Comscore Tracker

10 Tips Feng Shui Menata Taman Agar Hoki, Alirkan Energi Positif 

Gak mesti harus punya taman yang luas

Selain ilmu bela diri dan juga pengobatan, budaya Tiongkok lainnya yang banyak dipelajari yakni Feng Shui. Feng Shui sendiri memiliki arti Angin dan Air secara harfiah dan sudah ada sejak 6000 tahun.

Apa itu Feng Shui? Feng shui adalah ilmu yang mempelajari bagaimana energi alam semesta dan lingkungan sekitar suatu bangunan saling mempengaruhi hidup dan keberuntungan seseorang.

Berumur ribuan tahun, di era modern seperti sekarang ini Feng Shui masih digunakan bahkan untuk desain tata kota modern, gedung-gedung pemerintahan, dan monumen-monumen publik.

Konon menata rumah dengan feng shui, bisa memperlancar masuknya energi positif ke dalam kehidupan di rumah, yang memengaruhi kesuksesan, kekayaan dan kesehatan. Ukuran rumah dan halaman bukan masalah besar. Kamu bisa menerapkan feng shui tidak hanya di dalam rumah, tapi juga bisa menerapkan feng shui untuk taman kamu.

Sebelum menerapkan feng shui, kamu perlu memahami 'bagua' atau peta energi. Kamu juga perlu memahami lima elemen dalam feng shui. Untuk kamu yang ingin menata taman, inilah 10 tips menata taman menurut feng shui yang bisa kamu terapkan, agar hokimu deras mengalir.

Baca Juga: Biar Hoki! 5 Tips Membeli Rumah Sesuai Feng Shui, Hindari Energi Buruk

1. Untuk keseimbangan gunakan seluruh elemen feng shui pada taman rumah

10 Tips Feng Shui Menata Taman Agar Hoki, Alirkan Energi Positif Taman belakang rumah AA Residence karya Bitte Design Studio. // via Arsitag.com

Untuk menciptakan keseimbangan energi, yang perlu kalian lakukan yakni memasukkan lima elemen feng shui yakni kayu, tanah, api, logam, serta air di dalam taman.

Untuk elemen kayu misalnya yakni menambahkan pohon yang rindang. Selanjutnya untuk elemen api, kalian bisa mengatur agar taman tersiram sinar matahari dengan baik.
Sementara menempatkan elemen tanah di taman yakni, kamu bisa menambahkan batuan kecil atau pot keramik di taman.

Yang perlu kalian lakukan untuk menambahkan elemen logam yakni, tambahkan bunga dengan kelopak putih. Terakhir, kamu bisa menambahkan air mancur kecil untuk melengkapi elemen air.

2. Membuat jalan setapak untuk mengusir roh jahat

10 Tips Feng Shui Menata Taman Agar Hoki, Alirkan Energi Positif ilustrasi jalan setapak bercabang (pexels.com/James Wheeler)

Taman ternyata juga menjadi salah satu tempat bersemayamnya roh jahat yang bakal menganggu kesimbangan energi, untuk itu masyarakat Tiongkok kuno percaya dengan membuat jalan setapak yang melengkung membuat taman tak ditempati roh jahat.

Dalam cerita rakyat Tiongkok, roh jahat biasanya berjalan di jalan yang lurus. Untuk mengusir roh jahat dan energi negatif, kamu harus membuat jalan yang berkelok-kelok.

3. Hindari cabang pohon menyentuh rumah

10 Tips Feng Shui Menata Taman Agar Hoki, Alirkan Energi Positif Instagram

Kalian yang memiliki pohon yang besar dan rindang di taman sebaiknya jangan biarkan ranting pohon menyentuh jendela rumah kamu, ya! Menurut feng shui penataan taman rumah, ranting pohon akan membuat cahaya matahari sulit masuk rumah. Hal ini dipercaya akan mengurangi energi positif yang akan masuk ke rumah.

4. Jangan mengelompokkan tanaman dalam jumlah genap

10 Tips Feng Shui Menata Taman Agar Hoki, Alirkan Energi Positif Taman mungil Rumah Cempaka Putih di Jakarta karya PSA Studio. // via Arsitag.com

Tips feng shui untuk menata taman kamu selanjutnya berkaitan dengan tanaman. Jika di taman kamu terdapat beberapa jenis tanaman, hindari mengelompokkannya dalam jumlah genap.

Kamu bisa mengelompokkan tanaman kamu dengan jumlah satu kelompok tiga atau lima jenis tanaman.

5. Dianjurkan untuk menanam tanaman hias yang membawa hoki

10 Tips Feng Shui Menata Taman Agar Hoki, Alirkan Energi Positif Pinterest

Menurut feng shui, kamu bisa menanam tanaman dengan warna yang cerah untuk taman kamu. Beberapa tanaman dianggap membawa hoki bagi pemiliknya, antara lain anggrek, krisan, lotus, magnolia putih dan pinus. Berikan pupuk agar tanaman kamu tumbuh subur, ya.

6. Menggunakan kursi taman dari kayu

10 Tips Feng Shui Menata Taman Agar Hoki, Alirkan Energi Positif pixabay.com/pepperminting

Salah satu tip feng shui untuk menata taman rumah kamu, adalah dengan mengatur kursi taman. Jika luas taman kamu cukup untuk menambahkan kursi, sebaiknya gunakan kursi berbahan kayu. Kamu bisa menaruh kursi di pojok kiri taman rumah, dipercaya hal ini bisa memberikan kesuburan dan kekayaan pada taman.

7. Beri taman cahaya lampu

10 Tips Feng Shui Menata Taman Agar Hoki, Alirkan Energi Positif instagram.com/tasyafarasya

Pemberian cahaya dan penataan cahaya dapat membawa unsur positif ke dalam taman. Energi positif akan membawa keuntungan bagi pemilik taman. Jika taman rumah kamu kecil, cukup gunakan satu lampu yang bisa menerangi setiap sudut taman.

8. Tambahkan air mancur

10 Tips Feng Shui Menata Taman Agar Hoki, Alirkan Energi Positif Taman belakang rumah dengan kolam air mancur di Loft In An Office oleh Iwan Sastrawiguna. // via Arsitag.com

Jika di taman kamu terdapat kolam ikan, dianjurkan menambahkan air mancur mini. Kehadiran air mancur dapat membawa energi positif untuk taman kamu. Suara gemericik air akan membawa ketenangan.

Kamu bisa menaruh air mancur di sudut utara, timur, atau tenggara taman. Menurut feng shui untuk taman rumah, ketiga sudut tersebut berhubungan dengan kekayaan, karier dan kesehatan dari pemiliknya.

9. Lonceng angin

10 Tips Feng Shui Menata Taman Agar Hoki, Alirkan Energi Positif www.pexels.com/mike

Masih menurut feng shui, menaruh lonceng angin di pintu masuk arah taman konon akan membawa ketentraman dan mengundang banyak energi positif. Di sisi lain, lonceng angin memiliki arti membangun sebuah keluarga yang damai dan harmonis.

Kamu juga perlu memerhatikan jenis lonceng angin yang ingin dipasang. Hindari penggunaan lonceng yang memiliki suara gaduh. Karena, suara gaduh akan membawa energi negatif.

10. Jangan menempatkan pagar terlalu dekat

10 Tips Feng Shui Menata Taman Agar Hoki, Alirkan Energi Positif Pagar dan dinding pembatas rumah Dicky House di Jakarta karya Monokroma Architect. // via Arsitag.com

Pagar dibangun untuk meningkatkan keamanan rumah. Menurut feng shui, jangan membangun pagar yang terlalu dekat dengan pintu rumah. Atur jarak yang cukup antara pagar rumah dengan pintu depan.

Jika memungkinkan, kamu bisa membangun pagar yang terbuat dari bambu. Menurut filosofi feng shui, bambu mampu menyeimbangkan fleksibilitas yang tinggi, akan membuat suasana terasa lebih natural, serta menangkal energi negatif dari luar rumah.

Nah itulah tadi 10 tips feng shui untuk kamu yang ingin menata taman di rumah. Mudah dan praktis tentunya hal tersebut akan membuat taman rumah makin indah ya.

Artikel ini sudah pernah tayang di laman Popbela.com dengan judul "10 Tips Feng Shui Taman di Rumah, Agar Bawa Hoki Berlimpah" ditulis oleh Aisyah Banowati

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya