Keluarga Jokowi Pesan 82 Seragam Beskap untuk Pernikahan Kaesang Erina

Pesan di penjahit langganan Presiden Jokowi

Surakarta, IDN Times - Busana Jawi Suratman yang berlokasi di Jalan Teuku Umar 14 Solo, Jawa Tengah, kembali mendapat kepercayaan dari keluarga Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Penjahit langganan Presiden Jokowi tersebut diminta membuatkan baju seragam yang akan dipakai dalam pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono pada 10 Desember 2022.

1. Ada 82 seragam yang dipesan Jokowi

Keluarga Jokowi Pesan 82 Seragam Beskap untuk Pernikahan Kaesang ErinaBusana Jawi Jangkep yang dipesan oleh keluarga Presiden Jokowi. (IDN Times/Larasati Rey)

Anak pertama Suratman, Sugiyatno mengatakan, jika dirinya mendapat pesanan pakaian beskap, blangkon, dan jarit untuk pernikahan Kaesang-Erina yang datang dari utusan Presiden Jokowi pada September 2022 lalu.

Pakaian beskap yang dipesan nantinya untuk dipakai para panitia dan keluarga dalam pernikahan Kaesang dan Erina.

"Ada panitia dari Surabaya, dari Klodran, Turisari, keluarga Sumber, Jogja, keluarga Sekip, keluarga Gondang," katanya, Kamis (14/11/2022).

Sugianto mengatakan jika keluarga PresidenJokowi memesan sebanyak 82 seragam, di mana 63 di antaranya pakaian beskap untuk pria dan sisanya untuk pakaian perempuan.

Baca Juga: Gibran Pastikan Pernikahan Kaesang Erina Tidak Menutup Jalan di Solo

2. Tiga model beskap yang dipesan

Keluarga Jokowi Pesan 82 Seragam Beskap untuk Pernikahan Kaesang ErinaBusana Jawi Jangkep yang dipesan oleh keluarga Presdiden Jokowi. (IDN Times/Larasati Rey)

Sugiyatno mengatakan, ada tiga model pakaian adat Jawa yang dipesan yakni model beskap atela, beskap landung, dan beskap Jawi Jangkep.

Ditanya soal kegunaan seragam tersebut, Sugianto mengaku tak mengetahui secara pasti masing-masing pakaian yang dipesan itu untuk acara apa saja dalam pernikahan Kaesang-Erina. Semua bahan pakaian langsung dari keluarga Jokowi.

Kendati demikian, Sugiyatno menjelaskan sesuai dengan pakem Jawa, beskap landung biasa dipakai dalam acara Midodareni.

"Dan untuk beskap atela barang kali untuk resepsi. Kalau yang beskap hitam panitia khusus. Pesannya mulai September," katanya.

Lebih lanjut Sugiyatno mengaku sempat mengalami kesulitan, dimana setiap beskap yang dibuat memiliki ukuran berbeda-beda karena merupakan pesanan.

3. Penjahit yang sudah dipercaya sejak mantu pertama

Keluarga Jokowi Pesan 82 Seragam Beskap untuk Pernikahan Kaesang ErinaBusana Jawi Jangkep yang dipesan oleh keluarga Presdiden Jokowi. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut Sugiyatno mengatakan, Jokowi mempercayakan pakaian beskap kepada Busana Jawi Suratman sejak mantu anak pertama. Yakni pernikahan Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda.

Kemudian, berlanjut putri Kedua Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution, dan saat ini Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

"Alhamdulillah mulai mantu pertama Gibran, Kahiyang, sekarang Kaesang. Ini bahan dari beliau semua," jelasnya.

Pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono direncanakan 10 Desember 2022. Pernikahan mereka akan digelar di DI Yogyakarta.

Baca Juga: 9 Panggung Rakyat Disediakan saat Pernikahan Kaesang dan Erina

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya