Semarang jadi Tuan Rumah Konvensi Humas Indonesia 2023, Ini Agendanya 

Digelar 1–2 September 2023

Semarang, IDN Times - Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) akan menggelar Konvensi Humas Indonesia (KHI) pada 1–2 September 2023. Kali ini Kota Semarang menjadi tuan rumah dari kegiatan yang mengangkat tema Maju Bersama untuk Indonesia.

1. Peluncuran Perhumas Indicators

Semarang jadi Tuan Rumah Konvensi Humas Indonesia 2023, Ini Agendanya Perhumas meluncurkan logo Konvensi Humas Indonesia. (dok. Perhumas)

Ketua Umum Perhumas, Boy Kelana Soebroto mengatakan, sejumlah agenda akan diselenggarakan pada KHI di Kota Semarang. Selain itu, juga akan dihadiri oleh para praktisi komunikasi, akademisi dari dalam dan luar negeri, serta aparatur pemerintah yang berhubungan dengan fungsi dan peran komunikasi.

‘’Adapun, agenda penting dari KHI adalah peluncuran Perhumas Indicators yang akan menjadi pelengkap rekomendasi dari Perhumas. Perhumas Indicators ini akan menjadi acuan dalam membangun ‘Trust’ dan ‘Reputation’ bagi organisasi atau korporasi sehingga memudahkan dalam proses pengambilan keputusan bagi pimpinan puncak,’’ ungkapnya dalam keterangan resmi, Sabtu (8/7/2023).

Selain itu, lanjut Boy, Perhumas Indicators adalah suatu indikator baru yang dikembangkan oleh Perhumas untuk mengukur efektivitas dan efisiensi kegiatan humas. Indikator-indikator yang termasuk di dalamnya telah dikontribusikan oleh para ahli dan praktisi humas terkemuka di Indonesia.

Baca Juga: Era Digital Bukan Ancaman Bagi Humas, Ini Cara Agar Bisa Adaptasi  

2. Humas memiliki peran dan tanggung jawab besar

Semarang jadi Tuan Rumah Konvensi Humas Indonesia 2023, Ini Agendanya Ketua Umum Perhumas, Boy Kelana Soebroto. (dok. Perhumas)

Selanjutnya melalui kegiatan KHI ini, Perhumas sekaligus merefleksi bahwa insan humas memiliki peran dan tanggung jawab yang besar. Hal itu di antaranya dalam membangun dan meneguhkan kepercayaan serta reputasi terhadap bisnis dan kehidupan sosial. Selain itu, juga terkait bagaimana komunikasi strategis dari seluruh aspek transformasi tersebut bisa jelas dan terukur.

“Memasuki usia ke-51, Perhumas mulai memperluas kapasitas dan perannya di tataran
regional dan internasional. Itu sebabnya Perhumas harus mampu menghasilkan karya-
karya yang menjadikan peran humas atau praktisi komunikasi di tataran strategis. Salah satunya kemampuan menghasilkan survei untuk menjadi panduan dalam proses
pengambilan keputusan bisnis dan praktek komunikasi lainnya,’’ jelas Boy.

3. Agenda KHI Perhumas di Semarang

Semarang jadi Tuan Rumah Konvensi Humas Indonesia 2023, Ini Agendanya Ketua Umum Perhumas Boy Kelana Soebroto melantik Pengurus BPC Perhumas Semarang periode 2022–2025 di Hotel Grand Candi Semarang, Sabtu (4/3/2023). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Sementara, alasan Perhumas memilih Kota Semarang sebagai tuan rumah KHI karena Ibu Kota Jawa Tengah ini memiliki peran sentral dalam peningkatan pembangunan ekonomi sosial kemasyarakatan dan kota yang memiliki toleransi sangat tinggi.

Adapun, berikut rangkaian kegiatan dan agenda KHI di Semarang di antaranya peluncuran Perhumas Indicators, Pertemuan Humas Muda (PEMUDA) Indonesia, Anugerah Perhumas (penghargaan tertinggi bagi perorangan dan lembaga), dan Perhumas PR Excellence Award atau ajang penghargaan definitif bagi insan kehumasan dan praktisi). 

Baca Juga: 9 Tempat Wisata Semarang Yang Paling Hits dan Ikonik!

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya