Senyum Abu Bakar Ba'asyir Tiba di Solo Tak Ingin Seperti Rizieq Shihab

Ada 100 laskan disiagakan saat kedatangan Abu Bakar Ba'asyir

Sukoharjo, IDN Times - Mantan narapidana teroris, Abu Bakar Ba'asyir tiba di kediamannya di Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (8/1/2021) pukul 13.37 WIB. Ia turun dari mobil SUV Hyundai H-1 berwarna putih bernopol AD 1138 WA.

1. Proses pemulangan dilakukan secara estafet dari Jabar ke Jateng

Senyum Abu Bakar Ba'asyir Tiba di Solo Tak Ingin Seperti Rizieq ShihabKepulangan Abu Bakar Ba'asyir ke Ponpes Al-Mukmin Ngruki, Sukoharjo. IDNTimes/Larasati Rey

Ba'asyir tiba dengan dikawal tiga mobil yang terdiri dari Tim Pangacara Muslim (TPM), ambulan, dan pihak keluarga. Ba'asyir beserta rombongan langsung masuk ke dalam Ponpes Ngruki. Awak media pun tidak diperkenankan untuk mendekat.

Dari kejauhan, tampak Ba'asyir melambaikan tangan kepada awak media sembari tersenyum lebar. Sontak teriakan takbir 'Allahu Akbar' langsung bergema para pengikutnya sesaat Ba'asyir masuk ke kediaman.

Salah satu TPM, Ahmad Midan menyatakan proses kepulangan dari Lapas Gunung Sindur menuju kediaman Ba'asyir dikawal anggota dari Kepolisian dan TNI. Pengawalan sendiri dilakukan secara estafet dari Polda Jawa Barat dan Polda Jawa Tengah.

"Saya yakin tidak ada apa-apa dan (pengamanan) itu dilakukan ke secara estafet karena melewati beberapa wilayah Polda Jabar kemudian ke Polda Jateng," ucapnya Jumat (8/1/2021).

Baca Juga: Sebelum Bebas, Abu Bakar Ba'asyir Rapid Test Antigen, Ini Hasilnya 

2. Kepulangan Abu Bakar Ba'asyir tidak ingin seperti Rizieq Shihab

Senyum Abu Bakar Ba'asyir Tiba di Solo Tak Ingin Seperti Rizieq ShihabJumpa pers kepulangan Abu Bakar Ba'asyir di Ponpes Al-Mukmin Ngruki Sukoharjo. IDNTimes/Larasati Rey

Lebih lanjut, ia menyebut proses pemulangan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan virus corona. Pihak ponpes juga telah mengimbau masyarakat untuk tidak datang ke Ponpes Ngruki dan membuat kerumunan.

Hal tersebut dilakukan agar proses kepulangan Abu Bakar Ba'asyir tidak menyalahi hukum.

"Persoalan pandemi, yang kita tidak mau seperti kasus Rizieq Shihab yang kemudian bermasalah. Karena itu kita menjaga bersama-sama kalau kalian sudah cinta kepada Ustaz Abu Bakar Ba'asyir maka setidak-tidaknya juga menjaga untuk kepentingan bersama," jelas Ahmad Midan.

3. Tamu Abu Bakar Ba'asyir akan dibatasi

Senyum Abu Bakar Ba'asyir Tiba di Solo Tak Ingin Seperti Rizieq ShihabKepulangan Abu Bakar Ba'asyir ke Ponpes Al-Mukmin Ngruki, Sukoharjo. IDNTimes/Larasati Rey

Midan menambahkan jika saat ini kondisi Abu Bakar Ba'asyir sehat, baik sebelum keberangkatan hingga tiba di Solo. Ba'asyir keluar dari Lapas Gunung Sindur pukul 05.30 WIB dengan dijemput oleh anggota keluarga dan TPM.

"Ustaz sebelum bebas dites kesehatan baik dari tensi kemudian, detak jantung dan kondisi kesehatannya, bahwa secara keseluruhan dalam kondisi sehat walafiat," ucapnya.

Pascakepulangan, lanjutnya, pihak keluarga akan melakukan pembatasan jadwal tamu yang datang. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kondisi Abu Bakar Ba'asyir yang sudah renta.

4. Ada 100 laskar disiagakan di pintu masuk Ponpes Al-Mukmin Ngruki

Senyum Abu Bakar Ba'asyir Tiba di Solo Tak Ingin Seperti Rizieq ShihabLaskar berjaga di pintu masuk Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki, Sukoharjo. IDNTimes/Larasati Rey

Humas Ponpes Al-Mukmin Ngruki, Endro Sudarsono mengatakan untuk mengamankan sekitar lokasi Ponpes pihaknya mengerahkan 100 personel laskar, yang terdiri dari anggota Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS), alumni ponpes, dan pihak internal ponpes.

Keseratus personel keamaan tersebut dikerahkan di pintu masuk menuju ponpes dimaksudkan untuk menghalau massa yang berkerumun melakukan penyambutan kedatangan Abu Bakar Ba'asyir.

Baca Juga: Abu Bakar Ba'asyir Pulang ke Solo, Polisi Patroli di Ponpes Ngruki

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya