Comscore Tracker

Cegah Corona, 101 WNA Filipina di Jawa Tengah Dipulangkan Naik AirAsia

Hasil kerjasama Kemenlu dan Kedubes Filipina

Semarang, IDN Times - Pengelola Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang memproses pemulangan 101 warga negara asing (WNA) ke Filipina. Mereka sebagian besar adalah pekerja yang tersebar dari beberapa daerah di Jawa Tengah.

1. WNA Filipina dipulangkan naik AirAsia

Cegah Corona, 101 WNA Filipina di Jawa Tengah Dipulangkan Naik AirAsiaasia.nikkei.com

Menurut Communication and Legal Manager Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Ahmad Danar Suryantono, pemulangan para WNA ke Filipina memakai pesawat AirAsia. Itu sudah berlangsung sejak Selasa (14/4).

"Mereka sudah diberangkatkan memakai pesawat AirAsia dari Semarang ke Manila. Dari pihak kami, sudah meminta mereka untuk menjalani pemeriksaan suhu tubuh dan mereka juga sudah mengisi surat Port Health Quarantine Clearence," kata Danar, Kamis (16/4).

Baca Juga: Tak Pergi Kemana-mana, Ibu Hamil di Semarang Tertular Virus Corona

2. Proses pemulangan hasil kerjasama Kemenlu dengan Kedubes Filipina

Cegah Corona, 101 WNA Filipina di Jawa Tengah Dipulangkan Naik AirAsiaPenampakan sejumlah pesawat yang parkir di runway. Dok. Humas Bandara Ahmad Yani

Danar menjelaskan para WNA asal Filipina itu dipulangkan pukul 10.00 WIB dan tiba di Bandara Internasional Ninoy Aquino Manila pukul 15:04 waktu setempat.

Pemulangan para WNA dilakukan berkat kerjasama antara Kemenlu RI dengan Kedubes Filipina. Misi keduanya untuk menanggulangi penularan wabah virus corona (COVID-19).

3. Penerbangan mereka sudah mendapat izin dari Kemenhub

Cegah Corona, 101 WNA Filipina di Jawa Tengah Dipulangkan Naik AirAsiailustrasi. Seorang canon penumpang perempuan saat dicek suhu tubuhnya di Bandara Ahmad Yani. IDN Times/Fariz Fardianto

Danar menambahkan bahwa upaya pemulangan ratusan WNA ke Filipina dipastikan berjalan lancar dan aman. Pesawat AirAsia, kata Danar, sudah mendapat izin terbang dari Kementerian Perhubungan.

"Pesawatnya sudah dapat izin terbang," katanya.

Untuk saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan dan tim imigrasi untuk memantau jika ada pemulangan WNA dari negara lainnya. Bandaranya juga menyiapkan counter check in, tiga counter pelayanan imigrasi oleh petugas Imigrasi, dan area waiting room internasional, termasuk parkir pesawat.

Baca Juga: COVID-19 Meluas, Jam Operasional Bandara Ahmad Yani Semarang Dibatasi

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya