Comscore Tracker

Pensiunan Polisi di Semarang Tertangkap Mengemis Jadi Manusia Silver

Malu minta tolong ke keluarga dan rekan kerja

Semarang, IDN Times - Viral seorang pensiunan polisi berpngkat Aipda ditangkap Satpol PP Kota Semarang karena mengemis menjadi "manusia silver".

Aipda (purn) Agus Dartono (61) warga Sendang Mulyo, Tembalang ini mengaku mengemis di jalanan karena impitan ekonomi di tengah pandemi. Agus sempat terjaring razia petugas Satpol PP di perempatan Jalan Arteri Yos Sudarso, Semarang Barat.

Baca Juga: Dokter di Semarang Tersangka, Terekam Lakukan Hal Mesum ke Istri Teman

1. Berusaha lari dari kejaran petugas Satpol PP

Pensiunan Polisi di Semarang Tertangkap Mengemis Jadi Manusia SilverSatpol PP Kota Semarang melakukan sidak ke Mal Tentrem Semarang. Dok. Satpol PP Kota Semarang

Saat ditangkap Satpol PP Agus yang membawa kotak, berpakaian lusuh dengan cat silver yang masih melekat di tubuhnya berusaha kabur dari kejaran petugas.

Agus akhirnya ditangkap dan dibawa oleh petugas ke mobil patroli Satpol PP Kota Semarang.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iqbal Alqudusy membenarkan adanya pensiunan polisi yang ditangkap saat menjadi manusia silver di Semarang.

2. Agus Mendapat perhatian dari Kapolda Jateng dan Kapolrestabes Semarang

Pensiunan Polisi di Semarang Tertangkap Mengemis Jadi Manusia SilverKapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi saat memberikan pengarahan kepada personel Brimob di Gunung Kendil Boyolali. Dok Humas Polda Jateng

Menurut Iqbal, saat ini pensiunan polisi tersebut telah mendapat perhatian dan bantuan dari Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi.

"Sudah mendapat perhatian dari kapolda," kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Iqbal Alqudusy, Minggu (26/9/2021).

Kapolda melalui stafnya menurut Iqbal telah mengirimkan bantuan sejumlah uang dan bahan kebutuhan pokok ke rumah pensiunan polisi tersebut.

Berdasar informasi, Agus terakhir berdinas di Poslantas Tembalang. Agus bertugas menjadi polisi sejak 1997 hingga 2016.

3. Malu minta bantuan saudara dan rekan kerja, terpaksa jadi manusia silver

Pensiunan Polisi di Semarang Tertangkap Mengemis Jadi Manusia SilverManusia silver di Palembang (Instagram/nuha.thoriq)

Dari keterangan Agus Dartono Ia mengaku terpaksa mencari nafkah dengan menjadi manusia silver karena himpitan ekonomi.

Purnawirawan polisi yang pernah bertugas sebagai polisi lalu lintas itu mengaku malu bila harus meminta tolong keluarga dan rekan-rekan kerjanya.

"Yang bersangkutan mengaku malu kalau meminta tolong kerabat atau rekan kerjanya," tambahnya.

Bantuan, kepada Agus Dartono juga mengalir dari Polrestabes Semarang. Menurut Iqbal, Agus dijadwalkan bertemu dangan Kapolrestabes Semarang untuk menerima bantuan serta tawaran pekerjaan guna memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca Juga: Gudang Uang Palsu di Boyolali Digerebek, Upal Diedarkan di Jabodetabek

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya