Kominfo dan Dinas Se-Jateng Diajak Gunakan Google Cloud

Sebagai upaya perkenalkan teknologi terbaru.

Surakarta, IDN Times - Munculnya kebiasaan baru selama Covid-19 yakni teknologi secara daring, menjadi peluang bagi platform raksasa Google mengajak Kominfo dan Pemerintah Daerah di Jawa Tengah memanfaatkan google cloud sebagai salah satu teknologi penyimpanan data.

Baca Juga: Sukses Pameran di Paris, Gibran Target Bawa UMKM Solo ke Negara Lain 

1. Kenalkan dengan google cloud.

Kominfo dan Dinas Se-Jateng Diajak Gunakan Google CloudPelatihan Google Clound di Balaikota Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Customer Solution Consultant Google Indonesia, Franky Syabandriawan, mengatakan jika pasca COVID-19 muncul kebiasaan baru di Indonesia. Dimana teknologi hybrid menjadi peluang google untuk mengajak pemerintah daerah untuk menfaatkan teknologi terbaru dari Google tersebut.

“Kami melihat bahwa trend untuk kerja hybrid menggunakan teknologi sebagai sarana untuk mereka lebih produktif itu nyata adanya,” ujarnya, dalam pelatihan teknologi cloud computing di Balai Kota Solo, Senin (27/6/2022).

Franky menargetkan, setidaknya 10 kota metropolitan di Indonesia bisa dijangkau. Dan menfaatkan google sebagai salah satu peningkatan kinerja di pemerintahan.

“Utamanya all government. Target kami paling tidak 10 kota metropolitan di Indonesia bisa di-enable. Mulainya dari yang paling mudah saja, seperti memakai Gmail office productivity. Ini momentum bagus untuk menggali kemampuan di luar pekerjaan mereka sendiri,”jelasnya.

2. Gencar lakukan pelatihan.

Kominfo dan Dinas Se-Jateng Diajak Gunakan Google CloudPelatihan Google Clound di Balaikota Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Sales and Marketing Manager PT EBconnection, Yesaya Yulius mengaku untuk menambah wawasan dan edukasi terhadap para ASN di lingkungan pemerintah daerah, Google gencar melakukan pelatihan google cloud di daerah-daerah, salah satunya di Kota Solo.

Dimana sebanyak 20 pejabat yang menangani bidang teknologi dan informatika serta penyelenggaraan e-government Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dari kabupaten/kota dan Provinsi Jawa Tengah, mengikuti pelatihan teknologi cloud computing di Balai Kota Solo, Senin (27/06/2022).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan baru bagi peserta sebagai pelaksana pemerintahan dan pelayanan publik, dalam hal teknologi cloud computing khususnya yang dimiliki oleh Google Cloud.

"Pelatihan ini hasil kerja sama PT Google Cloud Indonesia dan PT EBconnection Indonesia selaku partner Google Cloud digelar sesuai amanat Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 Tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government," katanya.

3. Tak banyak pemerintah sadar teknologi.

Kominfo dan Dinas Se-Jateng Diajak Gunakan Google CloudIlustrasi cloud computing (networksolutionsprovider.com)

Lebih lanjut, Yesaya menambahkan jika hingga saat ini , baru beberapa pemerintah daerah (Pemda) yang menerapkan teknologi cloud computing dalam menjalankan pelayanannya. “Solo, baru akan dimulai. Yang sudah di Kota Bandung dan Provinsi Bali. Memang butuh perencanaan matang terkait itu,” katanya.

“Solusi teknologi cloud computing Google Cloud memungkinkan pemerintah fokus dalam berinovasi dan mengembangkan produk-produk digital untuk mempercepat dan mempermudah proses pelayanan kepada masyarakat. Alih-alih menghabiskan banyak sumber daya untuk mengadakan dan menjaga infrastruktur TI," pungkasnya.

Baca Juga: Harga Kambing di Solo Untuk Kurban Idul Adha Tak Terpengaruh Wabah PMK

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya