Rektor Undip Sebut Belajar Virtual Munculkan Generasi yang Hilang

Lulusan Undip diminta tidak galau

Semarang, IDN Times - Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Prof Yos Johan Utama menyebutkan pendidikan virtual yang sedang berjalan selama pandemik COVID-19 telah memunculkan generasi yang hilang atau lost generation. Hal tersebut sesuai yang diprediksi banyak pihak karena semua hubungan sosial budaya yang dibatasi.

"Memang tidak bisa kita pungkiri, perubahan mendadak atau revolusi industri 4.0 dengan disrupsinya beserta terguncangnya dunia dengan covid 19, telah merubah tatanan sosial. Namun kekhawatiran ini bisa teratasi dengan keimanan, dan tentu saja keluarga merupakan modal yang sangat besar," ungkapnya saat menggelar wisuda online, Kamis (26/8/2021).

1. Saat ini timbul generasi yang kehilangan harapan

Rektor Undip Sebut Belajar Virtual Munculkan Generasi yang Hilangundip.ac.id

Dengan kondisi saat ini, katanya di Indonesia juga menjadi generasi yang kehilangan harapan, kehilangan kepercayaan keimanan dan keputusasaan.

Pihaknya pun menyarankan para wisudawan perlu menjadi sosok yang berkarakter, jangan bersedih dan tak perlu galau menghadapi kondisi pandemik COVID-19.

Setiap wisudawan sebaiknya tetap berpikir positif, memperkuat keimanan supaya Tuhan memberikan kemudahan dan kelancaran menempuh karier di masa mendatang.

"Bahkan untuk seleksi SNMPTN raihan pesertanya 2 besar tertinggi di Indonesia tahun 2020 dan 6 besar tahun 2021. Untuk itu, para wisudawan juga mesti bangga menjadi alumni Undip," paparnya.

Baca Juga: Profil Prof Benny Riyanto Ahli Hukum Undip Jadi Komisaris Telkomsat

2. Ada dua warga asing yang jadi lulusan Undip

Rektor Undip Sebut Belajar Virtual Munculkan Generasi yang Hilang(Universitas Diponegoro Semarang) psdku.undip.ac.id

Wakil Rektor I Undip, Prof Budi Setiyono menyampaikan jumlah lulusan periode 2021 sebanyak 3.101 wisudawan. Antara lain lulusan program doktor sebanyak 26 orang, lulusan magister sebanyak 294 orang, lulusan spesialis sebanyak 49 orang, lulusan profesi sebanyak 65 orang, lulusan sarjana sebanyak 1.572 orang, lulusan sarjana terapan 3 orang, serta jenjang Diploma 1. 092 orang. 

Selain itu, menurutnya ada dua warga negara asing asal Thailand bernama Heesam Dorni yang lulus prodi Magister Administrasi Publik Fisip serta Shaka Kargbo dari Sierra-Leone yang jadi lulusan Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik.

3. Undip gelar wisuda selama dua hari

Rektor Undip Sebut Belajar Virtual Munculkan Generasi yang Hilangwww.kampusundip.com

Kepala Sekretariat dan Protokoler Undip, Agus Suherman, menyatakan proses wisuda di kampusnya digelar mulai 25 Agustus sampai hari ini. Acara wisudanya terbagi empat tahapan.

"Alhamdulillah acara wisuda tahap satu dan dua berjalan lancar," tandasnya.

Baca Juga: Waspada Varian Delta, Epidemiolog Undip: Orang Tak Bermasker Berbahaya

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya