Comscore Tracker

Satu Gedung Asrama Haji Donohudan Jadi RS Darurat COVID-19

Berkapasitas 456 tempat tidur.

Surakarta, IDN Times - Tempat isolasi terpusat Asrama Haji Donohudan (AHD) di Boyolali, Jawa Tengah bakal dijadikan sebagai rumah sakit (RS) darurat COVID-19. Rumah Sakit Darurat sendiri dibangun untuk mencukupi kebutuhan rumah sakit di Kota Solo dan sekitarnya, mengingat saat ini kasus COVID-19 mengalami peningkatan. Rencananya rumah sakit tersebut akan beroperasi Minggu depan.

Baca Juga: Daftar Dokumen ini Wajib Dibawa Penumpang KRL Solo-Yogya PPKM Darurat

1. Satu gedung diubah rumah sakit

Satu Gedung Asrama Haji Donohudan Jadi RS Darurat COVID-19Wakil Walikota Solo, Teguh Prakosa meninjau Asrama Haji Donohudan, Solo.IDNTimes/Larasati Rey

Wakil Walikota Solo, Teguh Prakosa mengatakan peningkatan tempat isolasi menjadi rumah sakit darurat di Asrama Haji Donohudan (AHD) sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit di Kota Solo dan sekitaranya. RS Darurat COVID-19 AHD nantinya akan menangani pasien COVID-19 dengan status sedang.

"ADH jadi rumah sakit darurat untuk khusus yang sedang tidak menangangi yang berat, yang berat tetap di rumah sakit," ujarnya Jumat (16/7/2021).

Teguh mengatakan, tidak semua blok bangunan di AHD dijadikan sebagai rumah sakit. Kementerian PU dan Dirjen Kesehatan telah meninjau dan memilih blok Madina untuk dijadikan sebagai rumah sakit Darurat COVID-19.

Yang pertama yang dipakai blok Madina, yang kemarin dipakai untuk isolasi terpusat. Dan hari ini oleh tim sudah digeser ke blok yang lain, dan besok Kementrian PU dan Kemenkes akan melaksanakam kegiatan untuk AHD jadi rumah sakit Covid-19," ujarnya

2. Tambah kapasitas kamar isolasi

Satu Gedung Asrama Haji Donohudan Jadi RS Darurat COVID-19Suasana kamar di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah. IDNTimes/Larasati Rey

Teguh menerangkan RS Darurat COVID-19 AHD akan dilengkapi dengan 456 bed dan 8 bed untuk runah HCU. "Lantai bawah untuk HCU ada 8 bed, dan lantai atas ada kamar pasien 456 bed ini sudah maksimal," ungkapnya.

Selain meningkatkan status AHD, pihaknya juga akan menambah kapasitas kamar isolasi di AHD. "Jadi di tempat isolasi yang sudah berjalan tadinya satu kamar 4 orang nanti dimaksimalkan jadi 6 orang, jadi jumlah totalnya yang tadinya 450 kini jadi 700 an," jelasnya.

3. Akan dikelola oleh provinsi

Satu Gedung Asrama Haji Donohudan Jadi RS Darurat COVID-19Kedatangan pasien Covid-19 di Asrama Haji Donohudan. IDNTimes/Larasati Rey

Kendati berlokasi di wilayah Soloraya, namun operasional RS Darurat Covid-19 nantinya akan dikelola langsung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

"Kalau nakes itu dipenuhi oleh Kementerian itu katanya ditanggung jawab oleh Provinsi, dan Provinsi itu kini menunjuk RS Moewardi untuk mengelola itu," pungkasnya.

Berdasarkan data dari Satgas Penanganan COVID-19 Kota Surakarta di Solo, Jumat
, terjadi penambahan 355 kasus, jumlah tersebut menurun bila dibandingkan dengan hari sebelumnya yakni 544 kasus.

Dengan penambahan tersebut, jumlah kumulatif kasus COVID-19 di Kota Solo hingga saat ini sebanyak 19.333 kasus dengan rincian 14.613 di antaranya sembuh, 3.655 orang menjalani isolasi mandiri, 298 orang menjalani perawatan di rumah sakit, dan 767 di antaranya meninggal dunia.

Baca Juga: Positif COVID-19, Gibran Rakabuming Tetap Kerja Ikut Rapat di Solo

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya