Mulai 24 September, 2.300 Pedagang Balik ke Pasar Johar Renovasi

Penempatan pedagang dengan sistem zonasi

Semarang, IDN Times - Pembangunan Pasar Johar Semarang rampung pada tahun 2021 ini. Sebanyak 2.300 pedagang akan kembali dari Pasar Johar relokasi ke Pasar Johar renovasi mulai Jumat (24/9/2021) mendatang.

1. Pedagang akan ditempatkan di tiga lokasi

Mulai 24 September, 2.300 Pedagang Balik ke Pasar Johar RenovasiIlustrasi Pasar (IDN Times/Besse Fadhilah)

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi memastikan pemindahan pedagang tersebut saat melakukan peninjauan ke bangunan Pasar Johar yang selesai direnovasi, Kamis (9/9/2021).

‘’Saya ingin memastikan kesiapan proses pemindahan pedagang ke Pasar Johar yang rencananya akan dilaksanakan pada 24 September mendatang,’’ ungkapnya dalam keterangan resmi, Kamis (9/9/2021).

Tercatat kurang lebih 2.300 pedagang akan mulai dipindahkan ke salah satu bangunan cagar budaya tersebut dalam tiga lokasi. Sebanyak 1.500 pedagang akan ditempatkan di Johar Utara dan Tengah, sedangkan sisanya akan ditempatkan di Kanjengan.

Baca Juga: Pasar Jadi Tempat Penularan 47 Klaster Keluarga COVID-19 di Semarang

2. Johar Selatan akan selesai pada bulan November mendatang

Mulai 24 September, 2.300 Pedagang Balik ke Pasar Johar RenovasiPara pedagang cabai di Pasar Johar Baru MAJT. IDN Times/Fariz Fardianto

"Sebanyak 1.500 pedagang nantinya akan menempati lokasi di Johar Utara dan Tengah. Kemudian, di Kanjengan sendiri ada sekitar 700 pedagang,’’ tuturnya.

Penempatan kembali pedagang tersebut dilakukan setelah beberapa pembangunan di kawasan Johar telah selesai dikerjakan. Saat ini untuk Johar Utara, Johar Tengah serta Kanjengan sudah jadi dan bisa ditempati pedagang. Sedangkan, Johar Selatan diperkirakan akan selesai pada bulan November mendatang.

Adapun, penempatan pedagang di Pasar Johar dan Kanjengan akan menggunakan sistem zonasi. Sesuai rencana, akan ada zona kering untuk Johar Utara, zona basah untuk Johar Tengah, serta Johar Selatan yang semula khusus untuk hasil bumi nantinya akan dipindahkan.

3. Jumlah pedagang yang menempati Pasar Johar akan terus bertambah

Mulai 24 September, 2.300 Pedagang Balik ke Pasar Johar RenovasiIlustrasi Pasar (IDN Times/Besse Fadhilah)

Sementara itu, Hendi menambahkan, jika pada akhir tahun 2021 akan ada 600 pedagang lagi yang dapat terakomodir setelah pembangunan Johar Selatan selesai. Kemudian, untuk sekitar 700 pedagang yang belum mendapatkan tempat akan diakomodir setelah rehab shopping center selesai dikerjakan, yang diperkirakan dapat rampung pada bulan April 2022.

‘’Pembangunan Pasar Johar yang telah diupayakan ini sudah terlaksana sesuai jadwal yang ditetapkan. Insya Allah kita bisa segera memindahkan pedagang sesuai dengan rencana yang kita susun,” tandasnya.

Baca Juga: 10 Potret Unik Pedagang Pasar Semarang Rayakan HUT RI Ke-76, Kocak Abis! 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya