Comscore Tracker

Semalam Hilang Dalam Kabut, Kisah 3 Pendaki Gunung Muria Bisa Selamat

Para pendaki ditemukan selamat

Kudus, IDN Times - Gara-gara kabut tebal ditambah gerimis yang mengguyur puncak Gunung Muria, tiga pendaki dilaporkan tersesat. Bahkan, seorang pendaki terpaksa digotong lantaran tak bisa melanjutkan perjalanan.

Identitas para pendaki atas nama M Fahrul bintang (19) dan Diky Fahrizal (19), warga Dusun Dersalam Bae Kudus, dan seorang lagi bernama Fafa April Dikdaya (19), warga Garung Lor Kaliwungu, Kudus.

1. Tiga pendaki naik ke puncak Gunung Muria sejak Rabu kemarin

Semalam Hilang Dalam Kabut, Kisah 3 Pendaki Gunung Muria Bisa SelamatIlustrasi Tanaka pohon di Gunung Muria. IDN Times/Aji

Kepala Basarnas Semarang, Nur Yahya mengungkapkan kejadian itu bermula tatkala para pendaki memutuskan naik ke puncak Gunung Muria pada pukul 10.00, Rabu (9/9/2020) kemarin.

Saat itu, ketiga pendaki naik ke Gunung Muria melewati jalur pendakian Argopiloso di Kecamatan Dawe, Kudus. Setibanya di puncak gunung pada siang harinya, menurutnya mereka lalu kembali turun ke lereng gunung.

"Pas perjalanan turun gunung, kita dapat laporan kalau ada tiga pendaki yang tersesat. Ternyata mereka kehilangan arah karena jalur pendakiannya tertutup kabut tebal. Mereka juga kehilangan sinyal teleponnya," ujarnya saat dikonfirmasi IDN Times, Kamis (10/9/2020).

Baca Juga: Empat Hari Raib di Gunung Muria, Kosim  Merasa Baru Sehari Bepergian

2. Seorang pendaki kecapekan. Tim SAR Jepara terpaksa menggendongnya

Semalam Hilang Dalam Kabut, Kisah 3 Pendaki Gunung Muria Bisa SelamatTim SAR Jepara temukan tiga pendaki Gunung Muria selamat. Dok Basarnas Semarang

Dengan kondisi kepayahan, para pendaki berusaha turun untuk mencari sinyal. Kondisi saat ditemukan, seorang pendaki yang bernama Fafa April terpaksa digendong personelnya lantaran dalam kondisi kecapekan.

Menurutnya Fafa sudah tidak mampu lagi berjalan menuruni jalur pendakian. "Kita terima info jam sembilan malam ada tiga pendaki tersesat di Gunung Muria. Ada beberapa personel SAR Jepara yang tiba di lokasi, mereka langsung menelusuri jejak ketiga pendaki yang tersesat. Saudara Fafa harus digendong karena kecapekan" paparnya.

3. Tim SAR temukan tiga pendaki dalam keadaan selamat

Semalam Hilang Dalam Kabut, Kisah 3 Pendaki Gunung Muria Bisa Selamatpixabay.com/Free-Photos

Posisi para pendaki akhirnya berhasil dilacak tak jauh dari puncak gunung. Tepat Kamis jam 01.30 WIB dini hari, katanya, pendaki ditemukan dalam keadaan selamat. 

Mereka selanjutnya dibawa ke BPBD Kudus untuk diberikan pertolongan. "Setelah dibawa ke BPBD Kudus, kita beri bantuan bagi survivor yang kelelahan," tutupnya.

Baca Juga: 10 Potret Wisata Air Terjun Kali Banteng di Lereng Gunung Muria Kudus

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya