Comscore Tracker

Fakhrul Terseret Ombak Pantai Selatan Cilacap, 2 Hari Dicari Gak Ketemu

Fakhrul adalah sebagai siswa di Cilacap

CIlacap, IDN Times - Nasib apes dialami Fakhrul ketika sedang berlibur bersama teman-teman sekolahnya di Pantai Sodong, Desa Karangbenda, Adipala, Kabupaten Cilacap. Bocah laki-laki berusia 12 tahun tersebut terbawa ombak ketika sedang asyik bermain di pinggir Pantai Sodong. 

1. Fakhrul terseret ombak di muara pantai

Fakhrul Terseret Ombak Pantai Selatan Cilacap, 2 Hari Dicari Gak KetemuTim SAR Cilacap gabungan melihat deburan ombak Pantai Sodong. (Dok Humas Basarnas Cilacap)

Ceritanya berawal tatkala Fakhrul bersama delapan temannya berangkat ke Pantai Sodong naik mobil Koperades hari Minggu kemarin. Mereka berangkat dari rumahnya Desa Kesugihan Kidul, Kecamatan Kesugihan dan tiba di Pantai Sodong jam 07.00 WIB pagi. 

Selanjutnya, berdasarkan penuturan tim SAR Cilacap, rombongan anak-anak tersebut lantas asyik bermain air di muara Pantai Sodong. 

"Sampai di Pantai Sodong, anak-anak langsung bermain air di muara pantai. Terus pas jam 08.15 ada dua anak bernama Fakrul dan Uswa terseret arus laut. Seorang saksi mata yang melihat langsung berusaha menarik tubuh dua anak itu. Tapi, hanya bisa menolong satu korban bernama Uswa. Untuk korban atas nama Fakhrul terbawa arus dan sampai saat ini belum ditemukan," ujar Adah Sudarsa, Kepala Basarnas Cilacap dalam keterangan yang diterima IDN Times, Senin (3/10/2022). 

Baca Juga: Hilang di Pelabuhan Cilacap, Tubuh Nelayan Ditemukam Pakai Alat Ini

2. Sopir mobil Koperades sempat menolong korban

Fakhrul Terseret Ombak Pantai Selatan Cilacap, 2 Hari Dicari Gak KetemuPersonel SAR Cilacap memakai perahu karet saat menyusuri perairan Pantai Sodong. (Dok Humas Basarnas Cilacap)

Seorang saksi yang berusaha menolong atas nama Mugiono. Mugiono merupakan seorang sopir mobil Koperades. Ketika kejadian, Dalvin yang tak lain teman korban juga ikut membantu menolong korban. 

3. Satu regu cari Fakhrul pakai alat pendeteksi bawah laut

Fakhrul Terseret Ombak Pantai Selatan Cilacap, 2 Hari Dicari Gak KetemuDua personel SAR Cilacap bertanya ke nelayan untuk mencari keberadaan Fakhrul yang hilang terseret ombak Pantai Sodong. (Dok Humas Basarnas Cilacap)

Adah menjelaskan, proses pencarian terhadap Fakhrul dilakukan satu regu penyelamat dengan memakai peralatan seperti satu perahu karet, AquaEye yang dipakai mendeteksi di permukaan air, Underwater Searching Device untuk mendeteksi bawah laut, Rescue Nett, Alkom.

Tak cuma itu saja, ada juga personel yang memakai motor trail untuk menyisir pinggir pantai. Selain itu, personel lainnya membawa alat selam saat mencari tubuh Fakhrul di perairan Pantai Sodong. 

"Pencarian kita lakukan dengan penyisiran menggunakan Rubber Boat dan alat AquaEye dan Underwater Searching Device untuk mencari keberadaan korban di dalam air," bebernya. 

4. Hasil pencarian dua hari nihil

Fakhrul Terseret Ombak Pantai Selatan Cilacap, 2 Hari Dicari Gak KetemuDua personel SAR Cilacap pulang dengan tangan hampa karena belum berhasil menemukan Fakhrul yang terseret ombak Pantai Sodong. (Dok Humas Basarnas Cilacap)

Adapun unsur SAR gabungan terdiri Basarnas Cilacap, Bpbd Cilacap, Polsek Adipala, Koramil adipala, Cilacap Rescue, Rapi Cilacap, Banser, MTA dan nelayan sekitar.

Meski begitu, menurut Adah pencarian selama dua hari belum membuahkan hasil. Di hari Minggu kemarin pencarian dengan menyisir sekitar lokasi kejadian. Namun hasilnya nihil. Kemudian hari ini sampai jam 17.00 WIB upaya pencarian juga masih belum membuahkan hasil. 

"Proses pencarian dihentikan sementara. Pencarian akan dilanjutkan kembali pada besok pagi jam tujuh," paparnya. 

Baca Juga: Satu ABK yang Hilang di Perairan Pantai Sodong Cilacap Ditemukan Tim SAR

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya