KASAD Andika Perkasa Kunjungi RS dan Tempat Isolasi Terpusat di Solo  

Beri bantuan ke nakes dan warga isolasi

Surakarta, IDN Times - Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa bersama istri Diah Erwiany mengunjungi RS Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah, Selasa ( 27/7/2021). Kunjungan tersebut didampingi oleh Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga: Solo Dapat Bantuan 200 Tabung Oksigen yang Dikirim Dari Singapura 

1. Bagikan bantuan di dua rumah sakit TNI

KASAD Andika Perkasa Kunjungi RS dan Tempat Isolasi Terpusat di Solo  KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa mengunjungi RS Slamet Riyadi Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Kedatangan jenderal bintang empat tersebut bertujuan untuk membagikan bantuan kepada para medis di RS Slamet Riyadi, Solo. Bantuan tersebut bertujuan untuk memberikan semangat kepada para nakes yang menangani pasien COVID-19.

"Mereka ini kan selama 3 Minggu sampai 4 Minggu terakhir padat sekali dan sekali sekali saja, kita membawa bantuan daging karena proteinnya tinggi bisa untuk lima orang belum lagi beras, kebutuhan kecil-kecil lauk pauk terus sama herbal untuk meningkatkan imunitas," ujarnya.

Selain di RS Slamet Riyadi, KASAD juga membagikan bantuan ke Rumah Sakit Lapangan Benteng Vastenburg.

"Hari ini saya mengunjungi RS Angkatan Darat yang ada di Solo selain yang disini kan juga ada Rumah Sakit Lapangan yang di Benteng Vastenburg karena sejak awal koordinasi kita dengan bapak Walikota sangat erat untuk kita keroyok penanganan ini supaya lebih cepat tertangani," jelasnya

2. Kunjungi tempat isolasi terpusat

KASAD Andika Perkasa Kunjungi RS dan Tempat Isolasi Terpusat di Solo  Lokasi isolasi terpusat SD Panularan Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Selain mengunjungi rumah sakita khusus penanganan COVID-19, Jenderal Andika juga mengunjungi lokasi isolasi terpusat di SD Panularan Solo. Andika beserta istrinya juga turut memberikan bantuan kepada warga penghuni tempat isolasi.

Pemberian bantuan sendiri juga dilakukan di sejumlah daerah lainnya. Jenderal Andika mengatakan jika satu hari sebelumnya ia beserta rombongan juga memberikan bantuan kepada para nakes di Yogyakarta.

"Saya sebetulnya sejak hari Sabtu udah databg di Jogja, kita membawa bantuan untuk tenaga medis di rumah sakit-rumah sakit Angkatan Darat maupun kalau di Jogja juga membantu rumah sakit pusat DR, Sardjito. Ya intinya berbagi saja," katanya.

3. Soroti masalah BOR di rumah sakit

KASAD Andika Perkasa Kunjungi RS dan Tempat Isolasi Terpusat di Solo  KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa. IDNTimes/Larasati Rey

Tak hanya berikan bantuan, Jenderal Andika juga menyoroti tingginya bed rate occupancy di sejumlah rumah sakit di Kota Solo. Menurutnya, saat ini sejumlah rumah sakit di beberapa daerah sudah mengalami penurunan BOR akibat menurunnya kasus COVID-19. Ia berharap dengan adanya kegotong-royongan dari berbagai pihak BOR di rumah sakit di Solo mengalami peningkatan.

Sementara itu, Walikota Solo Gibran Rakabuming dalam kesempatan yang sama menegaskan jika tingginya BOR di Solo yang mencapai lebih dari 90 persen, banyak disumbang dari pasien dari luar kota Solo. "BOR kita masih tinggi, karena pasien banyak dari luar Kota," pungkasnya.

Baca Juga: Sembuh Dari COVID-19, Gibran Ngaku Siap Donor Plasma Konvalesen 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya