Comscore Tracker

5 Orang Dikerahkan Jagal Sapi Jumbo Kurban Jokowi di Masjid Agung Solo

Ada sapi jenis ongole dan limousine

Surakarta, IDN Times - Hewan kurban Presiden Joko Widodo, diserahkan oleh Wakil Walikota Solo, Teguh Prakosa di Masjid Agung Solo dan Masjid Al Wustho Mangkunegaran.

Baca Juga: Pesantren yang Dibangun Jokowi Dikirimi Kurban Sapi 540 Kg

1. Kirim sapi peranakan ongole dan limousine

5 Orang Dikerahkan Jagal Sapi Jumbo Kurban Jokowi di Masjid Agung SoloSapi Jokowi di Masjid Agung Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Jenis sapi kurban Presiden Jokowi yang dikirim di Masjid Agung Solo yakni jenis Peranakan Ongole atau sapi Jawa dengan berat 837 kilogram. Sapi tersebut didatangkan dari Boyolali, Jawa Tengah. Dengan harga sapi sebesar Rp63.000.000,-.

Sedangkan untuk jenis sapi di Masjid Al Wustho, yakni jenis sapi Limousine dengan berat 837 kilogram, dari peternak di Boyolali dengan harga Rp62.500.000,-.

2. Lima orang jagal dikerahkan untuk sembelih sapi kurban

5 Orang Dikerahkan Jagal Sapi Jumbo Kurban Jokowi di Masjid Agung SoloSapi Jokowi di Masjid Agung Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Takmir Masjid Agung Solo, Muchtarom mengatakan untuk menyembelih hewan qurban sapi Jokowi tersebut pihaknya mengerahkan 3 orang jagal dan 2 orang petugas pembantu.

Muchtarom mengatakan sapi dengan ukuran jumbo tersebut diperkirakan seberat 500 kilogram setelah disembelih.

"Daging nanti akan dibagikan oleh panitia dari rumah ke rumah, ini dilakukan agar warga tidak berkerumun di masjid," ujarnya.

Panitia Masjid Agung Solo sendiri menerapkan standart protokol kesehatan dalam proses penyembelihan hewan kurban, dimana panitia wajib memakai masjid, memakai sarung tangan, menjaga jarak, dan mengecek suhu tubuh.

3. Proses penyembelihan berlangsung selama 10 menit

5 Orang Dikerahkan Jagal Sapi Jumbo Kurban Jokowi di Masjid Agung SoloPenyerahan hewan kurban Jokowi di Masjid Agung Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Proses penyembelihan sapi Jokowi sendiri dilakukan usai para jagal melakukan penyembelihan 5 ekor kamping. Sapi Jokowi memiliki giliran pertama, dalam proses penyembelihan tersebut sapi ditempatkan di lokasi khusus disiapkan untuk menjagal sapi.

Sapi sendiri sempat beberapa kali melakukan perlawanan, saat akan dijagal oleh petugas, sekitat 5 menit sapi kemudian bisa ditaklukkan.

Wakil Walikota Solo, Teguh Prakosa mengatakam jika setiap tahun Presiden Jokowi selalu mengirim hewan kurban ke dua masjid besar di Solo. Daging kurban tersebut kemudian dibagikan ke warga.

"Pak presiden dari dari dulu di solo itu selalu dua ya, Masjid Agung yang punyanya Kasunanan dan Masjid Al Wustho yang Kagungan Ndalem Mangkunegaran.
Ini dari beliau awal Presiden memang tiap tahun beliau menyerahkan sapi," pungkasnya.

Baca Juga: Masjid Agung Solo Sembelih Hewan Kurban Jokowi Pada Rabu

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya