakang sekolah terkejut melihat dua orang temannya jatuh dari atas gedung.

Namun, betapa janggalnya terdapat Bell yang berada di atas gedung dengan tertawa mengerikan menatap dua orang temannya yang barusan jatuh.

Kemudian ketika Nancy mengobrol dengan Bell yang berakhir Nancy terhipnotis dan menusuk dirinya dengan cutter. Sebenarnya, apa yang diinginkan oleh Bell? 

7. Gloomy Sunday

7 Rekomendasi Webtoon Horor Lokal Indonesia yang Wajib Kalian Bacawebtoon.com/gloomy sunday

Webtoon bertajuk antologi karya Fankycon ini mengusung tema cerita yang berbeda tiap episodenya. 

Misalnya di salah satu episode yang berjudul Disappear yang memperlihatkan seorang kakak yang tiap hari mengasuh adiknya saat mamanya bekerja.

Hingga suatu ketika mamanya tidak pulang ke rumah, kakak adik tersebut mencari mamanya di lingkungan rumahnya dan bertanya pada orang sekitarnya, tapi tidak ada yang menggubrisnya.

Kakak adik tersebut akhirnya beristirahat di sebuah taman dan bertemu dengan seorang pria berpakaian serba putih dan mengatakan bahwa mereka tidak akan bertemu dengan mamanya lagi.

Plot twist dari episode ini ternyata kakak adik tersebut diracuni susu oleh mamanya sendiri dan disusul meracuni dirinya sendiri.

Cerita episode ini berakhir dengan dibawanya kakak adik tersebut oleh pria berpakaian serba putih menuju Surga, sedangkan mamanya disiksa di Neraka. Hiiii merinding! 

Tentu masih banyak lagi tema cerita yang diusung dalam webtoon ini yang alurnya tidak jauh dari kehidupan sekitar kita. Jika kalian penasaran seperti apa episode yang lain, baca selengkapnya di webtoon Gloomy Sunday yang terbit setiap Sabtu malam, ya!

Baca Juga: 5 Film Horor Indie Terseram Ini Bikin Kamu Susah Tidur, Berani Nonton?

Tiara Azhari Photo Community Writer Tiara Azhari

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya