Comscore Tracker

9 Akses Multiverse dan Perjalanan Waktu MCU, Ada Peran Young Avengers

Serial dan film MCU yang menampilkan perjalanan waktu 

Rata-rata film di luar semesta MCU cenderung memunculkan dua tipe perjalanan waktu, Butterfly Effect dan loop. Back to the Future merupakan contoh Butterfly Effect. Apapun yang dilakukan oleh Marty di masa lalu, akan mempengaruhi masa depannya. Jika orang tua Marty tidak saling jatuh cinta, maka gawat untuk masa depannya.

Harry Potter and the Prisoner of Azkaban cenderung menggunakan loop. Harry dan Hermione harus melakukan perjalanan waktu lagi untuk kembali menyelamatkan Sirius Black namun ternyata mereka terus menerus kembali di waktu yang sama untuk menyelamatkan Sirius Black. Hanya ada satu versi dari kisah tersebut dan hasilnya akan tetap sama.

Sama halnya ketika Harry melakukan perjalanan waktu ke masa lalu untuk membuat patronus. Ia tahu harus membuat itu karena seseorang sudah membuatnya.

Marvel Cinematic Universe mulai masuk ke ranah perjalanan waktu di film Doctor Strange lewat pengenalan Time Stone. Selain itu ada juga Agent of SHIELD, Runaways, Ant-Man, Avengers : Endgame dan Loki.

Di Spider-man : No Way Home, Peter Parker memilih untuk meminta bantuan kepada Dr. Strange dari segala pilihan lainnya setelah jati dirinya sebagai Spider-man terungkap ke seluruh dunia. Itu menandakan cara terbaru dalam mengakses perjalanan waktu dan multiverse di ranah MCU. Berikut adalah cara-cara melakukan perjalanan waktu yang telah dilakukan di MCU:

Baca Juga: 8 Anggota Young Avengers yang Sudah Terungkap Identitasnya di MCU

1. Time stone

https://www.youtube.com/embed/MTh9Zr2y_vw

Time Stone terbukti memiliki kemampuan untuk memundurkan waktu di area tertentu dan penggunanya dapat memilih untuk tidak terpengaruh oleh manipulasi waktunya.

Penyihir seperti Doctor Strange dapat merapal mantra untuk membuat orang lain tidak terpengaruh oleh pembalikan waktu, seperti yang dia lakukan pada Wong saat pertempuran di Hong Kong Sanctum .

Beberapa penyihir dapat membuat pikiran mereka tidak terpengaruh oleh pembalikan waktu, dan akhirnya membangun tekad untuk melepaskan diri dari mantra tersebut, seperti yang dilakukan Kaecilius dan para pengikutnya, kemungkinan karena kekuatan yang diberikan kepada mereka dari Dimensi Gelap .

Loop waktu juga dapat dirapalkan. Tubuh target akan diatur ulang, bahkan jika ada yang terbunuh. Namun kesadaran mereka akan terus berlanjut sampai putaran itu berakhir. Cara tersebut digunakan oleh Doctor Strange saat melawan Dormamu dan sebelum pertempuran di planet Titan (Avengers : Infinity War) untuk mengetahui cara mengalahkan Thanos dalam jangka panjang.

2. Time Di’alla

https://www.youtube.com/embed/YQJKgtAktLQ

Time Di’Alla adalah sebuah artefak yang dapat digunakan untuk mengirim sekelompok orang untuk melintasi waktu.

Pengenalan artefak ini terjadi di Agent of SHIELD Season 5 Episode 1 , saat seorang Inhuman, Robin Hinton, menginformasikan akan adanya peristiwa bencana yang mengancam umat manusia.

Enoch dari Chronicom lalu mengirim sekelompok agen SHIELD ke tahun 2091 menggunakan Time Di’Alla, meninggalkan Leo Fitz , agar mereka bisa menemukan cara untuk mencegah malapetaka.

Selama mereka tinggal di masa depan, para agen SHIELD berhasil mendapatkan pecahan Time Di’Alla yang disimpan oleh True Believers di sisa-sisa Zephyr One , serta mesin yang terhubung ke pecahan tersebut yang seharusnya mereka gunakan untuk kembali ke rumah mereka.

Pertarungan para agen SHIELD di Chicago menandai akhir Time Di’Alla setelah dihancurkan oleh Melinda May. Walaupun sempat dibangun ulang namun hilang karena peristiwa di Agent of Shield Season 6 Episode 13 .

3. Zephyr One, Time Drive, dan Time Streaming

https://www.youtube.com/embed/y_jRP2PXx04

Agent of Shield Season 6 Episode 13 juga menandai kemunculan alat transportasi waktu, saat Fitz dan Simmons kembali ke galaksi yang jauh di mana mereka menghabiskan empat tahun mencoba membangun mesin waktu memodifikasi  Phase Harmonic Teleportation Device dari Zephyr One agar bisa melakukan perjalanan waktu.

Agent of Shield Season 7 Episode 13memperlihatkan Fitz telah berhasil menciptakan Time Drive di tahun 2023 dan menggunakannya bersama Zephyr One untuk melakukan perjalanan waktu.

Agent of Shield Season 7 Episode 13 menampilkan Time Streaming, alat yang digunakan oleh Chronicoms untuk membaca cabang Multiverse, memungkinkan mereka untuk melihat timeline masa depan.

4. Mesin waktu buatan Victor Stein dan buatan anaknya, Chase Stein

https://www.youtube.com/embed/F7OSysgO-T0
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

DiRunaways season 1 episode 5, Victor Stein menciptakan mesin waktu yang seharusnya dapat menerima pesan dari masa depan dengan menggunakan teori berdasarkan interaksi antara gravitasi, cahaya dan waktu.

Ia menguji mesin waktu tersebut dengan putranya Chase Stein , dan meskipun dia menganggapnya tidak berfungsi, mesin itu memang menampilkan gambar kehancuran Los Angeles , yang bisa saja terjadi karena aktivitas PRIDE .

Di Runaways Season 3 episode 10, Chase Stein menghabiskan satu dekade merancang mesin waktu portabel yang ingin dia gunakan untuk kembali ke masa lalu dan mencegah kematian Yorkes akibat dari cedera yang ditimbulkan Enchantress saat pertempuran antara geng Runaways dan Morgan le Fay .

5. Quantum Realm

https://www.youtube.com/embed/BxZEhwOjjXg

Agent of Shield Season 7 Episode 11-12 memperlihatkan tahun 2023, di mana Leo Fitz dan Jemma Simmons membangun Terowongan Kuantum yang memberi mereka akses ke Alam Kuantum .

Di Avengers : Endgame, pada tahun 2023, lima tahun setelah Snap Thanos, Scott Lang memberi tahu Avengers bahwa waktu bekerja secara berbeda di Quantum Realm dan jika mereka dapat menavigasinya, mereka dapat melakukan perjalanan ke masa lalu ke waktu sebelum serangan Thanos.

Avengers menyadari bahwa mereka tidak dapat mengubah masa lalu dari garis waktu mereka dan benar-benar akan berakibat pada garis waktu alternatif.

Dengan bantuan Tony Stark dan Bruce Banner, Avengers membuat Quantum Tunnel, Advanced Tech Suits dan Time-Space GPS untuk memulai Time Heist, di mana mereka akan menggunakan Alam Kuantum untuk mendapatkan seluruh Infinity Stone dari masa lalu berbeda, membawa mereka ke timeline dan membangkitkan setengah populasi alam semesta.

6. Tempad, Proyektor Holo, dan Pintu Waktu TVA

https://www.youtube.com/embed/nW948Va-l10

Dampak dari Time Heist saat Loki kabur membawa Tesseract di tahun 2012, muncul di serial Loki . Serial ini memperkenalkan adanya institusi superpower bernama TVA yang mengontrol timeline. Untuk melaksanakan tugas mereka, mereka memiliki beberapa alat pendukung.

TVA Holoprojector adalah perangkat yang digunakan oleh Time Variance Authority untuk memproyeksikan rekaman masa lalu, sekarang, dan masa depan seseorang.

TemPad adalah perangkat dibuat pada abad ke-31 oleh varian dari He Who Remains , yang memungkinkan dia untuk membuat Timedoors , yang memungkinkan seseorang untuk melakukan perjalanan tidak hanya untuk setiap titik waktu, tetapi untuk timeline alternatif juga.

Setelah He Who Remains mendirikan Time Variance Authority , agen TVA dilengkapi dengan TemPads sehingga mereka dapat menghasilkan Timedoors dan melakukan perjalanan melalui waktu, menangkapi Varian dan memangkas garis waktu alternatif sesuai keinginan He Who Remains.

7. Rune of Caf Kal

https://www.youtube.com/embed/NVUjfJYxyLU

Di Spider-man : No Way Home , sayang sekali Dr. Strange sudah tak memiliki lagi Time Stone untuk membantu Peter Parker. Namun karena celetukan Wong, Dr. Strange jadi punya gagasan lain, yakni menggunakan mantra Rune of Caf Kal untuk mengkoreksi ingatan warga seluruh dunia tentang Peter Parker sebagai Spider-man.

Kekacauan saat merapalkan mantra Rune of Caf-Kal inilah yang menyebabkan “bocor”-nya multiverse, sekaligus sesuatu yang akan diperdalam lewat film Marvel Doctor Strange in the Multiverse of Madness .

Apalagi selanjutnya?

https://www.youtube.com/embed/Rt_UqUm38BI

Selain berbagai teori fisika, sihir ternyata adalah cara lainnya. Loki dan No Way Home menegaskan bahwa berbagai varian dari satu karakter yang berasal dari percabangan timeline berbeda dapat muncul dan berinteraksi dalam satu ruang dan waktu.

Showrunner Loki, Michael Waldron telah dipasang untuk menulis Doctor Strange in the Multiverse of Madness , mengisyaratkan bahwa akan adanya nada yang sama dan bahkan plot yang berhubungan dengan kedua proyek tersebut (Waldron dan Russo bersaudara pernah juga menulis untuk Community dan Rick and Morty).

Film sekuel Doctor Strange perjalanan melintasi multiverse yakni melalui karakter American Chavez yang memiliki kemampuan melakukan perjalanan multiverse menggunakan portal bintang ikoniknya. 

Film ini juga mengikutsertakan Wanda Maximoff, yang telah mengetahui bahwa dirinya adalah seorang Scarlet Witch setelah akhir dari serial WandaVision. Sihirnya yang mampu mengubah realitas penduduk setempat, membuat Stephen Strange tampaknya butuh bantuannya.

Thor: Love and Thunder yang direncanakan rilis tahun 2022 juga berpotensi akan memunculkan gagasan multiverse lainnya, memungkinkan varian Loki hadir di film tersebut.

Shandy Sanjaya Photo Community Writer Shandy Sanjaya

Bachelor of psychology with interest in writing. Full time dad & online seller.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya