Comscore Tracker

Tahap Ke-4, 250 Ribu Bantuan Bagi Warga Semarang Terdampak COVID-19

Pemkot bagikan 130 ribu paket sembako

Semarang, IDN Times - Bantuan sosial bagi warga terdampak COVID-19 di Kota Semarang kembali didistribusikan. Pada tahap ke-4 atau periode Juli ini sebanyak 250 ribu bantuan disalurkan paling lambat selesai minggu ini.

1. Pemkot Semarang bagikan 130 ribu paket sembako

Tahap Ke-4, 250 Ribu Bantuan Bagi Warga Semarang Terdampak COVID-19Ilustrasi penerima bantuan sosial untuk warga terdampak COVID-19 (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, pada tahap ke-4 atau periode Juli ini Pemkot Semarang menyalurkan bantuan sosial sebanyak 130 ribu paket sembako. ‘’Bantuan sembako ini diberikan kepada warga yang belum mendapatkan bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial,’’ ungkapnya dalam keterangan resmi, Rabu (5/8/2020).

Berdasarkan data Dinas Sosial Kota Semarang, sebanyak 250 ribu bantuan sosial untuk warga terdampak COVID-19 itu terdiri atas 130 ribu paket sembako dari Pemkot Semarang dan 120 ribu bantuan berupa uang tunai dari BST Kementerian Sosial.

Baca Juga: Bantuan Sosial Tunai di Semarang Ditambah Jadi 114 Ribu  

2. Bantuan tahap ke-5 akan disalurkan akhir Agustus 2020

Tahap Ke-4, 250 Ribu Bantuan Bagi Warga Semarang Terdampak COVID-19Ilustrasi penerima bantuan sosial. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Lelaki yang akrab disapa Hendi itu menuturkan, untuk bantuan tahap ke-5 akan disiapkan akhir Agustus nanti. Adapun, sesuai rencana Pemkot Semarang akan memberikan bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak COVID-19 hingga Desember mendatang.

"Setelah menyalurkan bantuan periode Juli ini, kami segera menyiapkan bantuan bulan Agustus. Ya, paling sekitar tanggal 20 Agustus mulai kami salurkan,’’ katanya. 

Pembagian bantuan sosial tahap ke-4 ini ditargetkan selesai pekan ini. Sebab, dari 16 kecamatan, masih ada empat kecamatan yang belum terdistribusi.

3. Mekanisme penyaluran bantuan pemkot didistribusikan melalui kelurahan

Tahap Ke-4, 250 Ribu Bantuan Bagi Warga Semarang Terdampak COVID-19Bantuan program jogo tonggo dari donatur akan dibagikan oleh Kelurahan Jangli Semarang. IDN Times/Anggun Puspitoningrum

Kepala Dinas Sosial Kota Semarang, Muthohar mengatakan, mekanisme pembagian bantuan dari pemkot kemudian disalurkan ke kelurahan. Kemudian, kelurahan akan berkoordinasi dengan RT untuk pembagian langsung kepada warga yang sudah terdaftar. 

"Tahap ke-4 tinggal empat kecamatan saja. Paling lambat Jumat sudah terdistribusi semua," katanya saat dihubungi.

4. Penerima manfaat BST akan menerima Rp300 ribu pada periode berikutnya

Tahap Ke-4, 250 Ribu Bantuan Bagi Warga Semarang Terdampak COVID-19Dok. Pemkot Semarang

Sementara itu, untuk BST dari Kementerian Sosial sebesar Rp 600 ribu per bulan per keluarga penerima manfaat sudah selesai didistribusikan melalui Pos Indonesia maupun bank Himbara.

‘’Setelah periode Juli ini, Kementerian Sosial akan melanjutkan pemberian BST namun dengan nominal yang berbeda, yakni hanya Rp 300 ribu. Hanya saja, informasi secara detail terkait data penerima bantuan dan waktu penyaluran belum diketahui,’’ ungkap Muthohar. 

Baca Juga: Terdampak Corona, Supir Angkot dan Penjual Gorengan Lega Terima BST

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya