Jokowi Perintahkan Gubernur dan Walikota Sambungkan 4 Kawasan Ini Dengan Jalan Tol

Jokowi hari ini resmikan operasional Tol Sayung-Demak

Semarang, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan pengoperasian Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II Ruas Sayung-Demak pada hari ini, Sabtu (25/2/2023). 

Dalam acara peresmian itu, Presiden Jokowi juga didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ART/BPN, Hadi Tjahjanto serta jajaran terkait lainnya. 

1. Proyek Tol Sayung-Demak habiskan biaya Rp5,9 triliun

Jokowi Perintahkan Gubernur dan Walikota Sambungkan 4 Kawasan Ini Dengan Jalan TolPresiden Jokowi saat meresmikan Tol Semarang-Demak Seksi Sayung yang didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto. (IDN Times/Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Presiden Ketujuh Indonesia tersebut menyatakan, dengan diresmikan Ruas Tol Sayung-Demak maka per hari ini sudah dapat dioperasikan dengan panjang jalan coba 16,01 kilometer. 

“Alhamdulillah pada siang hari ini, jalan tol Semarang-Demak Seksi II Ruas Sayung-Demak sudah selesai dan siap dioperasikan dengan jarak sepanjang 16,01 kilometer yang menghabiskan anggaran Rp5,9 triliun,” kata Jokowi yang dikutip dari siaran YouTube Sekretariat Presiden. 

2. Gubernur, bupati dan wali kota diminta integrasikan jalan tol

Jokowi Perintahkan Gubernur dan Walikota Sambungkan 4 Kawasan Ini Dengan Jalan TolPenampakan tol Semarang-Demak Seksi II Sayung yang diresmikan Presiden Jokowi Sabtu siang. (IDN Times/Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Ia menyampaikan, dengan banyaknya ruas jalan tol yang telah selesai dibangun di Indonesia, maka setiap gubernur, bupati, wali kota supaya secepatnya terintegrasi dengan berbagai produksi daerah untuk mempercepat pertumbuhan perekonomian. 

Kawasan produksi yang dimaksud Jokowi antara lain kawasan pertanian, perkebunan, industri maupun pariwisata. 

"Saya hanya ingin mengingatkan kembali bahwa seluruh jalan tol yang telah selesai di Tanah Air, agar gubernur, bupati wali kota agar segera menyambungkan, mengintegrasikan dengan kawasan-kawasan produksi di wilayahnya masing-masing. Baik dengan kawasan industri disambungkan, dengan kawasan perkebunan disambungkan, dengan kawasan pertanian disambungkan. Dengan kawasan pariwisata disambungkan," paparnya. 

3. Jokowi perintahkan percepatan transportasi dan logistik

Jokowi Perintahkan Gubernur dan Walikota Sambungkan 4 Kawasan Ini Dengan Jalan TolTol Semarang-Demak Seksi 2 ruas Sayung-Demak. (dok. Kementerian PUPR)

Dengan adanya integrasi kawasan produksi dengan jalan tol, katanya, setidaknya pembangunan jalan tol dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat. 

Di samping itu, integrasi dengan jalan tol juga mampu mempercepat aktivitas transportasi, pengiriman logistik maupun pengiriman produk pertanian. 

“Sehingga manfaat jalan tol betul-betul akan membawa kecepatan baik transportasi logistik, baik membawa produk pertanian dan perkebunan yang kita miliki. Sehingga dengan kecepatan efisiensi, daya saing, keuntungan yang kita miliki,” ucap Jokowi.

Baca Juga: Para Kades Grobogan dan Demak Diizinkan Pakai Dana Bantuan untuk Kemiskinan Ekstrem

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya