Comscore Tracker

Hidup Rukun, TPS Pilkada 2020 di Rembang Pakai Bangunan Kuno Tiongkok

Daerah ini menjadi salah satu kawasan pecinan di Rembang

Rembang, IDN Times -  Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Desa Babagan, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah berada di sebuah gedung pertemuan berarsitek Tiongkok. Gedung bernama Hoo Hap Hwe Kwan itu sebelumnya juga kerap digunakan pesta pernikahan.

1. Warga etnis Tionghoa hidup berdampingan dengan pribumi

Hidup Rukun, TPS Pilkada 2020 di Rembang Pakai Bangunan Kuno TiongkokSalah satu lokasi rumah tua di Lasem. DN Times/Larasati Rey

Daerah RT 02 RW 1 Desa Babagan dikenal banyak dihuni warga etnis Tionghoa. Mereka berdampingan rukun dengan warga pribumi.

Lebih dari itu, rumah-rumah mereka juga banyak berarsitek Tiongkok kuno. Makanya wilayah tersebut menjadi salah satu kawasan pecinan di Lasem, Kabupaten Rembang.

Baca Juga: Duh! Gak Ada Satupun Bendera Merah Putih Berkibar di Alun-Alun Rembang

2. Upaya pencegahan COVID-19 dilakukan untuk menjaga rasa aman warga

Hidup Rukun, TPS Pilkada 2020 di Rembang Pakai Bangunan Kuno Tiongkokrri.co.id

Sejak Rabu (9/12/2020) pagi, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) telah mempersiapkan perlengkapan pencoblosan dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Rembang 2020. Termasuk dengan upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Penyemprotan disinfektan lokasi TPS dilakukan panitia untuk memberi rasa aman warga yang hendak menyalurkan hak suaranya.

3. Ada 490.697 pemilih di Pilkada 2020 Rembang

Hidup Rukun, TPS Pilkada 2020 di Rembang Pakai Bangunan Kuno TiongkokIlustrasi pilkada serentak. IDN Times/Mardya Shakti

Ketua KPPS TPS 001 Desa Babagan, Kecamatan Lasem, Ari Nur Faidah mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan, terdapat empat petugas Linmas yang ditempatkan di TPS. Mereka bertugas menjaga keamanan, sekaligus mengingatkan warga agar tidak berkerumun, menjaga jarak, serta menggunakan masker.

"Setidaknya ada empat petugas Linmas, dua diantaranya dari dalam dan dua lainya dari luar. Kami juga menyampaikan pemilih datang sesuai jadwal yang tertera di undangan, " ujarnya melansir laman resmi Radio Republik Indonesia.

Untuk diketahui, KPU Kabupaten Rembang menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rembang 2020 mencapai 490.697 pemilih.

Baca Juga: Polisi Mapping Indikasi Penyalahgunaan Dana COVID-19 Rembang Rp73 M

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya