Comscore Tracker

Sah Nikahi Adik Jokowi, Ketua MK Anwar Usman Resmi Jadi Warga Solo

Ijab qabul dilakukan dengan bahasa Indonesia.

Surakarta, IDN Times - Prosesi akad nikah pernikahan adik Presiden Joko Widodo, Idayati dan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman digelar pada Kamis (26/5/2022) di Gedung Graha Saba Buana, Surakarta. Presiden Jokowi berserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo hadir dengan dalam pernikahan 'Miracle Wedding' tersebut.

Baca Juga: Anak Idayati Sebut Anwar Usman Sosok yang Lucu dan Santai

1. Dihadiri sejumlah petinggi negara.

Sah Nikahi Adik Jokowi, Ketua MK Anwar Usman Resmi Jadi Warga SoloPresiden Jokowi & Wapres Ma'ruf Amin berfoto dengan Idayati-Anwar Usman. (Dok/Istimewa)

Prosesi akad nikah Idayati dan Anwar Usman digelar pada pukul 09.00 WIB. Sejumlah tamu undangan mulai berdatangan ke gedung Graha Saba Buana mulai pukul 08.00 WIB. Dari pantauan IDNTimes.com di lokasi pernikahan sejumlah menteri dari kabinet Indonesia Maju hadir dalam prosesi ijab qabul tersebut.

Tampak Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menhub Budi Karya Sumadi. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia, Tjahjo Kumolo dan Moeldoko, Mantan Panglima TNI Angkatan Darat datang bersamaan di waktu yang sama juga dengan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Listyo Sigit Prabowo.

Tamu negara yang lainnya yakni Ketua Mahkamah Agung M. Syarifuddin, Menteri Negara Komunikasi dan Informasi, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden dan Menteri Sekretaris Negara hadir. Selain itu, Walikota Solo Gibran Rakabuming berserta istrinya Selvi Ananda ikut dalam acara akad nikah Idayati dan Anwar Usman.

2. Ijab Qabul menggunakan bahasa Indonesia.

Sah Nikahi Adik Jokowi, Ketua MK Anwar Usman Resmi Jadi Warga SoloProsesi akad nikah Idayati-Anwar Usman. ( Dok/Istimewa)

Dalam prosesi akad nikah, Idayati dan Anwar Usman memakai pakaian adat Jawa dengan warga senada yakni abu-abu. Keduanya juga memakai jarik batik motif sidomulyo. Presiden Jokowi sendiri menikahkan adiknya tersebut dengan Ketua MK.

“Saya nikahkan Profesor Dr. H. Anwar Usman, SH.MH bin H Usman saya nikahkan dan saya jodohkan dengan saudari perempuan saya Hidayati binti Notomiharjo, nikah dengan engkau, dengan mas kawin berupa seperangkat alat shalat dan sebuah jam tangan dibayar tunai,” kata Jokowi saat menjadi wali nikah adiknya, Kamis (26/5/2022).

Kalimat Jokowi tersebut langsung disambut Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman.

“Saya terima nikahnya dan jodohnya, Hidayani binti Notomoharjo dengan mahar tersebut tunai,” sambutnya lantang.

Sementara itu, saksi nikah keduanya adalah Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dan Panglima TNI Andika Perkasa. Adapun mas kawin pernikahan keduanya berupa seperangkat alat sholat dan sebuah jam tangan yang kemasannya berbentuk box kotak berwarna hijau.

3. Langsung dapat KTP dan KK Solo

Sah Nikahi Adik Jokowi, Ketua MK Anwar Usman Resmi Jadi Warga SoloIdayati-Anwar Usman terima KTP & KK terbaru. (IDN Times/Larasati Rey)

Usai melangsungkan akad nikah, Anwar Usman dan Idayati langsung mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) baru yang telah diperbarui berdasar status perkawinan terbaru.

Penyerahan KTP dan KK dilakukan Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fachrullah, didampingi Presiden Jokowi sebagai wali nikah dan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari, Arba’in Basyar.

Berkas kependudukan terbaru itu diberikan Zudan, usai Arba'in Basyar menyerahkan buku nikah kepada kedua mempelai.

Rangkaian acara akad nikah pun dilanjutkan sesi foto yang dilakukan pengantin dengan para saksi, wali serta tamu undangan yang hadir dalam pernikahan tersebut.

Baca Juga: Berkonsep Adat Jawa, Jokowi Jadi Wali Pernikahan Idayati-Anwar Usman

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya