Presiden Jokowi Sebut Muktamar Sufi Dunia Jadi Contoh Islam yang Moderat

Jokowi hadir langsung di Pekalongan

Pekalongan, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan, gelaran ajang Muktamar Sufi Dunia di Kota Pekalongan menjadi salah satu bukti jika bangsa Indonesia mampu menjadi contoh sebagai Islam yang moderat. 

Bahkan, menurutnya Kota Pekalongan yang ditunjuk sebagai tuan rumah muktamar juga memunculkan citra bangsa Indonesia yang telah berbicara di mata dunia. 

Acara Muktamar Sufi Dunia diikuti ratusan ulama sufi dari 38 negara mulai 29--31 Agustus 2023.

"Muktamar ini penting, sebagai bukti bahwa Indonesia makin dikenal dan diperhitungkan dunia. Sekaligus ini membuktikan bahwa Indonesia bisa menjadi contoh Islam yang moderat," ujar Jokowi, Selasa (29/8/2023). 

Baca Juga: Buka Muktamar Sufi, Jokowi Sebut Islam Indonesia Punya Peran Strategis

1. Muktamar Sufi Dunia diharapkan jadi inspirasi

Presiden Jokowi Sebut Muktamar Sufi Dunia Jadi Contoh Islam yang ModeratPresiden Jokowi ketika berbicara dalam acara sambutan pembukaan Muktamar Sufi Dunia yang diselenggarakan di Kota Pekalongan. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Tak lupa, Jokowi juga menyampaikan terima kasih kepada para ulama sufi dunia yang memilih Indonesia sebagai tuan rumah gelaran Muktamar Sufi Dunia 2023. 

Ia mengatakan saat ini posisi Islam di Indonesia bukan lagi berada di ranah pinggiran. Akan tetapi telah memiliki peranan strategis untuk membangun nilai-nilai perdamaian dunia. 

"Saya harap muktamar ini akan menjadi inspirasi dan teladan umat Islam seluruh dunia," terangnya. 

2. Jokowi: Bisa tuntun ke arah kebaikan di tengah krisis kemanusiaan

Presiden Jokowi Sebut Muktamar Sufi Dunia Jadi Contoh Islam yang ModeratGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga ikut memberikan sambutan ketika hadir dalam acara Muktamar Sufi Dunia di Kota Pekalongan. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Di samping itu, katanya dengan mengadakan muktamar bagi para sufi sedunia, paling tidak bisa memberikan solusi di tengah krisis kemanusiaan yang terjadi saat ini. 

"Menuntun mereka ke arah kebaikan dan memberikan solusi di tengah krisis kemanusiaan saat ini yang melanda dunia," kata mantan gubernur DKI Jakarta tersebut.

3. Sebuah kehormatan bagi Jateng jadi tuan rumah Muktamar Sufi Dunia

Presiden Jokowi Sebut Muktamar Sufi Dunia Jadi Contoh Islam yang ModeratGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tersenyum lebar saat bertemu para ulama yang menghadiri acara Muktamar Sufi Dunia di Kota Pekalongan. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengemukakan bila sebuah kehormatan bagi Jawa Tengah yang ditunjuk sebagai tuan rumah Muktamar Sufi Dunia. Ia berharap Jateng mendapat berkah atas berkumpulnya para ulama sufi dunia ini.

"Kalau membaca runutan sidang komisi yang akan dilakukan, rasa-rasanya persis dengan spirit yang kita bangun di Jawa Tengah. Yakni mengoptimalkan dunia pendidikan dan perekonomian sebagai pertahanan untuk menangkal radikalisme," ucapnya.

4. Bisa membawa berkah

Presiden Jokowi Sebut Muktamar Sufi Dunia Jadi Contoh Islam yang ModeratRegu Brimob bersenjata laras panjang mengamankan acara Muktamar Sufi Dunia di Pekalongan. (IDN Times/Dok Hunas Polda Jateng)

Karena itulah, Ganjar berharap kepada para ulama sufi untuk menyebar dan meninggalkan cinta di Indonesia khususnya di Jawa Tengah. 

Agar bangsa Indonesia selalu menyukuri nikmat Tuhan dalam setiap keadaan dan tidak kufur nikmat. "InsyaAllah pertemuan ini akan membawa berkah bagi rakyat Indonesia dan masyarakat dunia," tutur Ganjar.

Baca Juga: KPU Jateng: Kampanye Para Caleg Bakal Ditenggelamkan Euforia Pilpres 2024

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya