Comscore Tracker

Jokowi-Ma'ruf Menang Telak di 24 Kota/Kabupaten di Jateng

Suara masuk mencapai 85 persen

Semarang, IDN Times -Pasangan calon nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf sementara menyapu bersih suara di 24 dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah dalam rekapitulasi penghitungan suara di KPU Jateng, Jumat (10/5).

 

Baca Juga: Penemuan Ribuan C1 di Jakarta Tak Ganggu Rekapitulasi di KPU Jateng 

1. Jokowi raup 14.397.083 suara, Prabowo raih 4.210.890 suara

Jokowi-Ma'ruf Menang Telak di 24 Kota/Kabupaten di JatengIDN Times/Nugroho Adi Purwoko

Berdasarkan data sementara, pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul jauh di seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah dengan perolehan 14.397.083 suara, sementara Prabowo-Sandi hanya meraup 4.210.890 suara.

Perolehan suara ini berdasarkan data per 10 Mei 2019 pukul 10:45:04 WIB di situs resmi kpu.go.id yang masuk dari 85 persen dari total 115.407 TPS di seluruh Jawa Tengah.

Sementara itu, menurut Koordinator Data dan Informasi KPU Jateng, Paulus Widiyantoro, rekapitulasi penghitungan suara pada hari keempat sudah menyelesaikan delapan kabupaten. Yaitu Grobogan, Wonosobo, Pemalang, Purbalingga, Banjarnegara, Brebes, Jepara, dan Kabupaten Kebumen.

 

2. Tinggal menyisakan penghitungan suara empat daerah

Jokowi-Ma'ruf Menang Telak di 24 Kota/Kabupaten di JatengIDN Times/Rangga Erfizal

Baca Juga: Hasil Rekapitulasi Provinsi, Jokowi-Ma'ruf Amin Unggul di 4 Wilayah

Berdasarkan rekapitulasi KPU Jateng sampai Kamis malam, Jokowi menang di Grobogan dengan perolehan Grobogan 735.446 suara, Prabowo mendapat 124.977 suara. Di Kabupaten Jepara, Jokowi meraup 595.368 suara, sedangkan Prabowo meraih 114.668 suara.

Paulus menyampaikan pada hari terakhir, yaitu Jumat (10/5) KPU tinggal menyisakan rekapitulasi empat daerah, yaitu Wonogiri, Kota Semarang, Kota Surakarta, dan Boyolali. Dia melanjutkan penghitungan suara akan selesai paling lambat Jumat siang. 

"Kita targetkan penghitungan selesai paling lambat siang ini," ujarnya.

 

3. Jokowi unggul sejak hari pertama rekapitulasi

Jokowi-Ma'ruf Menang Telak di 24 Kota/Kabupaten di JatengANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Paulus mengatakan keunggulan Jokowi-Ma'ruf di Jateng terjadi sejak hari pertama penghitungan pada Senin (6/5). Saat itu KPU menyelesaikan  rekapitulasi penghitungan suara tujuh daerah. Pada hari kedua, paslon Jokowi-Maru Amin kembali unggul dengan menyapu bersih tujuh kabupaten.

"Pada hari kedua sebenarnya ada delapan kabupaten yang direkapitulasi, tapi yang Kabupaten Sukoharjo dipending karena masih ada masalah. Sekarang tinggal menunggu hasil penghitungan empat daerah," kata Paulus. 

Baca Juga: Bawaslu Boyolali Temukan Perbedaan C1-nya dengan C1 Menteng

Topic:

Berita Terkini Lainnya