Comscore Tracker

Jepara dan Pemalang PPKM Level 3, Ganjar: Hati-hati COVID-19 Varian Baru

Ganjar pastikan belum ada penyekatan

Semarang, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta kepada Pemkab Jepara dan Pemkab Pemalang guna mewaspadai kemunculan virus Corona varian baru. Menurutnya dua kabupaten tersebut saat ini masih masuk status PPKM Level 3 sehingga segala kerawanannya mesti diwaspadai.

"Jadi kita lagi mencermati terus kemungkinan adanya varian baru. Alhamdulillah sampai saat ini di Indonesia belum ada. Maka kita hati-hati betul," ungkapnya, Minggu (5/12/2021).

1. Ganjar perintahkan petugas tegur warga yang tidak patuhi prokes

Jepara dan Pemalang PPKM Level 3, Ganjar: Hati-hati COVID-19 Varian BaruGubernur Jateng Ganjar Pranowo ketika membahas persoalan jalan raya dengan Bupati Sukoharjo. Dok Humas Pemprov Jateng

Ia mengatakan bagi dua kabupaten yang masih termasuk PPKM Level 3, saat ini yang perlu dilakukan adalah pengetatan protokol kesehatan. 

Ganjar bilang masyarakat setempat tidak boleh mengabaikan protokol kesehatan. Kalau ada yang tidak menaati prokes, maka petugas jangan segan menegur bahkan meminta putar balik.

Baca Juga: Warga Keling Jepara Digerebek, Seorang Jadi Buron

2. Obyek wisata Pemalang dan Jepara harus dipantau jelang Nataru

Jepara dan Pemalang PPKM Level 3, Ganjar: Hati-hati COVID-19 Varian BaruGoogle

Lebih lanjut, ia memaparkan obyek wisata di Jepara dan Pemalang juga harus diatur. Ia sudah memerintahkan Dinas Pariwisata untuk menyiapkan antisipasi menjelang libur Natal dan pergantian tahun 2021.

"Apalagi ini jelang libur akhir tahun, itu biasanya ramai. Maka saya minta diatur jumlahnya, prosentasenya, flownya sesuai dengan ketentuan," ungkap Ganjar.

3. Ganjar: Belum ada penyekatan

Jepara dan Pemalang PPKM Level 3, Ganjar: Hati-hati COVID-19 Varian BaruDok. Humas Pemprov Jateng

Tak cuma itu saja, ia juga meminta semua daerah ikut mengantisipasi terjadinya lonjakan mobilitas masyarakat jelang Natal dan pergantian tahun. Ia mengklaim bersama Kapolda Jateng telah berkoordinasi dan menyiapkan skenario-skenario terburuk. Skenario penyekatan mungkin dilakukan jika nanti terjadi perpindahan besar.

"Kalau penyekatan sampai hari ini kami belum ambil kebijakan itu. Maka kita hanya meminta pengertiannya dari seluruh kelompok masyarakat agar merayakan Natal dan Tahun Baru di tempatnya masing-masing," terangnya.

4. Ganjar sebut vaksinasi sudah banyak, ayo digenjot

Jepara dan Pemalang PPKM Level 3, Ganjar: Hati-hati COVID-19 Varian BaruGubernur Jateng Ganjar Pranowo saat memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Karangayu Semarang. Dok Humas Jateng

Ganjar menambahkan kini telah menginstruksikan kepada wilayah dengan level PPKM yang tinggi, supaya dilakukan pengetatan yang serius. Mulai di pasar, restoran, tempat wisata dan lainnya harus diatur agar protokol kesehatannya benar-benar diterapkan.

"Untuk daerah yang levelnya tinggi, saya minta ditangani serius. Karena itu kan ada syaratnya untuk menurunkan levelling, salah satunya percepatan vaksinasi untuk lansia. Vaksin sekarang sudah banyak, maka ayo digenjot," tukasnya. 

Baca Juga: Ganjar Ingatkan Syarikat Islam Hadapi Society 5.0, Perlu Rangkul Millennial

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya