Mal di Semarang Sediakan Antiseptik, Waspada Penularan Virus Corona!  

Dipasang hingga Indonesia bebas corona

Semarang, IDN Times - Mencegah penyebaran virus corona, sejumlah Mal di Kota Semarang menyediakan hand sanitizer atau cairan antiseptik untuk pengunjung. Upaya itu dilakukan sejak Presiden RI Jokowi mengeluarkan pernyataan bahwa ada dua WNI yang terinfeksi Covid 19.

Berdasarkan pantauan IDN Times, Kamis (5/3), mal yang menyediakan cairan pembersih tangan tanpa bilas itu antara lain, Mal Ciputra dan Duta Pertiwi (DP) Mal Semarang.

1. Mal pasang antiseptik di setiap pintu masuk

Mal di Semarang Sediakan Antiseptik, Waspada Penularan Virus Corona!  IDN Times/Anggun Puspitoningrum

Kedua mal tersebut memasang cairan antiseptik di setiap pintu masuk. Untuk di Mal Ciputra, ada lima titik pintu masuk yang tersedia gel pembersih tangan. Sedangkan di DP Mal, enam botol hand sanitizer yang dipasang di pintu masuk.

Head of DP Mal Semarang, Antonius Budiawan mengatakan, pihaknya menyediakan antiseptik untuk pengunjung sejak diumumkannya positif corona di Indonesia oleh Presiden Jokowi.

‘’Setelah Pak Jokowi mengeluarkan pernyataan bahwa ada dua WNI positif corona, Senin (2/3), kami langsung pasang dan menyosialisasikan melalui media sosial yang dimiliki DP Mal,’’ ungkapnya saat dihubungi, Kamis (5/3).

Baca Juga: Mahasiswa Semarang Sukses Sulap Daun Jati Jadi Sabun Antiseptik

2. Kampanye Biasakan Cuci Tangan

Mal di Semarang Sediakan Antiseptik, Waspada Penularan Virus Corona!  IDN Times/Anggun Puspitoningrum

Upaya itu juga dilakukan Mal Ciputra dengan memasang hand sanitizer bagi pengunjung di titik lain selain pintu masuk seperti di food court. Di samping botol gel pembersih tangan pihak mal juga memasang informasi tentang bagaimana mencuci tangan yang benar.

‘’Jadi tidak sekadar menyediakan kami juga memberitahu cara dan langkah-langkah bagaimana cuci tangan dengan cairan antiseptik tersebut,’’ kata Public Relation Mal Ciputra, Aisa R Jusmar saat ditemui.

Sebagai ruang publik baik Mal Ciputra ataupun DP Mal bertanggung jawab untuk mengedukasi pengunjung agar lebih peduli terhadap kebersihan dan kesehatan di tengah merebaknya virus corona. 

3. Akan periksa suhu tubuh pengunjung mal

Mal di Semarang Sediakan Antiseptik, Waspada Penularan Virus Corona!  IDN Times/Anggun Puspitoningrum

Anton menjelaskan, pihaknya menempatkan petugas di lobi untuk memberikan arahan atau imbauan kepada seluruh pengunjung bahwa di DP Mall menyediakan hand sanitizer. Adapun, fasilitas ini dapat dipergunakan oleh seluruh pengunjung maupun karyawan yang bekerja di DP Mal.

‘’Selain itu, kami juga mengimbau kepada seluruh tenant yang ada untuk lebih mewaspadai kebersihan, maupun kondisi karyawan yang bertugas. Dalam waktu dekat kami juga akan melaksanakan pemeriksaan suhu tubuh kepada semua yang akan memasuki area DP Mal. Hal ini untuk meminimalisir penyebaran virus corona di Semarang pada khususnya,’’ jelasnya.

Sementara, kedua mal berkomitmen akan terus menyediakan cairan pembersih tangan tanpa bilas bagi pengunjung sampai benar-benar Indonesia bebas dari virus corona.

Baca Juga: Harga Empon-empon di Kudus Naik, Dipercaya Bisa Tangkal Virus Corona

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya