Hari Pertama PKM di Semarang, Pemudik yang Lewat Tol Dihadang Petugas

Arus lalu lintas di Tol Kalikangkung Semarang turun drastis

Semarang, IDN Times - Pengelola ruas jalan Tol Kalikangkung di Ngaliyan, Semarang mengerahkan sejumlah petugas gabungan untuk mengadang para pemudik yang berdatangan dari arah Jakarta dan sekitarnya menuju Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah.

1. Kendaraan pribadi di Tol Kalikangkung diminta putar balik

Hari Pertama PKM di Semarang, Pemudik yang Lewat Tol Dihadang PetugasArus lalu lintas di Tol Banyumanik tampak lengang. Dok. Jasa Marga Banyumanik

Menurut Direktur Utama PT Jasa Marga Semarang-Batang, Arie Irianto para petugas di lapangan disiagakan guna menindaklanjuti upaya Pemkot Semarang yang mulai menerapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) secara serentak.

"Laju kendaraan pemudik yang datang dari arah barat Jakarta kita pantau, karena PKM telah diberlakukan di Semarang, maka setiap kendaraan pribadi yang lewat Tol Kalikangkung kita minta putar balik untuk kembali ke daerah asalnya," kata Arie kepada IDN Times dari sambungan telepon, Senin (27/4). 

Baca Juga: Takut Kena Virus Corona di Tol? Ini Langkah yang Disiapkan Jasa Marga

2. Arus lalu lintas menurun sampai 40 persen

Hari Pertama PKM di Semarang, Pemudik yang Lewat Tol Dihadang PetugasIlustrasi jalan tol (IDN Times/Besse Fadhilah)

Pihaknya menekankan bahwa proses pengadangan dilakukan secara berkala. Arie menyebut sampai saat ini arus kendaraan pemudik yang masuk Tol Kalikangkung Ngaliyan merosot drastis dari kondisi normal. Bila kondisi arus mudik tahun 2019 jumlah kendaraan pemudik di Tol Kalikangkung mencapai puluhan ribu unit, katanya, per hari ini turun hingga 40 persen.

"Kondisi arus lalu lintas terutama pemudik yang masuk ruas Tol Kalikangkung turun 40 persen," jelasnya.

3. Ada 2 pegawai Jasa Marga ODP virus corona

Hari Pertama PKM di Semarang, Pemudik yang Lewat Tol Dihadang PetugasIlustrasi virus corona. pixabay.com/blendertimer

Lebih jauh, pihaknya sejak 17 April 2020 kemarin sudah meliburkan semua pegawai Jasa Marga non-operasional. Hal itu dilakukan pasca adanya temuan dua pegawainya yang kedapatan sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP) dari hasil rapid test

"Seluruh pegawai kita yang non-operasional sudah diliburkan. Kita terapkan WFH sejak 17 April 2020 sampai 3 Mei 2020 karena dari rapid test ada dua pegawai kita yang ODP," akunya.

4. Para pengendara kendaraan dicek suhu tubuhnya masing-masing

Hari Pertama PKM di Semarang, Pemudik yang Lewat Tol Dihadang PetugasDua dokter berpakaian hazmat turut berjaga di Pos PKM Banyumanik. Dok Polsek Banyumanik

Sementara di ruas Gerbang Tol Banyumanik Semarang, Jasa Marga juga sudah menyiagakan petugasnya. Arus lalu lintas juga masih lengang.

Pihak Polsek Banyumanik melakukan hal semua. Panit Intel Polsek Banyumanik, Aiptu Hollan mengaku melakukan pengadangan pengguna jalan sejak pagi.

"Setiap pengendara kita berhentikan. Mereka dicek suhu tubuhnya oleh dua dokter yang bersiaga di Pos PKM Jalan Setiabudi (Semarang). Kita bagikan juga ratusan masker kepada pengendara motor," terangnya. 

Baca Juga: Batal PSBB, Kota Semarang Malah Terapkan PKM Mulai 27 April 2020

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya