Comscore Tracker

Jokowi Blusukan Bareng Gibran, Beri Bantuan Sembako Hingga Modal Usaha

Bagiakan bantuan kepada warga

Surakarta, IDN Times - Usai menikahkan adiknya Idayati-Ketua MK Anwar Usman, Presiden Jokowi melakukan blusukan ke sejumlah lokasi di Kota Solo.

Dalam blusukan tersebut, Presiden Jokowi juga didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, serta cucunya Jan Ethes yang menunggu di dalam mobil.

Baca Juga: Sah Nikahi Adik Jokowi, Ketua MK Anwar Usman Resmi Jadi Warga Solo

1. Melihat geliat Taman Balekambang Solo.

Jokowi Blusukan Bareng Gibran, Beri Bantuan Sembako Hingga Modal UsahaPresiden Jokowi & Gibran Rakabuming blusukan di Taman Balekambang, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Pada blusukan pertama Presiden Jokowi mengunjungi Taman Balekambang Solo. Di lokasi tersebut Presiden menyapa para seminan ketoprak dan reog yang melakukan pentas di sana. Presiden bahkan sempat berbincang dengan para seniman dan melihat geliat seniman di sana

"Ke Balekambang, Kota Solo ini dalam rangka melihat geliat, aktivitas para seniman, utamanya seniman rakyat,” ujar Presiden Jokowi, usai kunjungan di Taman Balekambang, Solo, Kamis (26/5/2022).

“Selama 2 tahun ini kita vakum, setelah pandemi bisa kita kendalikan, harapannya aktivitas bisa dimulai lagi. Paling penting itu. Seni tradisi, seniman rakyat, wayang orang, ketoprak, reog semuanya harus hidup kembali dalam rangka merawat dan memelihara seni budaya kita,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut Presiden Jokowi berharap kesenian budaya bisa kembali bergairah. Ditanya soal rencana revitalisasi untuk taman Balekambang, Jokowi menyerahkannya kepada wali kota.

“Semua yang berkaitan dengan kebudayaan, seni budaya, pemerintah pusat akan memberi perhatian,” pungkasnya.

2. Blusukan ke sejumlah pasar

Jokowi Blusukan Bareng Gibran, Beri Bantuan Sembako Hingga Modal UsahaPresiden Jokowi berikan bantuan di Pasar Gedhe Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Setelah mengunjungi Taman Balekambang, Presiden Jokowi juga melakukan kunjungan ke sejumlah pasar tradisional. Di antaranya Pasar Harjodaksino, Pasar Mojosongo dan Pasar Gede.

Dalam kunjungan tersebut Presiden juga memberikan bantuan kepada para pedagang pasar. Presiden juga memberikan bantuan kepada para tukang becak, dan masyarakat yang kebetulan berada di lokasi tersebut.

"Ini kan rangkaian kunjungan Presiden, tadi dari Balekambang terus ke Pasar Mojosongo, Pasar Gede, dan Pasar Harjodaksino. Tadi Pak Presiden juga memberikan sejumlah bantuan kepada pedagang dan warga, harapnya ini bisa jadi pemulihan ekonomi juga," kata Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

3. Bagikan bantuan usaha modal.

Jokowi Blusukan Bareng Gibran, Beri Bantuan Sembako Hingga Modal UsahaPresiden Jokowi berikan bantuan kepada seniman di Taman Balekambang. (IDN Times/Larasati Rey)

Dalam blusukan tersebut, Presiden juga membagikan bantuan modal usaha dan paket sembako serta menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng untuk 90 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan juga Program Keluarga Harapan (PKH).

"Bantuan ini untuk tambahan modal usaha, ya," pesan Presiden Jokowi kepada penerima bantuan.

Saat blusukan di pasar tradisional tersebut, juga nampak Menteri Sosial Tri Rismaharini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Selama blusukan, Presiden Jokowi juga membagikan kaos berwarna hitam bertuliskan Jokowi.

Salah satu penerima bantuan  Juwariyah (47) warga Tegalmulyo, Nusukan, Solo mengaku senang mendapatkan bantuan tersebut.  Apalagi uang yang diterima dalam amplop bertuliskan  Bantuan Kemasyarakatan Presiden Joko Widodo itu jumlahnya cukup besar yakni Rp1.200.000.

"Senang banget,  Alhamdulillah dapat bantuan presiden.  Ini untuk nambah modal usaha,  sangat terbantu sekali untuk beli minyak goreng," ujar pedagang bakmi toprak dan gorengan itu.

Juwariyah mengaku saat ini untuk harga minyak goreng masih mahal yakni mencapai Rp22.000 untuk minyak curah dan Rp25.000 untuk kemasan. Padahal sebelumnya hanya Rp14.000.

Kegembiraan serupa juga diungkapkan penarik becak, Marfun warga Juwangi Boyolali.  Meskipun harus menunggu sejak pukul 08.00 WIB, dirinya bersama puluhan penarik becak lainnya tetap setia menunggu kedatangan Presiden Jokowi.

"Dapat amplop dan sembako, amplopnya isinya Rp200.000. Senang sekali, tadi sempat salaman juga," katanya.

Penarik becak lainnya,  Darmanto asal Kabupaten Sragen juga mengaku senang. Menurutnya, tidak sia-sia dirinya menunggu sejak pukul 08.00 pagi dan presiden batu tiba sekitar pukul 12.00 WIB. 

Baca Juga: Gibran Geram Banyak Sampah di CFD, Sampai Punguti Sendiri

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya