Abu Bakar Baasyir Kirim Surat untuk 3 Capres Pemilu 2024

Beri nasehat tentang bangsa.

Surakarta, IDN Times - Pengasuh pondok pesantren Al-Mukmin, Ngruki Abu Bakar Baasyir (ABB) mendatangi Tim Kampanye Cabang Ganjar-Mahfud di Pucang Sawit, Solo, Kamis (30/11/2023). Baasyir datang untuk memberikan surat tadzkiroh atau nasihat kepada Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

1. Telah berikan surat ke tiga paslon

Abu Bakar Baasyir Kirim Surat untuk 3 Capres Pemilu 2024Abu Bakar Ba'asyir serahkan surat nasehat ke Tim Pemenangan Cabang Ganjar Mahfud di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Ditemui usai menyerahkan surat, ABB mengatakan jika surat nasihat serupa juha diberikan kepada paslon nomer urut 1 Anies Baswedan-Muhaimim Iskandar melalui anaknya di Jakarta. Dan surat kedua kepada paslon nomer urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di kantor Balaikota Solo.

ABB menyatakan jika surat tersebut berisikan nasihat pada ketiga calon presiden ini isinya agar mereka bisa memimpin negara sesuai dengan hukum Allah SWT.

"Nggak ada yang bisa ketemu (dengan capres), seperti yang nomor satu itu saya titipkan anak saya waktu ke Jakarta, pas datang ke rumahnya juga nggak ada," jelasnya.

"Kedua Prabowo, saya sampaikan lewat Gibran. Nggak ketemu Gibran juga, saya titipkan ke stafnya. Sekarang juga saya titipkan," imbuhnya.

Baca Juga: Potensi Kerawanan Pemilu 2024 di Semarang Tinggi, Masyarakat Diimbau Jangan Terprovokasi

2. ABB tak berharap surat balapan

Abu Bakar Baasyir Kirim Surat untuk 3 Capres Pemilu 2024Abu Bakar Ba'asyir. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut ditanya balasan surat yang telah ia kirimkan ke ketiga capres tersebut, ABB merasa tidak perlu, ia hanya berharap surat ini bisa sampai kepada ketiganya.

"Mudah-mudahan bisa sampai," ungkapnya.

Selain untuk ketiga capres, ABB mengaku sudah mengirimkan surat serupa pada Presiden Joko Widodo. Surat ini bahkan sudah dikirimkan dua kali dan disertai tanda tangan dari lima orang kyai.

"Pada kepala negara yang sekarang inipun juga sudah saya berikan surat, dua kali malah. Surat kedua bahkan ditandatangani oleh lima kyai NU," ujarnya.

Usai menyampaikan surat, ABB beserta rombongan langsung bertolak kembali pulang.

3. Akan disampaikan ke Ganjar

Abu Bakar Baasyir Kirim Surat untuk 3 Capres Pemilu 2024Abu Bakar Ba'asyir serahkan surat nasehat ke Tim Pemenangan Cabang Ganjar Mahfud di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Ketua Tim Kemenangan Cabang Ganjar-Mahfud, Hendro Pramono mengatakan surat tersebut sudah diterima. Rencananya surat tersebut akan disampaikan kepada Ganjar melalui Ketua DPC PDIP Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Terkait nasihat yang disampaikan oleh ABB, secara umum menurutnya adalah nasihat baik. Sebab meminta pemimpin untuk menggunakan hati, bukan hanya pikiran. Ia juga berterima kasih pada ABB dengan nasihat ini, Hendro berharap nasihat yang diberikan ini, ke depannya bisa bermanfaat untuk Indonesia.

"Kami berharap Pemilu 14 Februari mendatang bisa berjalan dengan luber jurdil, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil," pungkasnya.

Baca Juga: Logistik Pemilu 2024 Mulai Tiba di Semarang, Pesta Demokrasi Sebentar Lagi

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya