Foto Jadul Jokowi yang Viral Saat Sedang Mencari Kayu Jati di Blora

Sebelum Terjun Politik Sering Kunjung ke Blora

Blora, IDN Times - Dua foto lawas Presiden Joko Widodo yang viral di media sosial akhirnya terungkap. Belakangan diketahui foto tersebut diambil di salah satu Tempat Penimbunan Kayu (TPK) di Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Perhutani Cepu. 

Salah seorang yang terpotret dalam bingkai itu adalah Sisworo, mantan pengurus paguyuban Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) se-KPH Cepu. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Gowes Bareng Kaesang Pakai Sepeda Edisi HUT RI

1. Foto itu Jokowi saat berada di TPK Pasar Sore

Foto Jadul Jokowi yang Viral Saat Sedang Mencari Kayu Jati di BloraIstimewa

Dalam potret foto itu, Sisworo tengah berdiri di depan mobil pabrikan Jepang bewarna merah dengan nomor polisi K 8238 AE. Sisworo muda mengenakan kaos dan bercelana jeans. Berkumis dan berpawakan agak gemuk. 

"Iya itu saya beserta pak Jokowi sewaktu muda dulu," Kenang Sisworo. 

Foto tersebut, kata Sisworo diambil di TPK Pasar sore KPH Cepu. Waktu itu Jokowi muda tengah mengantar pembeli kayu. 

"Mengantar untuk menunjukan asal usul kayu jati itu berada," Katanya. 

Sisworo mengatakan, saat itu Perhutani KPH Cepu menjadi salah satu KPH yang sudah mendapatkan sertifikasi CoC atau sertifikat lacak balak. Sertifikat tersebut salah satu syarat dalam perdagangan ekspor - impor.

2. Jokowi muda kerap berkunjung ke Blora

Foto Jadul Jokowi yang Viral Saat Sedang Mencari Kayu Jati di BloraWidyo Atmojo

Sisworo menjelaskan, saat itu Jokowi memiliki usaha di bidang mebel. Ditanya apakah Jokowi hanya sekali berkunjung ke Blora? Sisworo mengatakan, lebih dari sekali untuk mencari bahan kayu jati kualitas terbaik. 

Sisworo sendiri juga pernah menjabat sebagai pengurus Lembaga Masyarakat Tengah Hutan (LMDH).

Dihubungi terpisah, Mantan ketua paguyuban LMDH Perhutani KPH Cepu, Siswoto mengamini sosok di dalam foto tersebut adalah Sisworo. 

"Betul itu adalah pak Sisworo. Dulu memang perawakannya agak gemuk persis seperti di foto," Terangnya. 

Siswoto menjelaskan, pengurusan paguyuban LMDH Cepu, di periode 2011 - 2015 dirinya terpilih sebagai ketua dan posisi wakil adalah Sisworo. 

"Saya ketuanya dan wakil saya adalah pak Sisworo, orang yang ada dalam foto itu," Kata Siswoto. 

3. Fotonya Viral Setelah di Unggah di Medsos

Foto Jadul Jokowi yang Viral Saat Sedang Mencari Kayu Jati di BloraIstimewa

Sebelumnya, beredar dua foto lawas sosok sewaktu muda dari Presiden Joko Widodo di medsos. Foto lawas itu, Pertama, potret saat Jokowi terlihat sedang menduduki batang pohon jati sambil memegang minuman di tangan kanannya. "dari matanya terlihat kalau ia sangat pintar dan penuh gairah hidup," keterangan dalam foto itu. 

Kedua, potret saat Jokowi terlihat sedang berdiri ngobrol bersama rekan-rekannya di sebuah kawasan hutan jati, dan sebuah mobil merah pabrikan Jepang dibelakang mereka. "Sekitar pertengahan 1999," keterangan dalam foto itu. 

Dua foto tersebut awalnya diunggah oleh akun @Pandu N di Facebook. Unggahan tersebut berisi ; "CAKRA MANGGILINGAN, ROTATING WHEEL, RODA TU BERPUTAR

Sekitar tahun 1999, disalah satu kawasan hutan di daerah Blora.

Saya tidak mengatakan bahwa orang ini hebat, saya tidak mengatakan orang ini luar biasa, saya tidak memuji-muji orang ini, saya hanya mau bilang roda itu berputar. Lihatlah orang ini 20 tahun yang lalu, bandingkan dengan sekarang," tulis @Pandu N dalam berandanya di Kamis, (20/08/2020). 

Banyak warganet menerka - nerka jika foto tersebut diambil di salah satu Tempat Penimbunan Kayu (TPK) Perhutani di Kabupaten Blora. Didalam foto tersebut juga terpotret sebuah mobil bernopol K - 8238 AE, yang merupakan nopol di wilayah Kabupaten Blora. Dalam foto tersebut seolah terlihat masa lalunya Presiden dua periode Jokowi seolah tengah sibuk dalam urusan perkayuan bisnis yang dia jalani sebelum berpolitik. 

Postingan tersebut kemudian di repost oleh akun @bloraupdate di instagram dan menjadi viral. "Pengusaha mebel semenjak muda. Sering belanja kayu jati kualitas A (terbaik didunia) di Blora tepatnya di TPK Cabak, Pasar sore, Cepu, Randublatung. Bahkan kadang menjelajah mencari bahan produksi ke desa - desa. Ada yang kenal beliau? 

Berikut beberapa komentar netizen di akun @bloraupdate

"Kok iso ya, biyen bapak blonjo kayu jati ng Blora. Terus sakiki mimpin RI, gawe terharu yakin. Susah dijelaskan. (Kok bisa ya, dulu bapak belanja kayu jati di Blora. Terus sekarang memimpin RI, buat terharu yakin. Susah dijelaskan), " tulis @budi.buday_21

"Beliau yang kini memimpin negeri ini" @eko.d.saputro


"Pak Jokowi," Tulis @ai.syah683.

4. Foto juga beredar di kalangan alumni Fakultas Kehutanan UGM

Foto Jadul Jokowi yang Viral Saat Sedang Mencari Kayu Jati di BloraSebuah pohon jati berdiameter besar yang tumbuh di Cagar Alam Darupono Kendal. Fariz Fardianto/IDN Times

Sementara itu, Waka Adminstratur (Adm) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Perhutani Cepu Andri Syalendra mengatakan, sebelum beredar di media sosial. Foto - foto tersebut juga banyak beredar di kalangan alumni Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. 

"Foto tersebut betul kalau itu adalah pak Jokowi. Kebetulan saya juga alumni UGM, dan fotonya banyak beredar di kalangan alumni," Kata Andri. 

Andri menjelaskan, kayu jati kualitas terbaik memang berada di Kabupaten Blora, bahkan dunia sudah mengakui. Terkait kepastian foto tersebut apakah berada di Blora? Andri tidak bisa memastikan hal tersebut. 

"Kalau lokasinya itu di Blora atau tidak, saya tidak bisa memastikan. Yang jelas di foto tersebut adalah pak Presiden," Terangnya. 

Sebab, kata dia, TPK tidak hanya berada di Blora saja. Tapi dilihat dari foto tersebut ada nopol mobil K - AE yang menunjukan mobil wilayah administratif Kabupaten Blora. Sedangkan di Kabupaten Blora terdapat 3 KPH yakni KPH Blora, KPH Cepu dan KPH Randublatung. 

Dihubungi terpisah, Adm KPH Perhutani Randublatung Ahmad Basuki mengatakan,Itu masa muda beliau Presiden Jokowi.

"Saya tidak mengerti apa itu di Blora atau di wilayah lain. Karena itu foto masa muda beliau. Kalau melihat plat nopol kendaraan K . Kemungkinan di wilayah Blora," kata Basuki.

Baca Juga: Viral! Foto Langka Masa Muda Jokowi Berada di Hutan Jati Tuai Pujian

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya