Comscore Tracker

Hitung Cepat Pilkada 2020 di Jateng, Kader PPP Cuma Menang 2 Daerah

Meleset dari target awal kemenangan PPP

Semarang, IDN Times - Proses hitung cepat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 serentak di Jawa Tengah masih berlangsung. Berbagai klaim kemenangan terus bermunculan. Elite Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ikut merayakan kemenangan para pasangan calon (paslon) di 11 kabupaten/kota yang didukung.

"Dari 21 kabupaten/kota yang menggelar Pilkada serentak, partai kita yang mengusung dan mendukung pasangan calon meraih kemenangan di 11 wilayah," ungkap Ketua DPW PPP Jateng, Masrukhan Syamsurie saat dikonfirmasi IDN Times, Senin (14/12/2020). 

1. Kader PPP hanya menang di Rembang dan Pekalongan

Hitung Cepat Pilkada 2020 di Jateng, Kader PPP Cuma Menang 2 DaerahDok. Humas Pemkab Rembang

Pihaknya meyampaikan, dari banyaknya kemenangan terdapat dua kader asli dari partainya yang meraih kemenangan di dua kabupaten/kota. Masing-masing pasangan petahana atau incumbent Abdul Hafidz-M Hanies Cholil Barro sementara unggul tipis di Pilkada 2020 Kabupaten Rembang dan HA Afzan Arslan Djunaedi-Salahudin juga unggul sementara di Pilkada 2020 Kota Pekalongan.

"Kita masih cukup kokoh karena kita menang separuh dari jumlah daerah peserta Pilkada 2020. Tapi kita harus mengevaluasi karena kurangnya kader kami yang menang pada tahun ini. Ke depan, nantinya kita harus banyak mengusung kader kita sendiri. Sekarang hanya ada dua kader yang menang di Kota Pekalongan dan Kabupaten Rembang," bebernya. 

Baca Juga: Temukan Dugaan Kecurangan, Demokrat Minta Pemilihan Ulang di Rembang

2. Target kemenangan PPP di Pilkada 2020 meleset

Hitung Cepat Pilkada 2020 di Jateng, Kader PPP Cuma Menang 2 DaerahKetua PPP Jateng mengalungkan syal Palestina ke leher Gibran. Fariz Fardianto/IDN Times

Meski partainya terlihat kokoh pada Pilkada serentak di Jateng, pihaknya menegaskan belum bisa merealisasikan target yang digadang. Yakni bisa merebut 15 kemenangan dari 21 Pilkada kabupaten/kota yang digelar 2020.

"Ini belum sesuai target. Mestinya kita dapat kemenangan di 15 daerah," aku Masrukhan. 

3. PPP siap hadapi gugatan Demokrat soal dugaan kecurangan di Rembang

Hitung Cepat Pilkada 2020 di Jateng, Kader PPP Cuma Menang 2 DaerahIDN Times/Mulyani Citra Setiawati

Ihwal rencana paslon Harno-Bayu yang diusung Demokrat di Pilkada 2020 Rembang akan menggugat kemenangan kadernya, Masrukan menyatakan tidak mempermasalahkannya. 

Seperti diketahui, pengurus Partai Demokrat Jateng akan melaporkan sekaligus menggugat hasil kemenangan sementara calon petahana di Rembang. Pasalnya, paslon Harno-Bayu merasa dirugikan karena diduga melakukan kecurangan di Pilbup Rembang.

Baca Juga: Dibujuk Para Kiai, Putra Mbah Moen Taj Yasin Maju Jadi Calon Ketum PPP

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya