Comscore Tracker

Bertemu Gibran, Pemuda Papua Ingin Jaminan Keamanan Saat Belajar

Jadi rujukan belajar Pemuda Papua.

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengelar petemuan dengan para pemuda yang mengenyam pendidikan di Kota Solo. Acara Silaturahmi Walikota Solo dengan pemuda Papua tersebut digelar di Bale Tawangarum, Kompleks Balaikota Solo, Senin (29/11/2021).

Baca Juga: Gibran Buru Pelaku Vandalisme 'Cahyo' di Flyover Purwosari Solo

1. Gibran diberi Mahkota Papua

Bertemu Gibran, Pemuda Papua Ingin Jaminan Keamanan Saat BelajarGibran Rakabuming diberi Mahkota Papua. IDNTimes/Larasati Rey

Dalam kesempatan tersebut, sekitar puluhan pemuda Papua hadir. Mereka bahkan memberikan 'Mahkota Papua' untuk Gibran. Sejumlah pentas seni juga ditampilkan oleh para pemuda Papua, diantaranya tarian Yosim Pancar yang merupakan tarian ritual pemberian mahkota papua.

Selain itu, perwakilan pemuda Papua juga menyajikan Tarian Kreasi Papua sebagai pembuka acara.

2. Ungkapkan jaminan keamanan

Bertemu Gibran, Pemuda Papua Ingin Jaminan Keamanan Saat BelajarGibran Rakabuming bertemu dengan pemuda Papua di Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Ketua Ikatan Mahasiswa Papua di Solo Raya, Moses Ferdinand Kamer, mengatakan, jika para mahasiswa Papua ingin sekali bekerja sama dengan Pemkot Solo. Sehingga, ketika nanti pulang ke Papua bisa mengajak masyarakat di sana untuk mengembangkan ide-ide guna membangun tanah kelahiran mereka.

"Untuk permintaan kami untuk saat ini bagaimana untuk diajak kerja sama adik-adik Papua dengan Pemkot Solo dan bisa menjaga kenyamanan Kota Solo terutama jaminan kepada adik-adik mahasiswa Papua di Solo," katanya.

Moses mengaku, selama tinggal di Kota Solo, para mahasiswa Papua merasa sangat damai dan aman. Saat ini, ada sekitar 200 mahasiswa Papua yang menempuh pendidikan di Solo Raya.

3. Ingin Solo jadi rujukan belajar pemuda Papua

Bertemu Gibran, Pemuda Papua Ingin Jaminan Keamanan Saat BelajarGibran Rakabuming bertemu dengan pemuda Papua di Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyatakan pertemuan dengan mahasiswa asal Papua untuk menyambung silaturahim dengan para mahasiswa Papua di Solo. "Ya tadi ada beberapa masukan dan evaluasi sudah saya tampung semua. Ini tadi dari teman-teman ingin kalau ada pelatihan-pelatihan UMKM atau keterampilan kerja dilibatkan," ujarnya

Gibran juga mengatakan komitmen Pemkot Solo untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para mahasiswa Papua di Solo saat tinggal di Solo. Gibran juga ingin agar perguruan tinggi di Solo Raya menjadi rujukan para siswa di Papua untuk melanjutkan pendidikan. Sebab, di Solo ada banyak kampus yang berkualitas, dan biaya hidup tergolong murah.

"Tadi juga sudah saya jelaskan ke teman-teman semua yang jelas di Solo ini banyak sekali universitas yang sudah top, biaya hidup sehari-hari juga murah. Jadi saya rasa Solo ini bisa menjadi salah satu tempat rujukan teman-teman Papua untuk melanjutkan pendidikan di Kota Solo," pungkas Gibran.

Baca Juga: Gibran Bakal Bangkitkan Lagi 'Rock in Solo' Setelah 6 Tahun Vakum

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya