Comscore Tracker

UTBK UNS, Peserta Luar Solo Wajib Bawa Surat Sehat

Pelaksanaan terapkan protokol kesehatan.

Solo, IDN Times - Sebanyak 23.425 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) yang dimulai Minggu (5/7/2020). Dalam pelaksanaan UNTBK tersebut para peserta diwajibkan menetapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Pedagang dan Hewan Kurban yang Masuk ke Solo Wajib Punya Surat Sehat

1. Rektor temukan satu peserta tak bawa surat sehat

UTBK UNS, Peserta Luar Solo Wajib Bawa Surat SehatDok.Humas UNS

Untuk menghindari adanya klaster penyebaran virus corona (COVID-19), panitia UTBK UNS mewajibakan peserta ujian yang berasal dari luar eks-Karisidenan Surakarta untuk membawa surat sehat atau surat keterangan hasil rapid test COVID-19.

Dalam tinjauan pelaksanaan UTBK UNS, Rektor UNS, Jamal Wiwoho mangatakan jika menemukan satu peserta yang terpaksa tidak bisa ikut ujian lantaran tak membawa surat keterangan hasil rapid test. Peserta tersebut kemudian diperbolehkan untuk mengikuti UTBK pada gelombang kedua sekaligus melengkapi persyaratan yang ada.

"Ada satu orang dari Ngawi (Jawa Timur.red) terpaksa tidak bisa ikut tes, sebab dia tidak membawa surat keterangan hasil rapid test. Peserta tidak bisa ikut ujian gelombang satu tanggal 5-14 Juli, tetapi boleh ikut gelombang dua pada 20-29 Juli," ujarnya, Minggu (5/7).

2. Terapkan protokol kesehatan

UTBK UNS, Peserta Luar Solo Wajib Bawa Surat SehatDok.Humas UNS

Pelaksanaan UTBK UNS juga dilengkapi dengan penegakan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 yang berlaku untuk peserta ujian, pimpinan fakultas, Panitia Pelaksana, Penanggung Jawa Lokasi (PJL), Pengawas Ujian, Tim Teknisi, Tim Keamanan dan Ketertiban, dan Tim Kebersihan.

Para peserta diwajibkan untuk menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak anatr peserta. Hal ini juga berlaku pada penataan tata ruang UTBK dengan mengatur jarak lokasi ujian minimal 1,5 meter baik dari arah kanan-kiri, dan depan-bekalang.

"Seluruh panitia dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD). Peserta UTBK diberi fasilitas sarung tangan gratis. Seluruh lokasi ujian dilengkapi dengan thermogun, hand sanitizer, wastafel, dan ruang transit peserta yang ditata sesuai protokol kesehatan," jelas Jamal.

3. Sebanyak 142 peserta tak hadir

UTBK UNS, Peserta Luar Solo Wajib Bawa Surat SehatDok.Humas UNS

Pada ujian pertama UTBK Minggu (5/7) jumlah peserta yang hadir pada Sesi I adalah sebanyak 478 orang (77,1%). Sementara peserta yang tidak hadir sebanyak 142 orang (22.9%).

"Seluruh peserta yang tidak hadir berasal dari luar eks Karesidenan Surakarta," ungkapnya.


UTBK di UNS dilaksanakan di 14 lokasi ujian (44 ruang) dengan kapasitas total 620 peserta per sesi atau 1.240 peserta per hari (2 sesi). Jumlah total sesi UTBK di UNS adalah sebanyak 38 sesi yang terdiri dari 20 sesi pada Gelombang I dan 18 sesi pada Gelombang II.

Peserta yang tidak dapat mengikuti UTBK Gelombang I dan II karena force majeur dapat mengikuti UTBK Gelombang Cadangan yang akan dilaksanakan tanggal 30 Juli – 2 Agustus 2020. Peserta yang berasal dari luar daerah eks Karesidenan Surakarta dapat mengikuti UTBK di daerah masing-masing pada tahap II (Tgl 20-29 Juli 2020). Penyelenggaraan UTBK di daerah masing-masing akan dikoordinasikan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca Juga: Selain Kedokteran, Ini 6 Prodi yang Langganan Ramai Peminat di UNS

Topic:

  • Larasati Rey
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya