IDCamp x Kadin 2023 Bidik Talenta Digital, Kembangkan Teknologi Informasi

Diikuti lebih dari 3.000 peserta

Semarang, IDN Times - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) mengajak para peserta IDCamp X Kadin 2023 untuk mengembangkan sistem yang bermanfaat bagi sektor pertanian, perikanan dan UMKM Indonesia. Para talenta digital tersebut diajak mengikuti program IDCamp X Kadin Tech Challenge: Menuju Indonesia Emas 2045. 

1. Kembangkan sistem yang bermanfaat untuk 3 sektor

IDCamp x Kadin 2023 Bidik Talenta Digital, Kembangkan Teknologi InformasiPresident Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha saat Media Update yang diadakan di Jakarta, Senin (10/4/2023). (IDN Times/tangkapan layar IOH/Anggun Puspitoningrum)

Penerima beasiswa IDCamp X Kadin tingkat dasar, pemula, maupun menengah dapat mengikuti dan menerapkan keterampilan mereka dalam mengembangkan sistem yang bermanfaat bagi sektor pertanian, perikanan, serta UMKM Indonesia. 

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha mengatakan, program tersebut merupakan komitmen Indosat dan Kadin untuk memenuhi kebutuhan talenta digital di Indonesia dengan mengedepankan kolaborasi yang berkelanjutan. 

‘’Tidak hanya berfokus pada peningkatan keterampilan para peserta, program ini juga menawarkan prospek untuk integrasi langsung ke dalam industri, salah satunya melalui IDCamp X Kadin Tech Challenge ini. Kami senang melihat antusiasme para peserta dan kami semakin optimis bahwa Indonesia akan menjadi pusat kekuatan talenta digital di Asia Pasifik,” katanya dalam acara secara daring, Senin (10/4/2023). 

Baca Juga: IOH Gandeng Vidio Hadirkan Tontonan Piala Dunia Qatar 2022 Dalam Genggaman

2. Wujudkan visi Indonesia Emas 2045

IDCamp x Kadin 2023 Bidik Talenta Digital, Kembangkan Teknologi InformasiKetua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Arsjad Rasjid saat Media Update yang diadakan di Jakarta, Senin (10/4/2023). (IDN Times/tangkapan layar IOH/Anggun Puspitoningrum)

Program kolaborasi Indosat dengan Kadin Indonesia ini melibatkan peserta dari Solo, Makassar, Medan dan lainnya. Sebanyak 3.000 peserta akan mengikuti Kadin Tech Challenge untuk mengembangkan berbagai sistem baik itu berupa database, sistem berbasis web, bahkan berbentuk aplikasi, untuk meningkatkan industri pertanian, perikanan, dan UMKM.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid mengatakan, pihaknya menyambut baik program tersebut untuk bergotong royong mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. 

‘’Dalam program ini kami memfokuskan pada tiga sektor. Ketiga sektor tersebut masih membutuhkan banyak dukungan untuk dapat bergerak lebih maksimal. Hal inilah yang mendasari inisiasi transformasi digital agar lebih produktif di tiga sektor tersebut,’’ katanya.

3. Pengumuman pemenang pada Agustus 2023

IDCamp x Kadin 2023 Bidik Talenta Digital, Kembangkan Teknologi Informasiilustrasi generasi milenial bermain sosial media (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tiga sektor, yakni pertanian, peternakan, dan UMKM ini adalah tulang punggung perekonomian Indonesia. Khususnya UMKM sendiri memiliki kontribusi besar dalam mendominasi struktur usaha Indonesia serta menyerap 97 persen tenaga kerja. Pertanian dan perikanan juga memiliki peran penting untuk menjaga ketahanan pangan.

Sementara, para peserta dapat mengikuti tantangan ini sejak 10 April hingga Agustus 2023. Setelahnya mereka akan melewati proses penjurian dan pengumuman pemenang akan dilakukan pada Agustus 2023. Berbagai hadiah menarik tersedia untuk 20 pemenang terpilih.

Baca Juga: Paket Data Nonton Bola Piala Dunia 2022 Qatar dari IOH Cukup Rp49 Ribu

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya