Comscore Tracker

Sesar Aktif Merapi Merbabu, Salatiga 7 Kali Diguncang Gempa Bumi

Gempa di Salatiga sifatnya dangkal dan lokal

Salatiga, IDN Times - Gempa bumi melanda Kota Salatiga, Jawa Tengah pada Sabtu (23/10/2021) dini hari. Guncangan gempa bumi tercatat oleh Stasiun Geofisika Banjarnegara sampai tujuh kali karena dipicu adanya pergerakan sesar Merapi Merbabu yang sangat aktif.

1. Salatiga dilanda gempa bumi berkekuatan 2,5–3 magnitudo

Sesar Aktif Merapi Merbabu, Salatiga 7 Kali Diguncang Gempa BumiIlustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Setyoajie Prayogie mengatakan wilayah Salatiga diguncang gempa bumi berkekuatan 2,5 magnitudo dan 3 magnitudo dari jam 01.00 dini hari hingga jam 7 pagi ini.

"Rentetan gempa yang muncul di Salatiga disebabkan pergerakan sesar Merapi Merbabu dan kondisinya saat ini sangat aktif. Namun masyarakat kita imbau tetap tenang, tidak perlu panik. Karena ini sifatnya gempa dangkal dan lokal," kata Aji, sapaan akrabnya ketika dikontak IDN Times.

Baca Juga: Keren! Olahan Singkong Desa Argowiyoto Salatiga Tembus Hotel dan Resto

2. Gempa guncang Salatiga selama 5,5 jam

Sesar Aktif Merapi Merbabu, Salatiga 7 Kali Diguncang Gempa BumiIlustrasi gempa bumi. (IDN Times/Sukma Shakti)

Berdasarkan informasi dari WAG (WhatsApp Group) Cuaca Jateng, semula gempa bumi berkekuatan 3,0 magnitudo melanda Kota Salatiga pada jam 00.30 WIB. Kemudian berturut-turut gempa susulan kembali muncul jam 00.42, jam 02.45, jam 05.29, jam 05.39, jam 06.03, jam 06.33 dan jam 06.44.

Adapun, titik episentrum kedalaman gempa sekitar 5 kilometer sampai 11 kilometer. Aji berkata gempa juga dirasakan di wilayah Ambarawa dan sekitarnya. 

3. Gempa Salatiga merupakan gempa lokal

Sesar Aktif Merapi Merbabu, Salatiga 7 Kali Diguncang Gempa BumiInstagram.com/joe_potret

Menurutnya bukan kali ini saja Salatiga diguncang gempa akibat pergerakan sesar Merapi Merbabu. Sesar tersebut sudah beberapa kali menimbulkan getaran gempa bumi dengan kekuatan yang kecil.

"Dari riwayat gempanya, Salatiga ini beberapa kali juga pernah dilanda gempa lokal. Terakhir kekuatan gempanya 2,5 maghnitudo," ungkapnya.

4. BMKG masih cek getaran gempa sampai ke Merapi

Sesar Aktif Merapi Merbabu, Salatiga 7 Kali Diguncang Gempa BumiIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Pihaknya masih menganalisa lebih mendalam apakah pergerakan sesar Merapi Merbabu akan meluas di sejumlah daerah. Ia juga berkoordinasi dengan tim BMKG untuk mengecek getaran sesar Merapi Merbabu apakah mempengaruhi siklus vulkanis di Gunung Merapi atau tidak.

"Kita masih mencermati apakah gempa Salatiga merembet ke Gunung Merapi atau tidak. Karena kita selama ini tidak memantau kondisi di Merapi. Kewenangannya sudah beda. Untuk kerusakan bangunan di Salatiga, kita mengamati belum ada sama sekali," tandasnya.

Baca Juga: Ahli Waris Pasien COVID-19 Salatiga Diberi Rp1 Juta, Ambil di Dinsos

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya